Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir

Sejarah Singkat

Program Studi Ilmu Al-Qurân dan Tafsir (IAT) di Fakultas Syariah Universitas Islam Negeri (UIN) Maulana Malik Ibrahim Malang dengan dasar hukum Surat Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Islam (Dirjen Pendis) Kementerian Agama Republik Indonesia Nomor: 1084 Tahun 2017. Latar belakang didirikannya Program Studi Ilmu Al-Qurân dan Tafsir di Fakultas Syariah Universitas Islam Negeri (UIN) Maulana Malik Ibrahim Malang adalah untuk mengimbangi dan merespon perkembangan ilmu pengetahuan non agama yang semakin dominan di Perguruan Tinggi Keislaman (PTKIN). Selain itu, missi untuk mengembangkan keilmuan asal (pokok) juga turut berperan dalam pendirian prodi ini. Oleh karena itu, Fakultas Syariah Universitas Islam Negeri (UIN) Maulana Malik Ibrahim Malang merasa bertanggung jawab serta ikut berpartisipasi dalam pengembangan sumberdaya manusia yang memiliki kompetensi di bidang Ilmu AlQurân dan Tafsir dengan cara mempersiapkan segala prosedur pendirian hingga mendapatkan Surat Izin Pendirian Prodi yang ditandatangani oleh Dirjen Diktis Kemenag Republik Indonesia.

Visi :

Terdepan dan terunggul dalam pengembangan studi Ilmu    Al-Qur’an dan Tafsir dengan perpaduan ragam disiplin ilmu yang bermanfaat bagi peradaban pada tahun 2027.

Misi :

  1. Menyelenggarakan  pendidikan yang menghantarkan mahasiswa memiliki kedalaman spiritual, keagungan akhlak, keluasan ilmu, dan kematangan profesional di bidang Ilmu al-Qur’an dan Tafsir.
  2. Mengembangkan tradisi pengembangan keilmuan yang moderat dan penelitian tematis analitis dalam bidang Al-Qur’an dan Tafsir.
  3. Menyelenggarakan pengabdian kepada masyarakat berdasarkan hasil pembelajaran dan penelitian dalam ranah keilmuan Tafsir dan Ilmu al-Qur’an untuk kemajuan masyarakat, bangsa dan Negara;
  4. Menjalin kerjasama akademik, riset, dan pengabdian dengan pusat studi Al-Qur’an dan lembaga kajian sejenis level lokal, regional, nasional dan internasional.

Tujuan :

  1. Menghasilkan sarjana Al-Qur’an dan Tafsir yang Ulul Albab.
  2. Menghasilkan sarjana Al-Qur’an dan Tafsir yang moderat dengan kemampuan akademis dan analisis dalam penyelesaian persoalan sosial dan keagamaan.
  3. Menghasilkan sarjana al-Qur’an dan Tafsir yang mampu dan sanggup mengabdi kepada masyarakat
  4. Menghasilkan kerjasama akademik, riset dan pengabdian yang saling menguntungkan dengan berbagai pihak, khususnya dalam kajian Al-Qur’an dan Tafsir.

Webiste : http://iat.uin-malang.ac.id

X