RELEVANSI PENGABDIAN MASYARAKAT PADA DINAMIKA SOSIAL MASYARAKAT PINGGIRAN

 

Oleh : Chairul Lutfi*

Liburan akhir semester genap tahun 2011 kali ini berbeda dengan liburan semester kemarin. Pasalnya sebagian besar dari keluarga besar mahasiswa Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim terutama yang akan memasuki semester lima disibukkan dengan kegiatan pengabdian masyarakat (PM). Kegiatan yang didasari oleh kepentingan akademis dan kepentingan masyarakat tersebut telah dikonsep dan direncanakan oleh Lembaga Pengabdian Masyarakat (LPM) UIN Maulana Malik Ibrahim Malang untuk menjembatani hasil-hasil pengembangan keilmuan yang telah didapatkan mahasiswa. Proses tersebut juga akan menguji seberapa ilmiyah disiplin keilmuan mahasiswa untuk menjawab problematika masyarakat yang semakin kompleks sekarang ini.

Kegiatan pengabdian masyarakat tersebut untuk mensinergikan antara kebutuhan kepentingan akademis dan kepentingan masyarakat. Dalam pengabdian juga harus seimbang dengan modal keilmuan yang dimiliki oleh mahasiswa serta dalam upaya mengembalikan peranan mahasiswa sebagai agen of knowledge dan agen of control di tengah-tengah dinamika masyarakat yang multikultural. Program pengabdian masyarakat juga berorientasikan pada penerapan pilar-pilar Ulul Albab yang dalam hal ini meliputi kedalaman spiritual, keagungan akhlaq, keluasan ilmu, dan kematangan professional sangat penting sekali diimplementasikan oleh mahasiswa dalam mewujudkan dinamisasi perubahan sosial menuju masyarakat yang sejahtera, mandiri, dan berkeadilan.

Konstribusi mahasiswa dalam mengawal perubahan sosial di tengah-tengah masyarakat harus juga di imbangi oleh kematangan professional yang didapatkan dari konsep keilmuan dan penalaran pada aktualisasi masyarakat sekarang. Oleh karenanya mahasiswa harus mampu membaca peluang yang ada sesuai dengan kadar kebutuhan masyarakat dengan tidak terlalu merevitalisasi dan mengeksploitasi kepentingan keilmuan pada kepentingan masyarakat. Sehingga sinergi antara mahasiswa dan masyarakat bisa terbentuk sebuah pola interaksi yang produktif dan partisipatif.

Pengabdian masyarakat tematik posdaya berbasis masjid yang perdana tahun ini memang tidak semudah konsep yang diplaningkan semula. Dengan argumentasi bahwa masjid merupakan sentral keagamaan dan pusat ibadah yang multifungsi sebagai modal sosial untuk mengawal pengembangan masyarakat tidak hanya pada basis keagamaan saja melainkan meluas pada dinamika sosial masyakarat sekarang ini. Program kerja kegiatan yang ditawarkan pun juga bervarian, mulai dari unit kewirausahaan, kesehatan dan pendidikan. Lokasi kegiatan tersebar dari kabupaten Malang, Pasuruan, Biltar sampai Jombang.

Orientasi pengabdian masyarakat berperan dalam meningkatkan kemampuan mahasiswa mempelajari konteks masyakarat, kondisi masyarakat, serta kebutuhan masyarakat berkaitan dengan penerapan disiplin keilmuan agama dan integrasi dengan tehnologi, seni dan budaya. Jadi, proses dimana mahasiswa mampu untuk mengimplementasikan teori yang diperoleh selama kuliah pada dunia nyata. Masyarakat dapat merasakan kehadiran mahasiswa dan mendapatkan kemanfaatan dari hasil aktualisasi teori mahasiswa dan berbagai disiplin keilmuan yang didapat di bangku kuliah.

Namun, tidak semua mahasiswa bisa memperdayakan masyarakat sesuai dengan teori yang dimilikinya. Kesulitan mahasiswa dalam praktik lapangan terkadang dalam tataran adaptasi yang tidak maksimal, sehingga banyak diantara mahasiswa yang kurang bisa berinteraksi dengan baik dengan masyarakat disamping kurangnya rasa percaya diri mahasiswa dalam membangun pola komunikasi di tengah-tengah masyarakat. Padahal dalam realitas sekarang kebutuhan masyarakat yang terpinggirkan dengan berbagai faktor melatarbelakangi sangat mendambakan kehadiran mahasiswa untuk mengawal perubahan yang signifikan. Oleh karenanya mahasiswa tidak hanya unggul dalam akademis saja, yang terpenting adalah unggul dalam aplikasi keilmuan, pemberdayaan masyarakat, pendampingan masyarakat untuk mencapai tujuan bersama yaitu kesejahteraan, kemandirian, dan keadilan.

 

*Mahasiswa Jurusan HBS Fakultas Syariah UIN Malang

Aktif di Lembaga Kajian, Penelitian dan Pengembangan Mahasiswa (LKP2M) UIN Malang

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *