Sandang Predikat Baru, Prodi Hukum Ekonomi Syariah Siap Toreh Prestasi

Reporter: Rizka Amaliah

SYARIAH – Penghujung tahun 2022 menjadi puncak prestasi akreditasi bagi Prodi. Hukum Ekonomi Syariah (Mu’amalah) Fakultas Syariah UIN Maliki Malang. Pada Selasa, 6 Desember 2022, Prodi HES secara resmi dinyatakan “unggul” oleh BAN-PT. Predikat tersebut tertuang dalam SK BAN-PT No. 10140/SK/BAN-PT/Ak/S/XII/2022.

“Alhamdulillah. Akhirnya perjuangan teman-teman tim akreditasi, Fakultas Syariah, dan kita semua membuahkan hasil manis. Semoga ke depan, HES bisa makin maju dan berprestasi. Karena, sebenarnya predikat unggul ini adalah awal dari proses peningkatan kualitas, bukan sebuah akhir,” tutur Dr. Fakhruddin, Kaprodi HES Fakultas Syariah UIN Maliki Malang.

Informasi resmi dan sertifikat akreditasi diperoleh Fakultas Syariah pada 7 Desember 2022. Kabar gembira ini tentu saja disambut meriah oleh para mahasiswa Prodi HES. Pasalnya, banyak formasi profesi khusus yang mempersyaratkan predikat prodi unggul (A) untuk bisa bergabung.

“Kami senang sekali karena bisa bisa lulus di saat prodi sudah terakreditasi unggul. Kebetulan saya sedang menyusun skripsi. Saya jadi lebih bersemangat untuk menyelesaikan tugas akhir yang menjadi salah satu penentu kelulusan ini, karena nantinya saya akan menjadi sarjana dari prodi terakreditasi A atau unggul,” ungkap Syahdan, salah satu mahasiswa Prodi Hukum Ekonomi Syariah.

Dekan Fakultas Syariah, Dr. Sudirman, menyebut bahwa raihan prestasi ini adalah hasil dari usaha kompak seluruh elemen dan bukti nyata kualitas Prodi Hukum Ekonomi Syariah.

“Akreditasi unggul mengandung makna bahwa kualitas akademik dan aspek penunjang di Prodi HES telah diakui keunggulannya. Ini bukan hanya persoalan di lingkup internal, akreditasi unggul juga mengindikasikan bahwa kiprah lembaga juga dirasakan oleh masyarakat, stake holder, dan pihak-pihak yang bersinggungan dengan kinerja prodi. Karena itulah, saya mengucapkan terima kasih kepada semua yang telah terlibat dalam proses memajukan diri serta lembaga tercinta kita ini,” pungkasnya.

X