Hukum Bisnis Syariah

Berita

PANEN PRESTASI: JURNAL DE JURE FAKULTAS SYARIAH RAIH SINTA 2

Rapat De Jure 2

November 2019, Fakultas Syariah kembali mendapatkan berita gembira. Jurnal De Jure yang diinisiasi dan terbit perdana pada tahun 2009 kini berhasil menyabet SINTA 2. Prestasi ini tertuang dalam SK Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Nomor 30/E/KPT/2019, tanggal 11 November 2019. Artinya, selangkah lagi, wadah publikasi ilmiah yang terbatas pada ruang lingkup hukum dan hukum islam sebagai muatan substansial ini akan go internasional.

Menurut Ramadhita, editor in chief De Jure, prestasi jurnal berusia 10 tahun ini dapat diraih berkat kerja keras tim editor, dukungan pimpinan Fakultas Syariah UIN Maliki, dan Asosiasi Pengelola Jurnal Se-Indonesia. "Saya mengucapkan terima kasih untuk tim editor yang solid dan telah berhasil mengantarkan De Jure pada Sinta 2", tutur Ramadhita saat ditemui usai rapat De Jure.

Seluruh anggota tim berharap, dengan diraihnya peringkat akreditasi 2 ini masyarakat akademik akan terpacu semangatnya untuk memublikasikan hasil penelitian dan atau karya ilmiah yang berkualitas. Dengan demikian, cita-cita hilirisasi hasil penelitian akan tercapai.

AJAK AKADEMISI BERPIKIR INTERDISIPLINER: PRODI HTN GELAR FGD DAN KULIAH TAMU

Meski terbilang prodi baru, Hukum Tata Negara (HTN) Fakultas Syariah UIN Maliki Malang ternyata aktif menunjukkan eksistensi di bidang akademik. Hal ini dibuktikan dengan gelaran acara “Kuliah Tamu” pada tanggal 5 November 2019 yang menghadirkan Prof. Dr. Jimly Asshiddiqie, S.H. (akademisi serta mantan ketua MK yang sekarang menjabat sebagai anggota DPD) sebagai pemateri. Kegiatan ini tidak hanya dihadiri oleh dosen dan mahasiswa HTN saja, tetapi juga prodi-prodi lain di Fakultas Syariah, bahkan praktisi dan akademisi lintas universitas.

Dalam acara bertajuk Transformasi Nilai-nilai Hukum Islam dalam Memperkuat Karakter Kepemimpinan Nasional, pria yang akrab disapa Pak Jimly ini menyatakan bahwa ilmuan dan akademisi harus mengintegrasikan pengetahuan dan nilai-nilai agama. “Ilmu itu jangan dipertentangkan dengan Alquran dan Hadits!” ucapnya. Imbauan ini muncul karena banyak pemikir yang memperkeruh dunia akademik dengan memisahkan atau mempertentangkan ilmu dan agama. Melalui kegiatan ini, Prodi HTN mengajak akademisi untuk berpikir kritis dan interdisipliner sehingga tidak terkungkung dalam pemikiran sempit tentang keilmuan yang mereka tekuni.

 Kegiatan yang rencananya akan rutin digelar ini didahului dengan pertemuan para akademisi dalam Forum Grup Discussion (4 November 2019) di Ruang Senat Gedung Rektorat UIN Maliki Malang. Tema yang diusung sebagai pemantik diskusi sejalan dengan tema kuliah tamu. Dalam acara tersebut, para dosen dari berbagai perguruan tinggi yang diundang mendapatkan kesempatan untuk sharing pengetahuan dan pengalaman. 

Naik Kelas: Jurnal JURISDICTIE milik Fakultas SYARIAH sabet SINTA 2

jurnal jurisdictie

Tahun 2019 tampaknya akan tercatat sebagai tahun puncak prestasi Fakultas Syariah UIN Maulana Malik Ibrahim Malang. Setelah dikompetisikan dengan total hadiah 9,5 juta rupiah bagi para penulis artikel terbaik pada Maret 2019 lalu, Juridictie, salah satu jurnal fakultas yang telah terbit hingga volume kesepuluh itu telah naik peringkat ke Sinta 2.

Peningkatan akreditasi jurnal ilmiah Jurisdictie, dari Sinta 3 ke Sinta 2 menjadi langkah strategis untuk mencapai level puncak (Sinta 1) yang berarti terindeks Scopus. Dalam berkas pemberitahuan Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi tentang hasil akreditasi jurnal ilmiah tertanggal 11 Oktober 2019 diumumkan bahwa terdapat 35 jurnal yang masuk kategori Sinta 2, termasuk Jurisdictie.

Sebagai upaya meningkatkan prestasi fakultas di bidang pengelolaan publikasi ilmiah, tim jurnal Jurisdictie telah bekerja keras untuk mencapai tahap ini. “Akreditasi Sinta 2 merupakan hadiah bagi Fakultas Syariah di Tahun 2019”, ungkap Dr. Khoirul Hidayah, M.H., Editor sekaligus Chief Jurisdictie. Prestasi ini tentu saja tidak hanya menjadi hadiah bagi Fakultas Syariah, tetapi juga bagi para akademisi yang siap berpartisipasi dalam publikasi ilmiah bidang hukum dan syariah di jurnal Jurisdictie.

Pemberitahuan_Hasil_Akreditasi_Jurnal_Ilmiah_Periode_V_Tahun_2019


Pewarta: Rizka Amaliah

Editor: Rizka Amaliah

Fakulas Syariah Siap Menerapkan E-Learning