Fakultas Syariah UIN Maliki Sharing Internasionalisasi Lembaga dan Publikasi Era Digital dengan UII Darullughah Wadda’wah

SYARIAH – Selasa, 24 Januari 2023, Fakultas Syariah UIN Maliki menyambut kunjungan dari UII Darullughah Wadda’wah. Tujuh perwakilan lembaga UII Dalwa hadir dalam pertemuan yang diselenggarakan di ruang meeting Fakultas Syariah UIN Maliki Malang ini. Ketujuh perwakilan tersebut terdiri atas wakil rektor, kepala biro akademik dan administrasi kemahasiswaan, para wakil dekan, dan tim ICP (international class program).

Tepat pada pukul 14.00, kegiatan ini dibuka langsung oleh Dekan Fakultas Syariah UIN Maliki Malang. Dr. Sudirman mengawali perbincangan dengan memperkenalkan jajaran dekanat, prodi, dan tim ICP Fakultas Syariah UIN Maliki.

Pertemuan ini diselenggarakan dalam rangka sharing terkait internasionalisasi lembaga dan publikasi di era digital. Dr. Musleh, mewakili UII Dalwa, menyampaikan capaian-capaiannya dalam konteks internasional. Dalam paparannya disampaikan bahwa ICP di UII Dalwa merupakan salah satu terobosan baru yang digadang-gadang sebagai program unggulan untuk menjadi jembatan menuju internasionalisasi lembaga.

Dari Fakultas Syariah UIN Maliki Malang, Dr. Sudirman, M.A. juga menyampaikan informasi mengenai program-program unggulan yang juga menjadi pelecut internasionalisasi lembaga. “Setiap Prodi di Fakultas Syariah UIN Maliki memiliki unit khusus yang akan menggenjot distingsi dan prestasi. Prodi HKI, punya family corner dengan segala capaiany. Prodi HTN punya Mootcourt Corner. Prodi HES punya unit kajian muamalah. Terakhir, Prodi IAT punya unit turots dan tahfiz,” jelas Dr. Sudirman.

Perwakilan Unit ICP Fakultas Syariah juga memaparkan agenda dan program internasional yang sudah dilakukan. Namun, ada perbedaan signifikan antara ICP di UIN Maliki dan UII Dalwa. Peserta ICP di UIN Maliki adalah mahasiswa asal Indonesia yang mengikuti berbagai program internasional, sementara ICP yang digagas di UII Dalwa merupakan kelas khusus untuk mahasiswa asing yang menempuh pendidikan di lembaga tersebut.

Dalam kunjungan ini, ruang Podcast Fakultas Syariah juga menjadi salah satu icon yang dibahas meski masih relatif baru. Ruang podcast ini merupakan salah satu sarana publikasi digital yang sangat relevan dengan kondisi mahasiswa masa kini yang cenderung lebih menikmati informasi secara digital melalui video dan atau audio.

X