SATUAN ACARA PERKULIAHAN
Mata Kuliah : Ulum al-Qur’an I dan II
Fakultas : Syari’ah
Jurusan : al-Ahwal al-Syakhshiyyah
Bobot : 4 SKS
Kode :
Prasyarat : PKPBA dan Sertifikat Taklim Qur’ani MSAA
A. Deskripsi Mata Kuliah
B. KOMPETENSI DASAR DAN HASIL PEMBELAJARAN
C. MATERI DAN SUMBER
Ulumul Qur’an I
Materi |
Sumber |
Tatap Muka 1 |
|
Ulumul Qur’an: Definisi dan Ruang Lingkup Kajian |
Makalah |
Tatap Muka 2 |
|
Masyarakat Arab Pra al-Qur’an |
1. Ahmad Amin, Fajr al-Islam (Cet. XI; Kairo: Maktabah al-Nahdlah al-Misriyah, 1975), 1-2, 4-8. 2. Philip K. Hiiti, History of the Arabas, Edisi X (London: The Macmillan Press Ltd., 1974), 15, 26, 104 3. W. Robert Smith, Kinship and Martriage in Early Arabia (Boston: Blacon Press, t.th.), 92-95; 4. Lamya’ al-Faruqi, “Women, Muslim Society and Islam”, diterjemahkan Masyhur Abadi dengan judul, Ailah: Masa depan Kaum Wanita (Model Masyarakat Ideal Tawaran Islam: Studi Kasus Amerika dan masyarakat Modern (Cet. I; Surabaya: Alfikr, 1997), 44-45 5. R. Leivy, The Social Structure of Islam, Edisi II (Cet. I; Cambridge: The University Press, 1965), 92-95; 6. Asaf A.A. Fyzee, Out Lines of Muhammadan Law (London: Oxford University Press, 1955), 99-101. 7. Ernest Gellner, Saints of the Atlas (Chicago: University of Chicago Press, 1969), 37-38. 8. Ruth Rooded, “Woman in Biographical Collection: From Ibn Sa’ad to Who’s Who”, diterjemahkan Ilyas Hasan dengan judul Kembang Peradaban: Citra Wanita di Mata Para Penulis Biografi Muslim (Cet. I; Bandung: Mizan, 1995), 49, 51 9. Ali Ja’far Muhammad al-Tabariy, Tarikh al-Umam wa al-Muluk, jilid II (Cet. I; Bairut: Dar al-Fikr, 1987), 327 dst; 10. Ali al-Fida’, al-Bidayah wa al-Nihayah, jilid I, Juz II (Bairut: Dar al-Kutub al-Ilmiyah, t.th.), 235 dst. |
Tatap Muka 3 |
|
Kondisi Politik Jazirah Arabia |
|
Kondisi Moralitas Social |
|
Tatap Muka 4 |
|
Kondisi masyarakat pasca al-Qur’an |
|
|
11. Izz al-Din Abi Hasyim Aliy bin Abi al-Karam Muhammad bin Muhammad bin ‘Abd al-Karim bin ‘Abd al-Wahid al-Syibaniy, al-Kamil fi al-Tarikh, Jilid I (Bairut: Dar al-Fikr, t.th.), 52 dan seterusnya. 12. Hasan Ibrahim Hasan, Tarikh al-Islam, Jilid I (Kairo: al-Matba’ah al-Nahdlah al-Mishriyah, 1979), 57-61. 13. Syed Ameer Ali, Short History of Saracens (Cet. III; New Delhi: Kitab Bhavan, 1981), 5-6. 14. Ira Marvin Lapidus’, A History of Islamic Society (Cet. XI; t.t.:t.p., 1975), 16-17. |
Tatap Muka: 5 |
|
Cara turun al-Qur’an |
1. Atabik Ali dan Ahmad Zuhdi Muhdlor, Kamus Kontemporer Arab-Indonesia (Cet. I: Yogyakarta: Yayasan Ali Maksum Pondok Pesantren Krapyak,1996), 1905. 2. Muhammad Fuad ‘Abd al-Baqiy, al-Mu’jam al-Mufahras li al-Fadhi al-Qur’an al-Karim (Bairut: Dar al-Fikr, 1987), 694-698. 3. M. Quraish Shihab, Tafsir al-Qur’an al-Karim: Tafsir atas Surat-surat Pendek Berdasarkan urutan Turunnya Wahyu (Cet. I; Bandung: Pustaka Hidayah, 1997), 717; 718. 4. William Montgomery Watt, “Bell’s Introduction to the Qur’an”, diterjemahkan oleh Lillian D. Tedjasudhana dengan judul, Richard Bell: Pengantar Qur’an (Jakarta: INIS, 1998), 19-20. 5. M. Quraish Shihab, Mukjizat al-Qur’an; Ditinjau dari Aspek Kebahasaan. Isyarat Ilmiah dan Pemberitaan Gaib (Cet. I; Bandung: Mzian, 1997), 77-88. |
Perbedaan antara al-Qur’an dan Hadits |
|
Tatap Muka: 6 |
|
Hikmah al-Qur’an diturunkan secara berangsur-angsur |
1. M. Quraish Shihab, Membumikan al-Qur’an: Fungsi dan Pesan Wahyu dalam Kehidupan Masyarakat (Cet. XIV; Bandung: Mizan, 1997), 35 – 39, dan 313 2. Shubhi al-Shalih, Mabahits fi ‘Ulum al-Qur’an (Bairut: Dar al-‘Ilm al-Malayin, 1988), 50-51; 56-58. 3. Jalal al-Din al-Suyuthiy, al-Itqan fi ‘Ulum al-Qur’an , jilid I (Mesir: al-Jami’ah al-Islamiyah, 1974), 74. 4. ‘Abd al-Mun’im al-Namr, ‘Ulum al-Qur’an al-Karim (Kairo: Dar al-Kitab al-Mishriy, 1993), 73. 5. Manna’ Khalil al-Qaththan, Mabahits fi ‘Ulum al-Qur’an (Bairut: Dar al-Fikr, 1978), 108. 6. Badr al-Din Muhammad ibn ‘Abdillah al-Zarkasyi, al-Burhan fi ‘Ulum al-Qur’an. Jilid I (Bairut: Dar al-Ma’arif, 1972), 192. 7. Muhammad ibn Muhammad Abu Shuhbah, Al-Madkhal li Dirasat al-Qur’an al-Karim (Kairo: Maktabah: Maktabah al-Sunnah, 1952), 101 |
Tatap Muka 7 |
|
Struktur luar al-Qur’an |
1. Fahd bin ‘Abdirrahman al-Rumi, “Dirasat fi ‘Ulum al-Qur’an”, diterjemahkan oleh Amirul Hasan dan Muhammad Halabi dengan dengan judul, Ulumul Qur’an: Studi Kompleksitas al-Qur’an (Cet. I; Yogyakarta: Titian Ilahi Press, 1996), h. 141-143, 153-154, 199, 202-203, 211-212. 2. Jalal al-Din al-Suyuthiy, al-Itqan fi ‘Ulum al-Qur’an , jilid I (Mesir: al-Jami’ah al-Islamiyah, 1974), h. 50, 62-64 3. Ibrahim al-Ayariy, Pengenalan Sejarah al-Qur’an (Jakarta: CV. Rajawali, 1988), h. 45, 46, 47 – 50. 4. Muhammad ‘Abd al-‘Adhim al-Zarqaniy, Manahil al-‘Irfan fi ‘Ulum al-Qur’an, (t.t.: Dar al-Fikr, t.th.), h.Juz I 245; Juz II 3-4. 5. Muhammad Thaba Thaba’I, al-Mizan fi Tafsi al-Qur’an, jilid XII (Baiorut: Mu’assasah al-‘Alam al-Islamiy, t.th.), h. 124. 6. Manna’ Khalil Al-Qaththan, Mabahits fi ‘Ulum al-Qur’an (Bairut: Dar al-Fikr1978), h. 196-197, 478. 7. William Montgomery Watt, “Bell’s Introduction to the Qur’an”, diterjemahkan oleh Lillian D. Tedjasudhana dengan judul, Richard Bell: Pengantar Qur’an (Jakarta: INIS, 1998), h. 72 – 73. 8. Mohammed Arkoun, “Lectures du Coran”, diterjemahkan oleh Machasin dengan judul, Berbagai Pembacaan al-Qur’an (Jakarta: INIS, 1997), h. 80-81 9. Mohammad Arkoun, Pemikiran Arab. Edisi terjemah (Yogyakarta: Pusataka, 1996), h. 1. 10. M. Quraish Shihab, Mukjizat al-Qur’an; Ditinjau dari Aspek Kebahasaan. Isyarat Ilmiah dan Pemberitaan Gaib (Cet. I; Bandung: Mzian, 1997), h. 89-102. 11. M.Quraish Shihab, Membumikan al-Qur’an: Fungsi dan Pesan Wahyu dalam kehidupan Masyarakat (Cet. XIV; Bandung: Mizan, 1997), h. 71. 12. M. Quraish Shihab, Tafsir al-Qur’an al-Karim: Tafsir atas Surat-surat Pendek Berdasarkan Urutan Turunnya Wahyu (Cet. I; Bandung: Pustaka Hidayah, 1997), h. 568 13. Badr al-Din Muhammad ibn ‘Abdillah al-Zarkasyi, al-Burhan fi ‘Ulum al-Qur’an, Jilid I (Bairut: Dar al-Ma’arif, 1972), h. 259; 257-258, 244-248, dan 270 |
Tatap Muka 8 |
|
Struktur dalam al-Qur’an |
|
|
MIDLE TEST |
Tatap Muka 9 & 10 |
|
Model kalimat yang mempunyai kandungan hukum dalam al-Qur’an |
MAKALAH |
Tatap Muka 11 |
|
Cara penetapan hukum al-Qur’an |
|
Tatap Muka: 12 |
|
Problematika penafsiran al-Qur’an dalam perkembangan ilmu kebahasaan |
1. Mohammed Arkoun, “Lectures du Coran”, diterjemahkan oleh Machasin dengan judul, Berbagai Pembacaan al-Qur’an (Jakarta: INIS, 1997), 9, 80-81 2. Fazlur Rahman, Islam and Modernity (Chicago: The University of Chicago Press, 1982), 36. 3. M. Amin Abdullah, Studi Agama: Normativitas atau Historisitas? (Cet. I; Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 1996), 139. 4. Ahmad Syirbashi, Sejarah Tafsir al-Qur’an. Edisi terjemah (t.tp.: Pustaka Firdaus, 1994), h 5-6. 5. M. Quraish Shihab, Mukjizat al-Qur’an; Ditinjau dari Aspek Kebahasaan. Isyarat Ilmiah dan Pemberitaan Gaib (Cet. I; Bandung: Mzian, 1997), 89 dan seterusnya hingga 102 6. William Montgomery Watt, “Bell’s Introduction to the Qur’an”, diterjemahkan oleh Lillian D. Tedjasudhana dengan judul, Richard Bell: Pengantar Qur’an (Jakarta: INIS, 1998), 72 – 73. 7. Frithjof Schoun, Understanding Islam (London: Unwin Paperback, 1976), 13 – 15. 8. Ismail Raji al-Faruqi, “Tauhid: Its Implications for Thought and Life”, diterjemahkan oleh Rahmani stuti dengan judul Tauhid (Cet. I; Bandung: Pustaka, 1980), 45. |
Tatap Muka 13 |
|
Pandangan umum para orientalis terhadap al-Qur’an |
1. Nurcholish Madjid, Islam, Kemodernan dan Keindonesiaan (Bandung: Mizan, 1994), h. 192; 2. M. Amin Abdullah, Studi Agama: Normativitas atau Historisitas? (Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 1996), h. 209. 3. Edward W. Said, Orientalism (London: Rouledge and Kegan Paul, 1980). 4. Syafii Maarif, Peta Bumi Intelektual islam di Indonesia (Cet. III; Bandung: Mizan, 1995), h. 34-35. 5. William Montgomery Watt, “Bell’s Introduction to the Qur’an”, diterjemahkan Lillian D. Tedjasudhana dengan judul Richard Bell: Pengantar Qur’an (Jakarta: INIS, 1998), h. 35, 153-164 6. Karel Steenbrink, “Dutch Colonialism and Islam in Indonesia: Conflict and Contact 1596-1950”, diterjemahkan Suryan A. Jamrah, Kawan dalam Pertikaian: Kaum Kolonial Belanda dan Islam di Indonesia 1596-1942 (Cet. I; Bandung: Mizan, 1995), h. 58-59; 173-174. 7. Johan Meuleman, “Pengantar: Riwayat Hidup dan Latar Belakang Mohammaed Arkoun”, dalam Mohammed Arkoun, Nalar Islami dan Nalar Modern: Berbagai Tantangan dan Jalan Baru (Jakarta: INIS, 1994), h. 7-8, 10, 113-115. 8. Mohammed Arkoun, “Lectures du Coran”, diterjemahkan oleh Machasin dengan judul, Berbagai Pembacaan al-Qur’an (Jakarta: INIS, 1997), h. 35-38. 9. John Wansbrough, Qur’anic Studies Sources and Methods of Scriptural Interpratation (Oxford: Oxford University Press, 1977), h. 61, 75-76. 10. Wilfred C. Smith, “Comparative Religion: Wither and Why?”, dalam Mircea Elida and Yoseph (eds.), The History of Religion: Essay on Methodology (Chicago: Chicago University Press, 1959), h. 34. 11. Mohammed Arkoun, Pemikiran Arab. Edisi terjemah (Yogyakarta: Pusataka, 1996), h. 1. 12. Murtadla Muthahhari, Social and Historical Change: an Islamic Perspective (Berkeley: Mizan Press, 1986), h. 66-80. 13. Anthony Giddens, Kapitalisme dan Teori Sosial Modern: Suatu Analisis Karya Tulis Marx, Durkeim dan Max Weber (Jakarta: UI Press, 1986), h. 27. |
Tatap Muka 14 |
|
Pandangan orientalisme terhadap surat dan ayat |
|
Tatap Muka 15 |
|
Pandangan orientalisme terhadap muatan hukum ayat al-Qur’an |
|
Tatap Muka 16 |
Review |
Final Test |
D. STRATEGI PEMBELAJARAN
E. LITERATUR WAJIB
1. Ibrahim al-Ayariy, Pengenalan Sejarah al-Qur’an (Jakarta: CV. Rajawali, 1988).
2. Jalal al-Din al-Suyuthiy, al-Itqan fi ‘Ulum al-Qur’an , jilid I (Mesir: al-Jami’ah al-Islamiyah, 1974).
- John Wansbrough, Qur’anic Studies Sources and Methods of Scriptural Interpratation (Oxford: Oxford University Press, 1977).
- Manna’ Khalil Al-Qaththan, Mabahits fi ‘Ulum al-Qur’an (Bairut: Dar al-Fikr1978)
- MF. Zenrif, Sintesis al-Qur’an – Sains: Metode Studi al-Qur’an untuk Islamisasi Sains (Malang: UIN Press, 2009)
- Mohammed Arkoun, “Lectures du Coran”, diterjemahkan oleh Machasin dengan judul, Berbagai Pembacaan al-Qur’an (Jakarta: INIS, 1997)
7. Muhammad ‘Abd al-‘Adhim al-Zarqaniy, Manahil al-‘Irfan fi ‘Ulum al-Qur’an, (t.t.: Dar al-Fikr, t.th.) Juz I dan Juz II.
- William Montgomery Watt, “Bell’s Introduction to the Qur’an”, diterjemahkan Lillian D. Tedjasudhana dengan judul Richard Bell: Pengantar Qur’an (Jakarta: INIS, 1998)
F. KETENTUAN PENILAIAN
I.
q UTS : 50 %
q Kehadiran : 15 %
q Pertisipasi : 15 %
q Kuis/Tugas : 20 %
X
II.
q UAS : 50 %
q Kehadiran : 15 %
q Partisipasi : 15 %
q Kuis : 20 %
Y
Nilai Akhir : (A+B)/2