Mahasiswa Fakultas Syariah Berdiri di Podium Juara

Setiap mahasiswa pasti memiliki potensi akademik yang khas. Jika diasah, maka potensi tersebut akan mengarah pada raihan prestasi yang membanggakan. Hal yang sama juga terjadi di Fakultas Syariah. Tim Sultan Hasanuddin, dari Fakultas Syariah, mendulang prestasi dengan meraih juara dua dalam Kompetisi Debat Hukum Online Nasional yang diselenggarakan dalam rangka Dies Natalis Sharia Economic Law ke-26 oleh Himpunan Mahasiswa Jurusan Hukum Ekonomi Syariah Universitas Islam Negeri Walisongo, Semarang.

Kegiatan yang diselenggarakan mulai tanggal 7—23 September 2021 ini diikuti oleh tim-tim dari berbagai universitas. Sebagaimana kompetisi debat pada umumnya, satu tim terdiri atas tiga mahasiswa dari masing-masing universitas. Tim-tim tersebut kemudian bersaing melalui video yang dikirim secara online di babak penyisihan dan final.

Tiga mahasiswa yang tergabung dalam tim Sultan Hasanuddin adalah Hesty Rinda Arini, Ika Wulandari, dan Sultonul Idhom. Ketiganya merupakan mahasiswa aktif di Fakultas Syariah UIN Maliki Malang. Kekompakan ketiga mahasiswa di dalam tim Sultan Hasanuddin ini berhasil membuat 16 tim pesaingnya tersisih.

Meski tidak meraih puncak podium dan menyabet gelar juara dua, ketiga mahasiswa ini sudah merasa bahagia. Mereka sangat berterima kasih kepada Pak Imam Sukadi, M.H. (Pembina Law Debat Community Fakultas Syariah) yang telah membimbing, menemani, mengingatkan, mulai dari riset mosi hingga babak final. Hal yang paling berkesan menurut mereka justru adalah proses dalam mempersiapkan kematangan tim sebelum beradu argumen secara online dalam ajang kompetisi debat tersebut. “Semoga ke depannya, semua yang telah didedikasikan oleh Pak Imam bisa bermanfaat,” tutur Idhom, salah satu anggota tim.