Membanggakan! Delegasi UIN Malang Lagi-lagi Juara Lomba Debat Hukum Nasional

Reporter: Ridwan Purwanto
SYARIAH – Kabar membanggakan datang dari delegasi lomba debat hukum nasional UIN Maulana Malik Ibrahim Malang (UIN Maliki) pada Rabu (15/12/2021). Pasalnya, delegasi tersebut berhasil meraih juara, mengalahkan delegasi-delegasi dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia yang telah ikut serta. Menyisihkan para peserta dari berbagai wilayah di nusantara, tim debat UIN Maliki berhasil duduk di podium dua.
Delegasi kontingen UIN Maliki berasal dari Fakultas Syari’ah dengan berjumlah tiga orang, yaitu Ahmad Kurniawan, Laila Novita Maulidatul Ula, dan Seto Ferdiantoro. Mereka menjadi satu-satunya tim dari UIN Maliki yang ikut dalam lomba debat hukum Fordehkonsmero Law Fair 2021 yang diselenggarakan oleh Forum Debat Hukum dan Konstitusi Merah Maroon, Fakultas Hukum Universitas Negeri Gorontalo (UNG). Kompetisi bergengsi ini berlangsung dari tanggal 15 November 2021 hingga 15 Desember 2021 secara virtual (online).
Dengan tema “Merawat Jiwa Konstitusi, Hak Asasi dan Demokrasi Di Masa Pandemi” kompetisi lomba hukum tersebut digelar dalam empat tahapan yang terdiri atas babak penyisihan (16 tim), perempat final (8 tim), semifinal (4 tim), dan final (2 tim). Pada babak tiga babak prafinal, juri/chamber yang menjadi penilai berjumlah tiga orang, sedangkan pada babak final jumlah juri/chamber tujuh orang. Sayangnya, pada babak final, posisi strategis argument-argumen mengenai mosi berada di tangan lawan. Tim dari UIN Maliki pun harus legawa menerima predikat juara dua. Skor yang diperoleh pun sebenarnya beda tipis dengan tim dari Universitas Indonesia yang menjadi lawan tanding terakhir para pejuang debat dari Fakultas Syariah UIN Maliki.
Laila Novita Maulidatul Ula sendiri atau yang lebih dikenal dengan sapaan lida merasa senang dan bersyukur telah berhasil menjadi juara dalam lomba tersebut “Saya senang dan alhamdulillah” ucapnya singkat sembari tersenyum ketika diwawancarai. Pak Imam (Sapaan akrab Imam Sukadi), pendamping setia tim debat Fakultas Syariah UIN Maliki, sangat mengapresiasi keberhasilan tim delegasi yang diasuhnya. Menurut beliau hal ini adalah kado indah di akhir tahun.

X