Beri Bekal Spesifik untuk Persiapan PKL, Fakultas Syariah Gelar Pembekalan untuk Dosen dan Mahasiswa

Reporter: Rizka Amaliah

SYARIAH – 14 Juni 2022, Fakultas Syariah menggelar kegiatan pembekalan prapelaksanaan kegiatan Praktik Kerja Lapangan (PKL). Hal ini merupakan salah satu bentuk persiapan pelaksanaan PKL yang rencananya dibuka dan dimulai pada tanggal 4 Juli 2022 dan akan berlangsung selama sebulan penuh. Kegiatan pembekalan ini dibuka oleh Dr. Sudirman, M.A., Dekan Fakultas Syariah. Dalam pidato sambutannya, beliau berharap kegiatan PKL bisa berlangsung maksimal dan menambah pengalaman serta wawasan empiris mahasiswa.

Jumlah mahasiswa PKL pada tahun ini adalah 541. Mahasiswa dibagi dalam kelompok-kelompok kecil dan disebar ke 62 lembaga. 47 dosen pendamping lapangan akan mengawal dan memantau pelaksanaan kegiatan PKL.

494 peserta yang hadir dalam pembekalan via zoom meeting ini menerima berbagai arahan berkaitan dengan aktivitas akademik dan non akademik yang akan dihadapi di lokasi PKL. Arahan diberikan oleh pihak dekanat hingga pimpinan masing-masing program studi. Kegiatan PKL rupanya tidak hanya menjadi laboratorium praktik bagi fokus keilmuan yang telah ditekuni mahasiswa, tetapi juga menjadi sarana positif untuk menerapkan tri dharma perguruan tinggi. Dalam hal ini, mahasiswa diberi tugas-tugas yang mengarah pada pelaksanaan penelitian empiris di berbagai lembaga yang menjadi tempat belajar sekaligus mengumpulkan data.

Selain bekal akademik, mahasiswa juga diberi arahan untuk menunjukkan laku profesional dan mengutamakan adab. Dalam kegiatan ini, aturan spesifik tentang tata administrasi hingga cara berkomunikasi dengan pihak lembaga disampaikan. Mahasiswa yang belum memahami setiap aspek yang dijabarkan mendapat kesempatan bertanya pada sesi diskusi.

Kegiatan pembekalan berakhir pada pukul 11.30 WIB. Selanjutnya, pengarahan juga diberikan kepada para dosen Fakultas Syariah yang menjadi pendamping lapangan. Hal ini dilakukan untuk menyamakan persepsi dosen dan mahasiswa mengenai pelaksanaan PKL yang akan dilaksanan pada pekan pertama bulan Juli. Kegiatan yang dihadiri oleh hampir seluruh DPL (Dosen Pendamping Lapangan) dan dimulai pada pukul 13.00 ini berlangsung lancar dan interaktif. Kegiatan ditutup dengan doa agar pelaksanaan PKL berjalan lancar.

X