Hukum Bisnis Syariah

Kegiatan

Guest lecturer bersama Prof Greg Barton on Pluralism in Indonesia

Guest lecturer bersama Prof Greg B

Seminar Nasional: Implementasi Ekonomi Syari’ah Dalam Konteks Indonesia Kontemporer

MUSLIM: KH Masdar farid Mas'udi (kedua dari kanan) menyatakan bahwa Indonesia bisa dikatakan sebagai negara Islam dalam Seminar Nasional Fakultas Syariah (16/5).

GEMA-“Negara adalah entitas terkuat setelah Tuhan,” ujar KH. Masdar Farid Mas’udi dalam seminar nasional Implementasi Ekonomi Syari’ah Dalam Konteks Indonesia Kontemporer, Rabu (16/5). Bertempat di Lt.5 Gedung Soekarno, seminar ini menghadirkan dua pemikir penting dalam kancah dialektika ke-syari’ah-an Indonesia, KH. Masdar Farid Mas’udi, Rais Syura Pengurus Besar Nahdhatul Ulama (PBNU) dan Dr. Sukarmi, wakil ketua komisi pengawas persaingan usaha Republik Indonesia. Meskipun bertemakan ekonomi syari’ah, namun pada kesempatan tersebut dibahas pula hal terkait siyasah islamiyah di Indonesia.

 

 

Dalam seminar yang diadakan oleh Fakultas Syari’ah ini, Masdar menjelaskan bahwa negara yang baik akan memberikan pengaruh yang luar biasa terhadap kehidupan manusia. “Perbandingannya, bila satu orang baik mampu menyelamatkan ratusan orang, maka negara mampu menyelamatkan puluhan juta orang. Oleh karena itu, sebuah negara yang baik mutlak dibutuhkan,” jelasnya

 

Islam, lanjut dia, sudah pasti berbicara terkait negara. Islam telah memberikan dua inti penting dari sebuah negara, keadilan dan musyawarah. Hal terpenting yang harus dilakukan oleh sebuah negara ialah menegakkan keadilan.

 

Bahkan, jelas Masdar, negara yang adil akan diberikan rahmat oleh Allah walaupun ia merupakan negara kafir. Sebaliknya, negara itu akan dimurkai Allah bila tidak berlaku adil, meskipun negeri itu merupakan negara muslim.

 

Indonesia, dalam ideologi negaranya yaitu pancasila, telah mencantumkan kedua nilai tersebut. Keadilan sosial pada sila ke-5 dan permusyawaratan pada sila ke-6. Dalam kehidupan masyarakat sehari-hari pun nilai keislaman terlihat jelas.

 

Dalam pandangan Masdar, saat ini negara Islam diperdebatkan sebagai sebuah ideologis formal. Berbagai organisasi yang menuntut perubahan Indonesia menjadi negara Islam hanyalah menuntut perubahan secara simbolik.

 

Menurutnya, Rasul tidak mendirikan negara Islam melainkan dalam konteks sosial nilai. Istilah dar al-islam hanyalah ditemukan dalam hadis dan fiqih. Sementara itu al Quran tidak menuliskan istilah itu. Hadis dan fiqih pun memberikan istilah dar al Islam berdasar kenyataan sosial, bukan secara formal. Artinya dar al Islam merujuk pada negara yang dihuni oleh mayoritas umat muslim.

 

Meskipun tidak ada embel-embel Islam dalam namanya, Indonesia dalam pandangan Masdar sudah dapat dikatakan sebagai negara Islam. Hal ini dibuktikan dengan diterimanya Indonesia oleh Organisasi Konferensi Islam (OKI) Internasional.

Akhirnya, Masdar mengungkapkan bahwa salah satu kendala tidak berkembangnya Indonesia, dimungkinkan oleh kesetengahhatian masyarakat akan bentuk negara ini. “Meski tidak ada embel-embel Islam, Indonesiamerupakan negara islam, bahkan merupakan yang terbaik,” tegasnya. (aac/nd)

UIN Riau Studi Banding ke UIN Maliki

SHARING: Para rombongan dari UIN Riau menyimak penjelasan dari Rektor UIN Maliki Prof. Imam Suprayogo di ruang pertemuan Rektorat Lt.3.
GEMA-Sebanyak 32 orang, rombongan dari UIN Riau melakukan silaturahim sekaligus studi banding di UIN Maliki Malang, rombongan yang terdiri dari Fakultas Syariah itu ingin belajar tentang pengembangan kurikulum, pengelolaan administrasi hingga proses akreditasi jurnal. Dekan Fakultas Syaria UIN Riau Dr.H.Akbarizan, MA,M.Pd dalam kesempatan itu tidak bisa hadir dalam studi banding tersebut. Akan tetapi, para Pembantu Dekan I, II dan III serta tujuh Ketua Jurusan  yaitu al akhawl al syakhsiyah, Muamalah, Perbandingan Hukum dan Madzhab, Jinayah Syiasah, Ekonomi Islam, D III Perbankan Syariah dan Jurusan Ilmu Hukum turut hadir dalam kegiatan tersebut.

Seperti biasa, para tamu tersebut langsung disambut hangat oleh Rektor UIN maliki Prof. Imam Suprayogo didampingi Kepala Biro AAK Dra. Cholidah. Dalam sambutannya Rektor UIN Maliki menyampaikan beberapa perkembangan di UIN Maliki mulai dari perkembangan mahasiswa yang studi di UIN Maliki hingga persoalan manajemen mutu. Soal mahasiswa, Prof. Imam menjelaskan bahwa, UIN Maliki sudah menjadi tujuan pembelajaran dari berbagai Negara. Buktinya, sudah ada puluhan mahasiswa asing yang belajar di UIN Maliki. “Kedatangan mereka di kampus ini karena UIN Maliki saat ini tidak hanya belajar ilmu agama saja akan tetapi juga belajar ilmu sains dan teknologi,” terangnya.

UIN Maliki, kata dia, selalu bercita-cita untuk menjadi kampus nomor satu, untuk memenuhi keinginan itu paling tidak UIN Maliki harus mampu menjadi guru bagi perguruan tinggi lainnya. “Hal tersebut juga harus ditopang dengan penguasaan dua bahasa, yaitu bahasa arab dan bahasa inggris, pasalnya sumber ilmu dalam agama Islam itu diambil dari Alquran dan Hadis,” terangnya serius.

Terlepas dari persoalan itu, Prof. Imam juga mengomentari perkembangan web milik UIN Riau. Menurutnya, perkembangan IT dapat digunakan untuk saling memberikan informasi ter Update di dalam kampus. “website bisa memberikan informasi ter update. Kerena isisnya akan dibaca oleh orang di seluruh dunia, dan itu juga akan sangat membantu terhadap pengembangan kampus,” urainya.

Selain itu, mengikuti kegiatan pameran di belahan dunia juga menjadi salah satu momen untuk mengenalkan kampus UIN Maliki di kancah dunia internasional. “Pada tanggal 16-20 April kemarin UIN Maliki mengikuti pameran IECHE (International Exhibition & Conference on Higher Education) yang merupakan konferensi dan pameran pendidikan internasional yang diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan Tinggi Arab Saudi. Ada empat universitas ternama yang mengikuti ajang pameran pendididkan tersebut. salah satunya yaitu ITB, UGM, UI dan UIN Maliki,” pungkasnya. (*)

Pelatihan Karya Ilmiah dan Penelitian bagi Dosen dan Mahasiswa

Pelatihan Karya Ilmiah dan Penelitian bagi Dosen dan Mahasiswa yang dilaksanakan oleh Fakultas Syarah UIN Maulana Malik Ibrahim Malang melalui Surat Keputusan Nomor Un.03.2/KP.01.1/154/2011 tanggal 10 Maret 2011 tentang Panitia Pelatihan Penuliasn Karya Ilmiah dan Penelitian bagi Dosen dan Mahasiswa. Setelah jadwal sudah tersusun dan narasumber siap untuk hadir, maka panitia menyiapkan tempat/ruangan pelatihan berikut sarana penunjang lainnya.

Pelatihan Penulisan Karya Ilmiah dan Penelitian adalah Dosen dan mahasiswa Fakultas Syari’ah UIN Maliki Malang yang mempunyai bakat dan minat untuk menjadi penulis di media massa baik cetak maupun elektronik, bakat tulis menulis. Dan peserta yang daftar adalah mahasiswa semester akhir, dan atau mahasiswa yag sedang menyelesaikan skripsinya.

Merupakan suatu kebutuhan yang mendasar bagi para ilmuwan khususnya Dosen dan Mahasiswa untuk bisa menulis karya ilmiah sesuai dengan bangunan metodologis dan kerang berfikir yang logis, sistematis dan fenomanal, tetapi tidak semua mahasiswa mampu menangkap isu-isu aktual yang menjadi pijakan mendasar untuk memulai menulis, hal ini terindikasikan dengan sejumlah mahasiswa yang mendaftar untuk mengikuti pelatihan karya tulis ilmiah yang diselenggarkan oleh Fakultas.

Selengkapnya...

ICP, Example For Other Students

Internasional: Para mahasiswa ICP dan para dosen dalam pembukaan prakuliah.

GEMA-“Saya tidak berasa di Indonesia”, itulah yang diucapkan oleh PR I Bidang Akademik UIN Maliki Malang Mudjia Rahardjo ketika menghadiri pembukaan prakuliah Internasional Class Program (ICP) jurusan Al-Ahwal As-Syakhsiyah Fakultas Syari’ah UIN Maulana Malik Ibrahim Malang.

Ucapan tersebut tidak terlalu berlebihan rasanya bila melihat bagaimana piawainya para mahasiswa ICP Syari’ah dalam bertutur kata menggunakan dua bahasa, Bahasa Arab dan Bahasa Inggris. Terbukti dari penggunaan dua bahasa tersebut sebagai pengantar dalam acara pembukaan prakuliah hari ini.

Dalam pembukaan tersebut, Mudjia Rahardjo casino pa natet memberikan wejangannya kepada para mahasiswa ICP dengan Bahasa Inggris, “You must became examples for other students in this faculty and university,” ungkapnya.

Selengkapnya...

Workshop Kurikulum Silabi dan SAP International Class Program

A. Tahapan Pelaksanaan

Tahapan pelaksanaan Workshop Kurikulum Silabi dan SAP ICP ini sebagaimana kinerja panitia sebagai berikut :
Dekan Fakultas Syari'ah mengeluarkan Surat Keputusan Nomor Un.03.2/KP.01.1/50/2011 tentang Panitia Workhsop Kurikulum dan Rintisan Kelas Internasional Fakultas Syari'ah UIN Maulana Malik Ibrahim Malang.
Panitia melakukan rapat perdana tentang teknis dan segala hal yang berkaitan dengan pelaksanaan Workshop Kurikulum Silabi dan SAP ICP.
Panitia membuat undangan kesdiaan mengikuti Workshop Kurikulum Silabi dan SAP ICP kepada Stackeholders dan dosen.
Panitia menghubungi narasumber Workshop Kurikulum Silabi dan SAP ICP.
Panitia menerima form kesediaan mengikuti Workshop Kurikulum Silabi dan SAP ICP.
Panitia membuat presensi Workshop Kurikulum Silabi dan SAP ICP..
Penitia menyiapkan tempat Workshop Kurikulum Silabi dan SAP ICP.
Workshop Kurikulum Silabi dan SAP ICP..

 

B. Peserta

Peserta Workshop Kurikulum Silabi dan SAP ICP adalah stackeholdrs dan dosen Fakultas Syari’ah UIN Maulana Malik Ibrahim Malang. Peserta yang hadir dalam Workshop Kurikulum Silabi dan SAP ICP ini sesuai dengan jumlah form kesediaan yang dikembalikan. Ada beberapa dosen Fakultas Syari’ah yang tidak bisa hadir karena ada kegiatan serupa yang dilaksanakan oleh Program Pascasarjana, dan ada beberapa dosen Fakultas Syari’ah yang menjabat di Program Pascasarjana UIN Maliki Malang, yang pada hari itu juga melaksanakan Workshop kurikulum.

 

Selengkapnya...

Tadabbur Alam Observasi Fenomena Gerhana Bulan Total

Rukyatul Hilal

Laboratorium Falak Syariah UIN Maulana Malik Ibrahim Malang

Mukaddimah

Falak adalah ilmu yang sangat berkaitan dan memegang peranan penting terkait dengan kegiatan ibadah sehari-hari umat Islam, mulai dari penentuan arah kiblat, pembuatan jadwal shalat, penentuan awal Ramadhan dan 1 Syawal maupun Idul Adha bahkan sampai prediksi kapan waktu terjadinya peristiwa gerhana saat umat muslim diperintahkan mengerjakan shalat gerhana semuanya tidak dapat dipisahkan dari Ilmu Falak.

Berkenaan dengan gerhana bulan total yang prediksi terjadinya untuk tahun ini jatuh pada tanggal 16 Juni 2011, dalam rangka untuk mempertebal keimanan dan ketaqwaan kepada Yang Maha Pencipta dan Pengatur jagat alam semesta serta menguji materi falak yang bersifat teoritik normatif dengan kenyataan atau fakta empirik di lapangan maka laboratorium Falak menyelenggarakan observasi Gerhana Bulan Total di halaman depan Fakultas Syariah UIN maulana Malik Ibrahim Malang yang diikuti oleh mahasiswa fakultas syariah.

Selengkapnya...

FAKULTAS SYARIAH

UNIVERSITAS ISLAM NEGERI MAULANA MALIK IBRAHIM MALANG
Alamat Kantor:
Gedung Megawati Soekarno Putri, Jl. Gajayana 50, Malang, Kode Pos 65144.
Telepon / Faksimile: 0341-559399
Email: This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.">This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.
Website: http://syariah.uin-malang.ac.id

Data Pengunjung 

14812206
Today
Yesterday
This Week
Last Week
This Month
Last Month
All days
11579
14678
70313
14671344
241351
359925
14812206

Your IP: 127.0.0.1
2020-01-25 21:19
#fc3424 #5835a1 #1975f2 #2fc86b #feduc9 #eef11045 #140114115202