Unit Minat dan Bakat Fakultas Syariah Siapkan Generasi Kompeten Bidang Penulisan Karya Ilmiah

Reporter: Rizka Amaliah

Syariah – Kamis, 23/6/2022, Unit Minat dan Bakat Fakultas Syariah UIN Maliki Malang menyelenggarakan Pelatihan dan Seleksi Penulisan Karya Ilmiah. Kegiatan ini dilaksanakan secara hybrid dan diikuti oleh 47 mahasiswa dari berbagai prodi di Fakultas Syariah dan beberapa peserta dari perguruan tinggi lain (IAIN Madura dan UIN Jember). 20 mahasiswa mendapat kesempatan mengikuti kegiatan secara langsung, sisanya melalui zoom meeting.

Kegiatan yang dibuka langsung oleh Dr. Sudirman, MA., (dekan) ini digelar di laboratorium komputer lantai 2 Fakultas Syariah. Dalam sambutannya, Dr. Sudirman memberikan arahan kepada para peserta pelatihan untuk mengikuti kegiatan secara maksimal agar dapat terseleksi dan mengikuti pembinaan lebih lanjut. Hal ini bertujuan untuk memupuk dan mengoptimalkan bibit-bibit bakat mahasiswa di bidang penulisan, khususnya karya ilmiah.

Dua pemateri yang dihadirkan dalam acara ini adalah Ariva Luciandika, M. Pd. (Dosen Universitas Negeri Malang & Akademisi UiTM Malaysia) dan Imam Sukadi, M.H. (Dosen & Ketua Unit Minat dan Bakat Fakultas Syariah). Bu Ariva mengulas tuntas materi tentang aspek kebahasaan, sistematika, dan penalaran dalam penulisan karya ilmiah. Sementara, Pak Imam membahas aspek substansial yang meliputi isu-isu hukum dan kesyariaahan mutakhir.

Kegiatan ini tidak hanya berfokus pada penyampaian materi, tetapi juga praktik penulisan karya ilmiah. Berkaitan dengan hal ini, sebelum hadir sebagai peserta, para mahasiswa memang diharuskan memenuhi salah satu syarat penting keikutsertaan, yakni mengirim rancangan karya ilmiah.

Gelaran yang dimulai pada pukul 08.30 WIB ini berlangsung hangat karena para peserta antusias menyimak materi, berdiskusi, dan berlatih mengembangkan bagian latar belakang. Pelatihan ini berakhir pada pukul 12.30 WIB. 47 peserta ini akan diseleksi untuk mendapat pembinaan lebih lanjut.

X