Asah HOTS Mahasiswa, Fakultas Syariah Gelar Pelatihan Peningkatan Skill

Pembelajaran riset di perguruan tinggi telah diwadahi oleh beberapa matakuliah. Namun, keterampilan berpikir tingkat tinggi (higher order thinking skills) perlu diasah secara intensif. Oleh karenanya, Fakultas Syariah, melalui unit BK2S, menyelenggarakan Pelatihan Peningkatan Skill Riset dan Pendampingan Keluarga Sakinah Prodi Hukum Keluarga Islam pada Jumat & Sabtu, 19-20 November 2021. Kegiatan ini diselenggarakan secara offline di Gedung Megawati (Ruang Sy.303).

Para akademisi yang didapuk menjadi pemateri adalah (1) Prof. Dr. Hj. Mufidah Ch., M.Ag., guru besar Sosiologi Hukum Fakultas Syariah UIN Maliki Malang; (2) Dr. Hj. Muslihati, S.Ag., Kajur Bimbingan Konseling FIP Universitas Negeri Malang; (3) Dr. Hj. Erfaniah Zuhriah, M.H., Wakil Dekan Bidang AUPK Fakultas Syariah UIN Maliki Malang; dan (4) Ahmad Izzudin, M.HI., Ketua BK2S. Pada hari pertama, pemateri (Ibu Muslihati dan Ustaz Izzudin) memberikan pemahaman teoretis dan mengawal praktik perencanaan riset bidang Hukum Keluarga Islam. Kegiatan ini berlangsung aktif karena mahasiswa diberi kesempatan meraih respons terbanyak tentang topik dan peta konsep penelitian yang telah dirancang dalam kelompok. Ibu Muslihati kerap menyisipkan humor dalam pemaparan materinya. Hal ini membuat para peserta makin antusias menjalani kegiatan offline perdana BK2S selama musim pandemi.

Pada hari kedua, Bunda Mufidah dan Erfaniah (sapaan akrab keduanya) memberikan materi tentang pendampingan keluarga sakinah secara komprehensif. Para peserta juga diminta bermain peran untuk mempraktikkan keterampilan pendampingan keluarga sakinah.

Kegiatan yang dibuka langsung oleh Dekan Fakultas Syariah, Dr. Sudirman, M.A. ini diharapkan mampu memberikan pengalaman praktis yang melekat dan dapat dimanfaatkan oleh mahasiswa, baik dalam konteks akademik maupun profesi. “Semoga teman-teman bisa memanfaatkan kesempatan ini untuk melakukan aktualisasi diri sesuai dengan bidang keilmuan, sehingga cendekiawan-cendekiawan yang berkualitas di bidang HKI bisa lahir dari lembaga kita,” tutur beliau.

Selain Dekan, Wakil Dekan Bidang Akademik (Dr. Zaenul Mahmudi, M.A.) dan Kaprodi HKI Fakultas Syariah UIN Maliki Malang (Erik Sabti Rahmawati, M.A.) juga turut memberikan sambutan dalam kegiatan ini. Keduanya menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan titik awal dari perjalanan riset yang akan dilalui para peserta. Pelatihan yang dirancang berkelanjutan ini diharapkan mampu menciptakan atmosfer riset yang progresif di Fakultas Syariah.