Unit Falak

PROFIL

Unit Falak Fakultas Syari’ah UIN Maulana Malik Ibrahim merupakan unit yang membina dan melatih skil mahasiswa dalam bidang Ilmu Falak (Astronomi), dengan tujuan agar mahasiswa mampu dan cakap dalam kajian dan praktek Ilmu Falak, mampu meredam perselisihan dan perbedaan pendapat dalam kehidupan bermasyarakat terkait praktik beribadah. Selain itu, Unit Falak Fakultas Syariah UIN Maulana Malik Ibrahim juga memfasilitasi masyarakat secara umum dalam pengukuran arah kiblat.

VISI DAN MISI

Visi

Menjadi Unit kajian Falak berbasis riset yang memiliki kekokohan aqidah, kedalaman spiritual, keluhuran akhlak, keluasan ilmu dan kematangan profesional di bidang ke-syari’ah-an.

Misi

Untuk mewujudkan visi tersebut, Unit Falak Fakultas Syariah UIN Maulana Malik Ibrahim merumuskan visi:

  1. Membina mahasiswa Fakultas Syariah UIN Maulana Malik Ibrahim untuk mampu dan cakap dalam kajian dan praktek Ilmu Falak.
  2. Mengembangkan potensi akademik dan skill mahasiswa di bidang Ilmu Falak.
  3. Mengembangkan sinergitas kerjasama bersama masyarakat dalam praktek Ilmu Falak untuk kemaslahatan umat.

PROGRAM KERJA

NOPROGRAMDISKRIPSI PROGRAMWAKTUPESERTAOUT PUT
1Penyuluhan dan Pengecekan Arah KiblatMemberikan penyuluhan kepada masyarakat tentang arah kiblat yang tepat dan benar untuk mushalla atau masjid yang ada di sekitar. Menerima Konsultasi dan pengecekan Arah kiblat, dibuka untuk masyarakat yang membutuhkan di wilayah Malang Raya dan sekitarnya.1 hari 12 kali(selama 1 tahun)Dosen dan MahasiswaSertifikat arah kiblat dari Laboratorium Falak Fakultas syari’ah UIN Maliki Malang
2Pembuatan Kalender Masehi-Hijriyah dan Jadwal Imsakiyah Fakultas Syari’ahMembuat kalender Masehi-Hijriyah dan jadwal imsakiyah Romadhon merupakan kegiatan yang dilakukan untuk menjawab persoalan serta merupakan kebutuhan sivitas akademika fakultas Syari’ah UIN Maliki Malang.Bulan Agustus dan bulan Sya’ban  Dosen dan MahasiswaKalender dan  Jadwal Imsakiyah Romadhon
4Observasi HilalObservasi Hilal merupakan kegiatan yang dilakukan untuk mensinergikan antara hasil Hisab (perhitungan) penentuan awal bulan dengan observasi terhadap munculnya penampakan hilal di lapangan dengan menggunakan perlatan yang tersedia di laboratorium Falak.Pelaksanaannya selama 1 hari di bulan Romadhon, Syawwal dan Dzulhijjah. Lokasi: di Condrodipo GresikDosen dan MahasiswaKetetapan awal dilaksakannya puasa Romadhon dan hari raya (Fitri dan Adha)
 5Sekolah FalakMemeberikan wawasan serta keterampilan kepada mahasiswa tentang prediksi terjadinya gerhana bulan dan matahari. Pelatihan Teknis Operasional Teleskop dengan baik dan benar agar saat terjadi peristiwa terjadi mahasiswa bisa mempraktikan penggunaannya.Bulan SeptemberMahasiswa yang sedang menempuh matakuliah FalakSKPI Memberikan pelajaran serta pemahaman kepada mahasiswa seputar ilmu Ilmu Falak dan gerhana bulan total serta penggunaan teleskop.
X