Gelar Kenduri Akademik di Tengah Pandemi: UIN Malang Kembali Kukuhkan Guru Besar dari Fakultas Syariah

Rabu, 14 Oktober 2020 menjadi hari bersejarah bagi Fakultas Syariah UIN Malang. Pada tanggal tersebut, Prof. Dr. H. Saifullah, S.H., M.Hum  yang menjabat sebagai dekan menerima pengukuhan gelar profesor bidang ilmu hukum.

Kenduri akademik yang dikemas dalam bentuk sidang terbuka ini dihadiri oleh beberapa kerabat, kolega, dan pihak-pihak yang berkontribusi dalam proses pengajuan gelar akademik pria yang akrab disapa Pak Saiful ini. Meski melibatkan cukup banyak peserta sidang, penyelenggaraan kegiatan ini dipastikan telah memenuhi persyaratan protokol kesehatan anti Covid-19 secara ketat. Prof. Dr. Abdul Haris, M.Ag., Prof. Dr. H. Said Agil Husin Al Munawwar, MA., YM. Dr. Anwar Usman, S.H., M.H., Dr. Khairil Azmin Bin Datuk Makhtar, dan Prof. Dr. H. Imam Suprayogo turut memberikan ucapan selamat secara virtual melalui rekaman video yang diputar sebelum Prof. Saiful menyampaikan orasi ilmiahnya.

Orasi ilmiah bidang ilmu hukum yang bertajuk Senjakala Keadilan: Risalah Paradigma Baru Penegakan Hukum di Indonesia menyorot fenomena hukum mutakhir yang perlu disikapi dengan bijak. Konsepsi islam yang sejatinya sangat linier dengan konteks implementasi hukum di Indonesia perlu menjadi pijakan agar penanganan hukum menjadi proporsional dan juga berlandaskan kemanusiaan. Dalam pamungkas paparannya, Prof. Saiful menunjukkan syukur dan harapan terdalamnya dengan kalimat penutup, “Semoga dengan dikukuhkan saya sebagai Guru Besar Bidang Hukum pada hari ini, maka semakin memotivasi saya dan keluarga serta hadirin semuanya dekat dengan penghambaan diri pada Allah SWT.” Pidato akademik ini diakhiri dengan sambutan tepuk tangan riuh dari para peserta yang hadir.