9.png8.png7.png
Articles

Perpustakaan Fakultas

PERPUSTAKAAN FAKULTAS SYARI'AH

UNIVERSITAS ISLAM NEGERI (UIN)

MAULANA MALIK IBRAHIM MALANG

 

A. Pendahuluan

Perpustakan di perguruan tinggi sebagaimana diatur dalam Peraturan Pemerintah Nomor 5 Tahun 1980 adalah sebagai Unit Pelaksana Teknis (UPT). Status ini juga dipertegas lagi oleh Statuta Universitas sebagaimana dinyatakan dalam bab 18 pasal 101.

Keberadaan UPT perpustakaan merupakan suatu keharusan. Hal ini tidak lain karena fungsi dan peranya yang begitu urgen. Perpustakaan sering dianalogikan dengan sebuah jantung. Dengan analoi ini, kondisi suatu perpustakaan di suatu uiversitas dapat menjadi salah satu barometer kualitas universitas yang memilikinya.

Sadar dengan posisi seperti itu, Perpustakaan Fakultas Syari'at terus berusaha untuk melakulan akselerasi pengembangan diri secara berkesinambungan. Beberapa prioritas program pengembangan tersebut anara lain: pengembangan keseimbangan dan kekuatan koleksi dan pelayanan yang maksimal.

B. Visi, Misi

Visi

Menjadi perpustakaan fakultas terkemuka di Indonesia dalam menunjang pendidikan dan pengajaran, penelitian dan penagbdian kepada masyarakat.

 

Misi

  1. Menjadkan mitra professional bagi mahasiswa
  2. Memberikan pelayanan prima dan inovatif dengan orientasi kepada kepuasan pengguna.
  3. Menjadi pusat akses informasi bagi masyarakat global (dunia) pada bidang ilmu yang menjadi fokus Fakuktas Syari'ah.

 

C. Keanggotaan

Anggota Perpustakaan Fakultas Syari'ah adalah civitas akademika (mahasiswa, dosen dan karyawan. Selain itu adalah anggota luar.

1. Mahasiswa

Setiap mahasiswa dapat menjadi anggota Perpustakaan Fakultas Syari'ah dengan mendaftarkan diri kepada petugas Perpustakaan dengan syarat-syarat yang telah ditentukan. Masa keanggotaan mahasiswa ini adalah 5 tahun untuk S1.

2. Dosen dan Karyawan

Dosen dan karyawan di lingkungan Fakultas Syari'ah dapat menjadi anggota perpustakaan secara otomatis.

3. Anggota Khusus

Anggota khusus adalah mahasiswa luar Fakultas Syari'ah atau dari perguruan tinggi lain. Bagi anggota khusus ini, perpustakaan hanya memberikan pelayanan terbatas pada pemakaian dan fotokopy koleksi di tempat. Masa keanggotaanya adalah 1 semester dan boleh diperpanjang bila diperlukan.

 

D. Koleksi Perpustakaan

Koleksi Perpustakaan Fakultas Syari'ah Unversitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang mencakup seluruh bahan pustaka bidang hukum dan kesyari'ahan. Koleksi bahan pustaka perpustakaan Fakultas Syari'ah dikelompokkan menjadi:

A. Koleksi Referensi

Koleksi referensi adaah kumpulan bahan pustaka yang berfungsi untuk mencari suatu informasi tertentu. Umumnya, jenis koleksi referensi tidak perlu dibaca berurut dan menyeluruh. Temasuk dalam koleksi referensi ini adalah kamus, ensiklopedia, buku petunjuk, jurnal, indeks dan abstrak.

B. Koleksi Umum

Koleksi umum di Perpustakaan Fakultas Syari'ah adalah koleksi bahan pustaa yang dapat dipinjamkan bagi dosen dan karyawan untuk dibawa pulang dalam jangka waktu tertentu yang teah ditentukan. Koleksi umum terdiri dari buku penunjang utama mata kuliah dan buku tambahan lainnya. Buku-buku yang termasuk dalam koleksi umum ini diberi kode U (umum) pada setiap label atau nomor panggilnya.

C. Koleksi Khusus

Koleksi khusus ini adalah koleksi bahan pustaka yang merupakan replica dari koleksi umu. Setiap judul dari koleksi umum yang jumlahnya melebihi 1 eksemplar dialokasikan dan disimpan sebagai Koleksi Khusus. Koleksi Khusus dimaksudkan sebagai reserve (cadagan atau tendon) dan dapat dipergunakan bila ternyata semua eksemplar dalam judul tertentu dalam keadaan dipinjam keluar semua. Koleksi khusus ini diberi kode KK (Koleksi Khusus), atau sebagian berkode T (Tandon), pada setiap label atau nomor panggilnya.

D. Koleksi Skripsi

Koleksi ini terdiri dari final project (tugas akhir) setiap mahasiswa, baik Strata 1 maupun Pascasarjana. Koleksi ini dihimpun dari setiap mahasiswa yang telah menyelesaikan studinya. Koleksi ini hanya bias dibaca di tempat dan difotokopi hanya bagia tertentu yang telah ditetapkan.

E. Koleksi Jurnal, Majalah dan Koran

Koleksi ini merupakan kumpulan bahan pustaka yang diterbitkan secara berkala (serial) menurut rentang waktu tertentu. Jurnal merupakan terbitan berkala yang berisi artikel-artikel ilmiah hasil dari sebuah kajian danpenelitian terbaru dan up-to-date dalam suatu bidang pengetahuan. Perpustakan mempunyai koleksi jurnal ilmiah sesuai dengan bidang kajian jurusan/fakultas. Selain jurnal, perpustakaan Fakultas Syari'ah juga menyediakan majalah dankoran. Saat ini, perpustakaan melanggan empat Koran harian nasional (Kompas, Republika, Jawa Pos dan Malang Pos). Koleksi ini hanya bias dibaca di tempat.

 

E. Layanan Perpustakaan

Untuk melayani para anggotanya, Perpustakaan  Fakultas Syari'ah buka setiap hari kecuali hari libur besar nasonal dan keagamaan. Pada liburan akhir semester, perpustakaan tetap buka. Jam buka perpustakaan dibagi dua; [I] jam 08.00 – 11.00, dan dilanjutkan [II] jam 13.00 – 15.00.

 

F. Tata Tertib dan Prosedur Layanan

  1. Perpustakaan di buka mulai pikul 08.00 – 15.00 Wib setiap hari kerja.
  2. Buku tidak dipinjamkan, hanya melayani untuk di baca di ruang baca.
  3. Pengunjung perpustakaan harus meninggalkan Kartu Tanda Anggota perpustakaan Fakultas Syari'ah.
  4. Pengunjung harus mengisi daftar pengunjung/hadir perpustakaan.
  5. Berpakaian yang rapid an sopan, tidak diperkenankan memakai kaos oblng dan sandal.
  6. Dilarang makan, minum dan merokok dalam ruangan baca.
  7. Segala perlengkapan (tas dan lainnya) diletakkan pada tempat yang telah disediakan
  8. Layanan fotocopy buku, jurnal dan skripsi diserahkan kepada petugas.
  9. Mengembalikan dan merapikan buku yang selesai dibaca ke tempat semula.
  10. Mentaati segala peraturan yang ada.

 

G. Sanksi dan Denda

  1. Meminjamkan Kartu Tanda Anggota (KTA) kepada orang lain untuk akses layanan perpustakaan Fakultas Syari'ah diberi sanksi pencabutan hak akses (tidka boleh masuk) ke Perpustakaan selama 1 bulan dan denda.
  2. Menghilangkan atau merusakkan buku akan dikenai sanksi berupa mengganti buku yang sama (baik judul dan edisinya) atau buku dengan judul lain yang ditetapkan oleh perpustakaan atau memfotokopi buku denganjudul yang ditetapkan oleh perpustakaan dan membaya biaya pengolahan buku sebesar Rp. 5.000,-
  3. Perusakan dan pencurian koleksi dan fasilitas perpustakaan akan dikenai sanksi berupa denda sebesar 3 kali harga koleksi atau fasilitas yang rusak atau yang dicuri, pencbutan hak keanggotaan selama 1 tahun, pembuatan pernyataan maaf tertulis yang ditujukan kepada kepala perpustakaan Fakultas Syari'ah, Dekan Fakultas, dan kasusnya akan diserahkan kepada pihak yang berwenang.

 

Statistik Komunitas 

Statistics
Total Members : 268
Total Groups : 0
Total Discussion : 0
Total Bulletins : 0
Total Activities : 157
Total Wall Posts : 0
Total Events : 0

Data Pengunjung 

3634426
Today
Yesterday
This Week
Last Week
This Month
Last Month
All days
4514
7818
47764
3536617
147249
186616
3634426

Your IP: 54.235.29.110
Server Time: 2014-11-22 17:34:10