Optimalkan Profesionalitas, Tim Jurnal Kuatkan Pengelolaan Jurnal Ilmiah Berbasis OJS

Reporter: Rizka Amaliah

SYARIAH – Rabu, 30 Maret 2022, Unit Jurnal Fakultas Syariah menggelar kegiatan penguatan pengelolaan jurnal ilmiah berbasis OJS. Kegiatan yang diselenggarakan secara hybrid ini melibatkan para pengelola empat jurnal ilmiah Prodi HKI (Sakinah), HTN (Al-Balad), HES (Journal of Islamic Bussiness Law), dan IAT (Mashahif).

Ramadhita, pemateri sekaligus Ketua Unit Jurnal Fakultas Syariah menyebut bahwa kegiatan ini digelar untuk memperkuat pengelolaan jurnal mahasiswa yang ke depannya tidak menutup kemungkinan bisa menjadi jurnal bereputasi.

“Kita perlu melangkah maju, supaya proses pengelolaan jurnal bisa makin profesional, ” tuturnya di sela-sela penyampaian materi.

Unit jurnal merupakan salah satu unit potensial dalam sektor publikasi ilmiah. Oleh karenanya, SDM unit jurnal perlu selalu meng-upgrade skill yang berkaitan dengan pengelolaan jurnal.

Berbagai problem terkait OJS, kebijakan pengelolaan jurnal, dan SOP menjadi bahan diskusi hangat dalam kegiatan ini. Prinsipnya, ke depan, proses submit naskah ke jurnal akan dilaksanakan secara profesional sesuai dengan mekanisme OJS.

X