Buka PBAK, Dekan Fakultas Syariah UIN Maliki Tekankan Etika Islami dalam Kehidupan Akademik

Reporter: Rizka Amaliah

SYARIAH – Rabu, 23 Agustus 2022, lapangan UIN Maliki Malang dipadati barisan berseragam almamater berjumlah 617 orang. Mereka adalah mahasiswa yang tengah mengikuti seremoni pembukaan PBAK Fakultas Syariah. Para mahasiswa baru tersebut berasal dari empat prodi yang meliputi Prodi Hukum Keluarga Islam (215 orang), Hukum Ekonomi Syariah (193 orang), Hukum Tata Negara (101 orang), dan Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir (108 orang).

Acara penyambutan sekaligus pengenalan kehidupan kampus yang dimulai pada pukul 07.30 ini dikemas dalam rangkaian kegiatan yang menarik. Selain menyimak pidato sambutan, berkenalan dengan pimpinan dan dosen, mahasiswa juga mendapat suguhan penampilan-penampilan unik dari kakak tingkat. Para mahasiswa juga menyaksikan penyematan berbagai simbol apresiasi terhadap prestasi-prestasi termutakhir dari para senior di Fakultas Syariah.

Diagendakan berlangsung selama dua hari (outdoor dan indoor), kegiatan PBAK mengusung tema “Membentuk Karakter Mahasiswa Fakultas Syariah Berbasis Intelektual Religius, Kritis, serta Profesional dalam Mengamalkan Ilmu dan Menegakkan Keadilan”. Tak hanya membuka peluang dialektika melalui ruang diskusi dengan akademisi internal, beberapa pemateri dari luar UIN Maliki turut diundang untuk memeriahkan dan memberikan motivasi bagi mahasiswa baru.

Kegiatan ini dibuka oleh Dr. Sudirman, M.A., Dekan Fakultas Syariah. Ada tiga hal yang ditekankan oleh dekan pada kegiatan ini, yakni (1) memantapkan niat belajar lillahi ta’ala; (2) mengikuti proses belajar secara bersungguh-sungguh; dan (3) menjaga etika Islami.

“Ilmu tinggi tidak ada artinya akan lemah akhlaknya. Jadi, etika harus dipupuk dan dijaga agar dapat memimplementasikan ilmu sesuai dengan ajaran agama dan kemaslahatan umat,” tutur Dr. Sudirman saat mengisi materi kefakultasan di aula gedung C UIN Maliki.

X