Gelar Open House di DPRD Kota Malang, Prodi HTN Tampil Beda

Reporter: Rizka Amaliah

SYARIAH – Selasa, 6 September 2022, 200 mahasiswa Prodi Hukum Tata Negara memadati aula DPRD Kota Malang. 100 mahasiswa berasal dari semester 1 (Maba). Sementara, sisanya berasal dari unsur HMPS HTN yang terdiri atas mahasiswa semester 3 dan 5.

Pada kesempatan ini, para mahasiswa tersebut hadir bukan untuk melakukan demonstrasi dan melayangkan protes. Namun, ratusan mahasiswa tersebut tengah menikmati proses open house yang berbeda dari biasanya. Jika mahasiswa baru pada prodi lain di Fakultas Syariah UIN Maliki melaksanakan open house di kampus, maka Prodi HTN mengadakan gebrakan dengan tujuan ganda ini.

“Saya sangat bangga dan berterima kasih pada para mahasiswa, khususnya HMPS HTN yang sudah merancang dan mengadakan kegiatan open house yang kreatif dan inovatif. Hal ini membuat adik-adik Maba bisa merasakan atmosfer DPRD Kota Malang sebagai salah satu lembaga yang kelak mungkin akan menaungi mereka secara profesional. Sambutan baik dari pihak DPRD dengan sajian materi langsung dari anggota juga membuat membuat mahasiswa mendapatkan wawasan luas tentang banyak hal,” tutur Musleh Harry, S.H., M.Hum, Kaprodi HTN (Siyasah) UIN Maliki Malang saat diwawancara.

Aji Sasono Pamungkas, ketua panitia Open House bagi Maba sekaligus mahasiswa aktif Prodi HTN Fakultas Syariah menyebut bahwa kegiatan ini sengaja dilangsungkan di gedung DPRD untuk membuat mahasiswa bisa merasakan langsung kondisi di DPRD.

“Dengan kegiatan ini, mahasiswa diharapkan mampu memiliki kepekaan sosial karena selain menjadi agent of change, mereka juga akan menjadi aktor utama dalam perubahan sosial. Mahasiswa juga akan menjadi pemegang tongkat estafet kepemimpinan di masa depan,” tandasnya.

Materi yang dibawakan dalam kegiatan ini bertajuk “Peran Mahasiswa HTN dalam Pembuatan Kebijakan”. Sajian akademik tersebut disampaikan oleh Gagah Soeryo, P. (Anggota DPRD Kota Malang).

Acara yang dimulai sejak pukul 06.00 WIB (pemberangkatan) ini ditutup pada pukul 13.00 WIB. Para Rombongan mahasiswa Prodi HTN yang dikawal oleh beberapa pimpinan dan dosen kemudian kembali ke kampus untuk menjalankan aktivitas akademik sesuai dengan jadwal masing-masing.

X