Fakultas Syariah dan IKAFASYA Lakukan Pengabdian Berbagi Kambing Produktif

Reporter: Rizka Amaliah

SYARIAH – 15 Muharrom tahun ini, yang bertepatan dengan 13 Agustus 2022, menoreh sejarah pengabdian bagi Fakultas Syariah UIN Malang. Unit pengabdian dan Penelitian bekerja sama dengan Ikatan Alumni Fakultas Syariah (IKAFASYA) melakukan kegiatan berbagi 11 kambing sebagai ternak produktif bagi para anak yatim di Madura dan Kabupaten Malang.

Dana yang digunakan untuk pengadaan kambing dalam rangkaian kegiatan pengabdian ini diperoleh melalui swadaya dosen Fakultas Syariah, alumni (IKAFASYA), dan santri PP ad-Damanhuri. Kabupaten Malang, tepatnya di Gunung Pandak Pagelaran dipilih karena masyarakat di wilayah tersebut memiliki tradisi memelihara hewan ternak dan menjadikannya sebagai ternak produktif. Hal yang sama juga menjadi alasan pemilihan salah satu wilayah di pulau Madura, tepatnya Pamekasan, sebagai sasaran.

Kegiatan tersebut dilaksanakan langsung oleh perwakilan IKAFASYA. Tim dibagi menjadi 2 kelompok. Samheri, S. HI., M.A mempimpin kegiatan di Pamekasan dan M. Kholilullah di Gunung Pandak. Di Pamekasan, tim disambut langsung oleh para anak yatim yang menjadi sasaran, sedangkan di Malang kegiatan berlangsung meriah karena bersamaan dengan acara Muharram Bahagia di Yayasan Gunung Pandak Malang.

Abdul Azis, Ketua Unit Pengabdian dan Penelitian Fakultas Syariah sekaligus Ketua IKAFASYA UIN Maliki berharap kegiatan serupa dapat terus dilaksanakan sebagai amal jariyah civitas akademika Fakultas Syariah. “Bentuk pengabdian itu beragam. Namun, tujuannya hanya satu, yakni berperan bagi kemajuan dan kemaslahatan masyarakat. Semoga kami tetap bisa istiqomah melakukan kebaikan,” tuturnya saat diwawancara.

X