[1]Saiful Muzani (ed.), Islam Rasional: Gagasan dan Pemikiran Prof. Dr. Harun Nasution (Cet. V; Bandung: Mizan, 1998), h. 309.
[2]Kata matan hadis disebut juga dengan lafal hadis yang mengandung satu atau beberapa makna. Lihat Musfir ‘Asmillah al-Daminiy, Maqayis Naqd Mutun al-Sunnah (Cet. I; Riyadl: t.p., 1984), h. 49.
[3]Ahmad ‘Umar Hasyim, Qawa’id Ushul al-Hadits (Bairut: dar al-Fikr, t.th.), h. 39.
[4]Muhammad Thahir al-Jawabiy, Juhud al-Muhadditsin fi Naqd Matn ‘Ind ‘Ulama’ al-Hadits al-Nabawiy al-Syarif (Bairut: Dar al-Afaq al-Jadidah, 1983), h. 236 dst.
[5]Lihat pandangan M. Syuhudi Ismail, Hadits Nabi Menurut Pembela, Pengingkar dan Pemalsunya (Cet. I; Jakarta: gema Insani Press, 1995), h. 78.
[6]Perhatikan QS. Al-Najm (53): 3-4.
[7]QS. Thaha (20): 113.
[8]M. Quraish Shihab, Mukjizat al-Qur’anL Ditinjau dari Aspek Kebahasaan, Isyarat Ilmiah dan Pemberitaan Gaib (Cet. I; Bandung: Mizan, 1997), h. 102
[9]Lihat M. Syuhudi Ismail,
[10]M. Quraish Shihab, Tafsir al-Qur’an al-Karim: Tafsir atas Surat-surat Pendek Berdasarkan Urutan Turunnya Wahyu (Cet. I; Bandung: Pustaka Hidayah, 1997), h. 568
[11]Lihat al-Imam Abi al-Husayn Muslim bin al-Hajjaj al-Qusyayriy al-Naysaburiy, Shahih Muslim, Juz I (Bairut Dar al-Fikr, 1992), h. 188.