5.png314.png
Articles

Praktikum

PRAKTIKUM


Mengingat semakin kuatnya tuntutan profesionalisme da- lam dunia kerja,   mahasiswa perlu dibekali dengan praktikum-prak- tikum yang dibutuhkan dalam jabatan professional yang menunjukkan kompetensi lulusan Fakultas Syariah. Fakultas Syariah mengagendakan kegiatan praktikum mandiri, selain praktikum yang melekat pada matakuliah. Kegiatan praktikum diselenggarakan untuk menguatkan keilmuan fakultas.


A.  Praktikum Tahfîdh Ayât al-Ahkâm
Program Tahfidh ayat ahkam ini bertujuan untuk mem- bantu dan mendorong mahasiswa untuk menghafalkan ayat-ayat ahkam sesuai dengan keilmuan jurusan yang dipilih. Metode Tahfidh ini dilaksanakan dengan menggunakan teknik a) tashih al-qira’ah, teknik ini digunakan untuk meluruskan bacaan mahasiswa sesuai dengan kaidah tajwidnya, b)   teknik pem- biasaan, teknik ini dilakukan dengan membaca bersama-sama setiap menjelang pelaksanaan praktikum, dan c) teknik setoran hafalan kepada dosen wali masing-masing mahasiswa. Setiap mahasiswa Fakultas Syariah diharuskan menghafal 40 ayat al-Qur’an dengan materi ayat yang telah disusun oleh laboratorium turats dalam buku pedoman tersendiri dan disesuaikan dengan keilmuan Jurusan Al Ahwal Al Syakhshiyyah atau Jurusan Hukum Bisnis Syariah.

B.  Praktikum Tahfidh Hadîts al-Ahkâm
Program Tahfidh hadith al-ahkam ini bertujuan untuk membantu dan mendorong mahasiswa untuk menghafalkan hadith ahkam sesuai dengan keilmuan jurusan yang dipilih. Metode Tahfidh ini dilaksanakan dengan menggunakan teknik a) tashih al-qira’ah, teknik ini digunakan untuk meluruskan bacaan mahasiswa sesuai dengan kaidah-kaidahnya, b)   teknik pem- biasaan, teknik ini dilakukan dengan membaca bersama-sama setiap menjelang pelaksanaan praktikum, dan c) teknik setoran hafalan kepada dosen wali masing-masing mahasiswa. Setiap mahasiswa Fakultas Syariah diharuskan menghafal 40 hadith al-ahkam dengan materi hadits yang telah disusun oleh laboratorium turath dalam buku pedoman tersendiri dan dise- suaikan dengan keilmuan Jurusan Al Ahwal Al Syakhshiyyah atau Jurusan Hukum Bisnis Syariah.

C.  Praktikum Reading Texts
Praktikum Reading Texts merupakan program praktikum yang diselenggarakan dalam rangka menindaklanjuti program bi- lingual yang dicanangkan oleh universitas. Disamping itu, prak- tikum ini juga bertujuan untuk memberikan pelatihan dan pem- biasaan bagi mahasiswa terhadap teks-teks yang berbahasa Inggris sebagai bahasa dunia. Praktikum ini merupakan bimbingan membaca dan memahami teks-teks hukum Islam dan hukum positif serta hal- hal terkait dengan hokum  berbahasa Inggris yang materinya me- liputi : a) Reading skill strategy  b) pronunciation, c)  translation d) reading and understanding text. Praktikum ini dibagi menjadi dua; Praktikum reading texts I dan Praktikum reading texts II yang diperuntukkan bagi mahasiswa Fakultas Syariah semester lima dan enam. Praktikum reading text ini merupakan pra syarat bagi mahasiswa untuk dapat mengikuti ujian komprehensif.

D.  Praktikum Ibadah
Praktikum ibadah dilaksanakan dan dikoordinir oleh La- boratorium. Adapaun materi praktikum meliputi berbagai aspek atau  aktifitas  ubudiyah  dalam  Islam  yang  terkait  dengan  ibadah personal maupun yang terkait dengan masyarakat antara lain; a) Praktikum Thoharah, Praktikum ini bertujuan untuk mem- berikan pengetahuan mahasiswa terhadap komponen   atau ta- hapan awal dari ibdaha wajib serta untuk pemantapan konsep thoh  arah  dalam  setiap  aktifitas  ibadah  wajib.  B)  Praktikum sholat, praktikum ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan serta keterampilan sholat baik wajib maupun sunnah dalam rangka pembekalan personal dan bermasyarakat setelah mereka lulus. c) Praktikum tajhiz al-janazah, praktikum   ini bertujuan untuk memberikan bekal kepada mahasiswa dalam rangka hidup bermasyarakat (to live together) di mana praktikum ini sangat di- butuhkan mahasiswa sebaga setelah mereka lulus dan kembali hidup bersama masyarakat, karena mahasiswa dianggap sebagai seorang ilmuwan Islam dan bahkan ulama professioanal. Prak- tikum ini bertujuan memberikan pengetahuan dan pelatihan ke- pada mahasiswa mengenai perawatan janazah sejak seseorang meninggal dunia hingga dikuburkan.

E.  Praktikum Majma’ Buhûts
Praktikum Majma’ Buhûts   ini bertujuan untuk   mem- berikan bekal kepada mahasiswa dalam menjalani hidup di ma- syarakat (to live together), terutama setelah mereka lulus. Di samping itu, praktikum ini bertujuan untuk memantapkan kom- petensi mahasiswa sebagai sarjana hukum Islam di mana sebagai seorang ilmuwan hukum Islam perlu memiliki kemampuan dalam menyelesaikan permasalahan hukum Islam yang senantiasa ter- jadi di masyarakat.

F.   Praktek Kerja Lapangan Integratif (PKLI)
Praktek Kerja Lapangan Integratif (PKLI) adalah kegiatan praktikumyangmengintegrasikantigakegiatan;praktekperadilan, pengabdian masyarakat, dan penelitian sebagai pengejawantahan Tridharma Perguruan Tinggi yang dilaksanakan oleh mahasiswa. Kegiatan PKLI dilaksanakan selama satu bulan pada semester VI atau semester VII. Ketentuan mengenai PKLI diatur lebih lanjut oleh Unit Penelitian, Penerbitan dan Pengabdian Masyarakat (P3M) Fakultas Syari’ah.
Sedangkan   persyaratan   untuk   bisa   mengikuti   PKLI
adalah:   

1.  Mahasiswa telah menempuh matakuliah sebanyak 120 SKS

2.  Telah mengambil matakuliah sebagai berikut:

     a.  Metode Penelitian

    b.  Hukum Acara Perdata/Hukum Acara Peradilan Agama

    c.  Hukum Perdata Islam di Indonesia

G.  Praktikum Administrasi KUA
Praktikum administrasi KUA adalah Kegiatan praktikum yang diselenggarakan untuk menguatkan keilmuan Jurusan Al Ahwal Al Syakhshiyyah yang bertujuan untuk mendekatkan mahasiswa  dengan  lembaga  profesi  KUA  yang  menjadi  salah satu kompetensi lulusannya. Praktikum ini juga berusaha mem- berikan bekal kepada mahasiswa Jurusan Al Ahwal Al Syakh- shiyyah, baik secara teoritis maupun praktis mengenai kewe- nangan yang dimiliki oleh Kantor Urusan Agama mengenai ke- penasehatan perkawinan, nikah, rujuk, hisab-rukyat, wakaf dan sistem pengadministrasiannya. Praktikum ini dilaksanakan bagi mahasiswa semester VI.

H.  Praktikum Administrasi  Acara Peradilan Agama
Praktikum Hukum Acara Peradilan Agama adalah Kegiatan praktikum yang diselenggarakan untuk menguatkan keilmuan Jurusan Al Ahwal Al Syakhshiyyah dan Hukum Bisnis Syari’ah yang bertujuan untuk mendekatkan mahasiswa Jurusan Al Ahwal Al Syakhshiyyah dan Hukum Bisnis Syari’ah dengan lembaga   Pengadilan   Agama   yang   menjadi   lembaga   profesi yang diharapkan oleh mahasiswa. Praktikum ini bertujuan memberikan bekal kepada mahasiswa, terutama pengetahuan praktis mengenai hukum acara peradilan agama yang meliputi proses pengajuan gugatan dan permohonan hingga kasasi dan sistem pengadministrasiannya, yaitu bagaimana membuat surat gugatan atau permohonan, banding, dan kasasi serta proses beracara mulai perkara didaftarkan hingga diputuskan.

I.   Praktikum Lembaga Keuangan Syariah
Praktikum Lembaga Keuangan Syariah ini adalah Kegiatan praktikum yang diselenggarakan untuk menguatkan keilmuan Jurusan/Program Studi Hukum Bisnis Syariáh yang bertujuan untuk mendekatkan mahasiswa dengan lembaga profesi yang sesuai dengan tuntutan kompetensi lulusan Jurusan/ Program Studi Hukum Bisnis Syariah, yaitu lembaga keuangan dan bisnis syariah. Secara khusus tujuan pelaksanaan praktikum ini agar mahasiswa memiliki pengalaman observatoris dan praktis mengenai perbankan syariah, asuransi takaful, pegadaian syariah, dan permasalahan ekonomi syariah lainnya.


Statistik Komunitas 

Statistics
Total Members : 267
Total Groups : 0
Total Discussion : 0
Total Bulletins : 0
Total Activities : 157
Total Wall Posts : 0
Total Events : 0

Data Pengunjung 

3446711
Today
Yesterday
This Week
Last Week
This Month
Last Month
All days
611
7258
37080
3369477
146150
184148
3446711

Your IP: 54.205.98.35
Server Time: 2014-10-26 02:55:48