Fakultas Syariah Berbagi Kambing di Bulan Muharram untuk Anak Yatim

Pengabdian kepada masyarakat dapat diwujudkan dengan berbagai kegiatan yang bermanfaat. Salah satunya dengan pemberian modal usaha nontunai. Unit Pengabdian Fakultas Syariah memandang hal tersebut sebagai potensi besar untuk memajukan perekonomian masyarakat, khususnya pada kelompok kurang mampu. Berdasarkan pemikiran dan niat menyejahterakan masyarakat, pada tanggal 27 Agustus 2021, Unit Pengabdian Fakultas Syariah mengadakan kegiatan “Berbagi Kambing di Bulan Muharram untuk Anak Yatim”.
Bantuan untuk usaha ternak kambing dipilih karena relevan dengan kehidupan masyarakat di wilayah sasaran. Target utama bantuan ini adalah anak yatim piatu yang membutuhkan dan didampingi wali yang mampu memelihara. Dalam kegiatan ini, empat ekor kambing didistribusikan kepada dua anak yatim piatu. Artinya, keduanya mendapat sepasang kambing ternak untuk dipelihara.

Pendanaan kegiatan unit pengabdian ini bersumber dari dosen fakultas syariah, alumni, PP Imam Al-Damanhuri, dan Masyarakat. Program ini dirancang berkelanjutan dengan menggandeng pihak yang kompeten dalam konteks peternakan kambing (Bapak Subaidi, Hj Nur Aziza, dan M. Saleh). Kerja sama dengan pihak ketiga ini diwujudkan dalam proses pendampingan pemeliharaan hewan ternak. Penerima bantuan diperkenankan menjual anak kambing hasil usaha peternakan ini, tetapi dilarang menjual kambing indukan.

Abdul Aziz, M.HI. (perwakilan Unit Pengabdian Fakultas Syariah) menyebut bahwa pihaknya akan melakukan pengawasan secara kontinu agar tujuan dari pemberian bantuan ini tercapai. Ia juga berharap agar kegiatan serupa bisa dilaksanakan dengan kuantitas yang lebih maksimal. “Semoga ke depannya skema pembiayaan untuk kegiatan serupa bisa lebih besar dan memberikan manfaat lebih bagi masyarakat yang membutuhkan,” tuturnya.