Kolaborasi Melalui Multimedia, Qiblatuna Fakultas Syariah Rancang Edukasi Falak untuk Masyarakat

Oleh : Marsela Rosiana Putri

SYARIAH – Ilmu Falak yang masih banyak dianggap hal yang tidak biasa di masyarakat menjadi tantangan tersendiri bagi pegiatnya. Bukan hanya dalam mempelajarinya, tetapi juga dalam menerapkan serta mengedukasi masyarakat. Hal ini yang mendorong komunitas falak Fakultas Syariah untuk mencoba berkolaborasi untuk mengedukasi dengan cara yang mudah dipahami oleh masyarakat.

Tak hanya berkumpul untuk mengulang materi, anggota juga Qiblatuna membuat rancangan kolaborasi ilmu Falak dengan multimedia yang tengah menjadi tren di masyarakat. Untuk menghilangkan kesan yang kaku, rancangan kolaborasi bahkan mendatangkan narasumber yang berkompeten di bidangnya. Acara yang diselenggarakan pada hari Senin, 22 Agustus di 2022 menjadi sangat menarik karena menjadi kolaborasi pertama dengan pihak luar.

Dengan usulan membuat sebuah podcast mengenai fenomena viral di masyarakat yang berkaitan dengan Ilmu Falak, Ustaz Zamroni memberikan beberapa motivasi kepada anggota Qiblatuna. Dukungan Ustaz Azmi selaku ketua Unit Falak untuk mengawal kegiatan juga disampaikan pada acara yang bertempat di BLK Sabilurosyad 2, Dau kabupaten Malang. Dukungan tersebut mengarah pada upaya hilirisasi Ilmu Falak hingga dapat diterima dengan baik dan mudah di masyarakat.

X