Pelatihan Jurnalistik Jembatan Menuju “One Day One News”

Reporter: Radhitia Kharisma Putri

SYARIAH – Dekan Fakultas Syari’ah, Dr. Sudirman, M.A, membuka Pelatihan Jurnalistik dan Seleksi Reporter yang diadakan oleh Fakultas Syariah UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, Senin (22/11/2021).

Pelantikan digelar untuk memenuhi mimpi besar Rektor UIN Maliki, yakni One Day One News. “Pak Rektor memberikan amanah kepada fakultas kalau bisa One Day One News, satu hari satu berita.” tutur Sudirman dalam pidato pembukaannya. Pelatihan ini juga turut mengundang pemateri yang sangat berkompeten dalam bidang jurnalistik, yaitu Farik Fajarwati, S.HI (wartawan Jawa Pos Grup) dan Nur Layla Ratri, S.Pd (wartawan Malang Times).

Acara yang diadakan di Ruang Sidang Fakultas Syariah UIN Maliki tersebut dihadiri oleh 22 peserta, mahasiswa semester 1—5 dari berbagai prodi yang ada di Fakultas Syariah. Materi mengenai sleuk-beluk dunia jurnalistik. Informasi tentang jenis berita sampai mengolah data hingga menjadi berita yang menarik pun disampaikan secara rinci oleh pemateri.

Melalui pelatihan ini, diharapkan mahasiswa mampu menjadi jurnalis yang handal serta mampu berkontribusi dalam pengembangan website yang dimiliki Fakultas Syariah. Di akhir pelatihan, diadakan praktik menulis naskah berita straight news. Hasilnya akan diseleksi untuk menentukan 12 peserta dengan naskah terbaik. Para penulis naskah terpilih akan didapuk sebagai reporter pada empat prodi yang ada di Fakultas Syariah.