Bahas Zakat dan Fintech: Kuliah Tamu HES Sukses Sajikan Dialektika Isu Kontekstual

SYARIAH – Rabu, 18 September 2024, Prodi Hukum Ekonomi Syariah menggelar Kuliah Tamu bertajuk “Zakat dan Fintech: Membangun Ekosistem Keuangan Inklusif untuk Pemberdayaan Sosial.” Dalam giat ini, Prodi HES mengundang pakar zakat dan fintech dari UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, Dr. Zusiana Elly Triantini, S.H.I., M.H.I. Digandengkan dengan Dr. Moh. Toriquddin, Lc., M.HI., gelaran tahunan rutin ini berlangsung hangat dan multiprespektif.

Dibuka langsung oleh Prof. Sudirman M.A., Dekan Fakultas Syariah UIN Maliki Malang, kegiatan ini dimulai pada pukul 09.00 WIB dan berakhir pada pukul 12.00 WIB. Dalam agenda ini, Kaprodi HES, Dr. Fakhruddin, M. HI., turut memberikan sambutan dan memberikan motivasi kepada mahasiswa terkait isu zakat dan fintech.

Antusiasme mahasiswa dalam mengikuti kegiatan ini sangat besar, terbukti dengan jumlah peserta yang mencapai 280 mahasiswa. Selain itu, peserta juga aktif dalam sesi tanya jawab.

Para pemateri menyajikan berbagai isu menarik tentang pengelolaan zakat yang berkaitan dengan fintech. Era ini telah memberikan peluang pengelolaan zakat yang lebih mudah dengan memanfaatkan kecanggihan teknologi. Namun, para pemateri juga menyinggung bahwa teman-teman mahasiswa juga perlu jeli melihat problematika empiris dan lubang-lubang hukum dalam implementasi zakat serta fintech di era kelimpahan informasi dan teknologi ini.

Dwi Firdaus, M.Si., Sekprodi HES Fakultas Syariah UIN Maliki, menyebutkan bahwa agenda ini dirancang khusus untuk mahasiswa semester 3 dan 5 yang sudah bersiap untuk melaksanakan penelitian yang lebih serius.

“Acara semacam ini sangat penting agar mahasiswa bisa menyimak perspektif yang berbeda dari akademisi atau pemateri eksternal. Dengan begitu, kami berharap mahasiswa bisa punya ide penelitian yang out of the box,” tutur Pak Dwi saat diwawancara.