Berkenalan dengan Vida, Peraih Gelar Duta Kebudayaan Jawa Timur 2021

Pebelajar Prodi Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir mungkin akan mendapat label sebagai insan santun yang pekrjaan sehari-harinya merapal Al-Qur’an. Faktanya, para pebelajar yang menekuni bidang ilmu ini banyak juga yang multitalenta. Salah satunya adalah Vida Rofika Miladiah. Gadis asal Jember yang yang berstatus sebagai mahasiswa semester 7 Prodi S1 Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir Fakultas Syariah UIN Maulana Malik Ibrahim ini memiliki sederet prestasi yang membanggakan.

Raihan prestasi terkini prestasi Vida dalam konteks non akademik adalah gelar Duta Pemudi Jawa Timur 2021 yang diperlohnya melalui ajang gelaran Yayasan Arunika Cipta Abadi. Proses seleksi duta pemudi Jawa Timur ini berlangsung kurang lebih satu bulan, dimulai pada bulan Juni dan berakhir pada bulan Juli. Dalam kontestasi tersebut, gadis berparas ayu ini berhasil menyisihkan 112 peserta yang berasal dari berbagai wilayah di Jawa Timur. Setelah melalui proses panjang seleksi, akhirnya ia pun dinobatkan sebagai peraih gelar pada awal bulan Agustus.

Menurutnya, hal ini adalah pengalaman perdana yang luar biasa, karena sebelumnya ia tak pernah mengikuti ajang serupa. Meski telah meraih banyak prestasi lain, seperti juara lomba da’i dan MSQ, ia tak menyangka dapat mengharumkan nama almamater dan provinsinya melalui jalur ini. Proses yang dilaluinya dalam memenangkan kontestasi ini tentu saja tidak mudah. Ada banyak aral dan rintangan yang harus dihadapi sebelum gadis kelahiran tahun 1999 ini berdiri di podium utama.

Setelah melalui fase kontestasi di wilayah Jawa Timur, pada tanggal 10—17 Oktober mendatang, Vida akan kembali bersaing dengan para duta kebudayaan dari berbagai provinsi di Indonesia. Semua pihak menyambut baik agenda ini. Vida bahkan mendapat dukungan dari bupati Jember hingga wakil gubernur Jawa Timur. “Saya sangat bersyukur bisa terpilih dan diberi amanah yang besar. Semoga saya bisa membawa nama baik untuk UIN dan Jawa Timur, serta memberi inspirasi bagi pemuda-pemudi yang ingin berjuang menuju kesuksesan. Jangan pernah ragu akan proses dalam kehidupan,” tutur gadis dengan senyum sempurna ini saat diwawancara.