Hukum Bisnis Syariah

IKAFASYA

Serapan Kerja Alumni

Secara umum dari 638 jumlah alumni yang terlacak, alumni mendapatkan pekerjaan tetap dan sesuai dengan bidang keahlian sejumlah 80%. Adapun rincian secara prosentase adalah:

Alumni yang berprofesi tidak relevan dengan kompetesi lulusan Fakultas Syariah sejumlah 20%, artinya sekitar 80% lulusan Fakultas Syariah UIN Maulana Malik Ibrahim Malang sesuai dengan kompetensi bidang keilmuannya, tetapi pada hakikatnya bukan menjadi problem keilmuan akademik yang medasar bagi fakultas sendiri, karena dalam profil lulusan bahwa Lulusan jurusan hukum perdata Islam (Akhwal Syakhshiyyah) berpeluang untuk berkarya di antaranya sebagai praktisi hukum di lingkup Pengadilan Agama (hakim, panitera, juru sita, pengacara, mediator dan staf administrasi), pegawai di Kementerian Agama (kepala KUA, Pegawai Pencatat Nikah [PPN], Pegawai Pencatat Akta Ikrar Wakaf [PPAIW], staf administrasi), konsultan hukum keluarga, mediator Badan Arbitrase Syariah Nasional (BASYARNAS) dalam kasus keperdataan, tenaga ahli di Majelis Ulama Indonesia (MUI), staf ahli Badan Amil Zakat, staf ahli di kedutaan terutama di Negara Timur Tengah, staf ahli di Mahkamah Konstitusi (MK), ahli falak, tenaga pengajar (dosen) bagi yang berpendidikan lanjut, dan lain-lain. 

Lembaga peradilan khususnya Pengadilan Agama merupakan sasaran lembaga tempat lulusan Sarjana Hukum Islam untuk mengabdi sesuai dengan bidang keilmuannya, baik sebagai hakim, panitera, maupun staf administrasi di lingkungan peradilan, karena itu merupakan kompetensi utama lulusan Fakultas Syari’ah sebagaimana tertuang dalam Pedoman Pendidikan Fakultas Syari’ah.

Disamping hakim dan panitera juga advokat/pengacara bagian dari kompetensi utama. Untuk menjadi advokat/pengacara, Sarjana Hukum maupun Sarjana Hukum Islam harus menempuh Pendidikan Khusus Profesi Advokat (PKPA) yang diselenggarakan oleh perhimpunan advokat bekerja sama dengan Fakultas Hukum dan Syari’ah.

Pada prinsipnya keinginan alumni untuk bekerja di lingkungan peradilan, baik sebagai hakim, panitera, staf administrasi maupun menjadi advokat sangat tinggi, berhubung ada prodesur yang harus dilakukan, seperti harus mengikuti tes seleksi yang diselenggarakan oleh negara (Tes PNS dan Tes Cakim), yang kebutuhannya terbatas, maka banyak alumni yang tidak kebagian jatah. Karena itu wiraswasta yang menjadi alternatif utama untuk menatap masa depan yang lebih pasti.

Klasifikasi jenis pekerjaan diatas telah memberikan informasi yang akurat tentang prospek lulusan Fakultas Syariah Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang khususnya angkatan. Pembacaan terhadap data diatas membuktikan dan menyimpulkan bahwa alumni Fakultas Syari’ah UIN Maliki lebih banyak menekuni bidang profesi guru yang tentunya telah menempuh program Akta IV (izin mengajar), dari pada bidang profesi utama sebagai Sarjana Hukum Islam yang menitikberatkan pada profesi hakim, panitera, advokat/pengacara, konsultan hukum, dan biro keluarga sakinah.

Pemilihan jenis pekerjaan yang mayoritas pada profesi guru itu mengindikasikan bahwa peluang menjadi tenaga pendidik (guru) sangat luas dari pada profesi utama bidang keahliannya. Disamping itu ada juga alumni yang berprofesi di bidang lain, seperti pengusaha, karyawan swasta, tenaga honerer di lembaga peradilan, perguruan tinggi, maupun di Departemen Agama.

Disamping berprofesi sebagai Guru, tenaga adminitrasi, hakim, dan pengusaha, para alumni juga berperan aktif di tengah-tengah masyarakat yang tentunya sesuai dengan bidan keahlian seperti pemimpin tahlil, pengajian, muballigh, dan konsultan keluarga non formal. Model pekerjaan yang seperti itu adalah bagian dari profesi non akademik yang tentunya bermafaat buat masyarakat lingkungan. Ada juga alumni yang latar bekalangnya dari keluarga pesantren, hal ini tentunya sangat diharapkan untuk bisa meneruskan pengembangan pesantren tersebut. Dari latar bekalang keluarga para alumni telah mempengaruhi pola masa depan alumni, bukan semata-mata sesuai dengan bidang keahlian kesarjanaan ansih.

Istilah “pengangguran” dalam klarifikasi jenis pekerjaan di atas tidak termasuk pada jenis pekerjaan. Pengangguran tidak mesti harus disandang oleh Sarjana Hukum Islam, bisa jadi data yang diperoleh belum akurat karena alumni tidak memberi data yang parsial dan merasa riskan karena pekerjaan yang di peroleh tidak sesuai dengan bidang keahlian.  Kita yakin bahwa semua alumni Fakultas Syariah yang menyandang title Sarjana Hukum Islam mendapatkan pekerjaan yang sesuai dengan keinginan dan harapan setiap alumni.

Melihat prosentase data alumni Fakultas Syariah Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim yang diperoleh dinilai masih jauh dari harapan, jika dilihat kompetensi utama lulusannya diharapkan berprofesi sebagai hakim, panitera, advokat/pengacara menjadi kompetensi utama, disamping kompetensi pendukung lainnya. Dari sinilah diperlukan adanya keseriusan Fakultas Syariah untuk menjalin kerja sama yang intens dengan lembaga-lembaga tempat magang para alumni, hingga bisa tercapai target yang diinginkan.

Di samping itu, ada keterkaitan dengan perumusan kurikum pendidikan yang selalu dikaji ulang (uptade). Workshop kurikulum sekalipun sudah melibatkan stackholders , hakim, panitera, advokat, dosen, ataupun lulusan yang memilih kompetensi pendukung lain, sepertinya belum memberikan konstibusi besar terhadap capaian kompetensi utama sehingga bisa berkompetisi pada profesi utamanya.

Adapun rincian klasifikasi serapam kerja alumni berdasarkan tahun angkatan masing-masing:

 

Profil IKAFASYA

ORGANISASI ALUMNI

 

A. Tanggal dan Tahun Pembentukan

Organisasi alumni dibentuk pada tanggal 26 Agustus 2006, bertepatan dengan workshop kurikulum Fakultas Syariah, bertempat di gedung Pasca Sarjana Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang. Ketua alumni yang terpilih saat itu adalah Ahmad Shampton, S.H.I., Wakil Ketua: Ahmad Kadarisman, S.H.I., Sekretaris: Abdul Kadir, S.H.I., dan Bendahara: Nur Fadhilah, S.H.I., M.H. Tahun 2011, tepatnya pada tanggal 18 Juni 2011, dilaksanakan kegiatan Temu Alumni mulai angkatan 1997 sampai 2007, sekaligus memilih kembali kepengurusan alumni priode 2011 – 2015. Selanjutnya temu alumni dilaksanakan pada tahun 2015 dan memilih kembali pengurus Ikatan Alumni Fakultas Syariah Univeristas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang masa bakti 2015 – 2020.

 

B. Kepengurusan Alumni

Periode 2006 – 2011

Ketua                : Achmad Sampton, S.HI.

Wakil Ketua       : Ahmad Kadarisman, S.HI.

Sekretaris          : Abdul Kadir, S.HI., M.H.

Bendahara         : Nur Fadhilah, S.HI., M.H.

 

Periode 2011 – 2015

Ketua                : Abdul Kadir, S.HI., M.H.

Wakil Ketua       : Suud Fu’adi, S.HI.

Sekretaris          : MB, Fachrurrozi, S.HI., M.H.

Bendahara         : Risman Nur Arifah, S.HI., M.H.

 

Periode 2015 – 2020

Ketua                : Abdul Kadir, S.HI., M.H.

Wakil Ketua       : Suud Fuadi, S.HI., M.EI.

Sekretaris          : MB. Fachrurrozi, S.HI., M.H.

Bendahara 1      : Risman Nur Arifah, S.HI., M.H.

Bendahara 2      : Dwi Fidhayanti, S.HI.,  M.H.

 

C. Lambang dan Makna Filosofis


 

1.   Toga melambangkan alumni Fakultas Syariah UIN Maulana Malik Ibrahim Malang adalah orang yang memiliki keluasan ilmu dan kematangan professional;

2.   Tangan kanan menunjuk ke atas melambangkan cita-cita yang tinggi dan semangat alumni untuk selalu mengabdi pada negara dan agama, serta menjunjung tinggi nilai keluhuran almamater UIN Maliki Malang;

3.   Warna hitam dalam logo melambangkan alumni harus menegakkan keadilan dan menjunjung tinggi etika dan moral;

4.   Warna hijau dalam logo melambangkan melambangkan sikap selalu mengedepankan amanah, kejujuran dan kedamaian.

 

 

D. Kartu Anggota Alumni

 

Nomor anggota ikatan alumni yang tercantum di pojok kiri kartu bermakna :

1.   Nomor 02 adalah tahun masuk Fakultas Syariah UIN Maliki Malang yang berarti tahun 2002.

2.   Nomor 0106 adalah semester ganjil dan tahun lulus, 01 artinya yudisium semester ganjil, dan 06 artinya tahun 2006.

3.   Nomor 21 adalah kode Program Studi yang dipilih yaitu Al-Ahwal Al-Syakhshiyah/Hukum Keluarga Islam.

4.   Nomor 0001 adalah nomor urut aggota berdasarkan Nomor Induk Mahasiswa.

 

E.  Nama Organisasi

Organisasi alumni ini bernama Ikatan Alumni Fakultas Syariah Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang yang disingkat IKA-FASYA UIN Maliki Malang.

F.  Struktur Pengurus IKA-FASYA

Berdasarkan Surat Keputusan Dekan Nomor: Un.3.2/KP.01.4/07/2018 tentang Pengurus Ikatan Alumni Fakultas Syariah Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang pada tanggal 2 Januari 2018 ditetapkan sebagai berikut:

Dewan Pembina

Dr. H. Saifullah, S.H., M.Hum.

Dr. H. Badruddin, M.HI.

Dr. Khoirul Hidayah, M.H.

Dr. Suwandi, M.H.

 

Pengurus Harian:

Ketua                         : Abdul Kadir, S.HI., M.H.

Wakil ketua                : Su’ud Fuadi, S.HI., M.EI.

Sekretaris                  : M.B. Fchrurozi, S.H.I., M.H.

Bendahara 1               : Risma Nur Arifah, S.H.I, M.H.

Bendahara 2               : Dwi Fidhayanti, S.HI., M.H.

 

Koordinator-Koordinator:

Angkatan 1997

:

Achmad Sampton, S.HI., M.Ag.

Abdul Ghofar A. Chan, S.HI.

Angkatan 1998

:

Dr. Husnul Yaqin, S.HI., M.HI.

Dr. Nur Fadhilah, S.HI., M.H.

Angkatan 1999

:

Teguh Setyobudi, S.HI., M.H.

Sri Hidayati, S.HI.

Angkatan 2000

:

M.B. Fachrurozi, S.H.I., M.H.

Nur Fatah, S.H.I.

Angkatan 2001

:

Dwi Hidayatul Firdaus, S.HI., M.SI.

Nur Jannani, S.HI., M.H.

Angkatan 2002

:

Musataklima, S.HI., M.SI.

Ahmad Thohir, S.HI.

Angkatan 2003

:

Miftah Sholehuddin, S.HI., M.HI.

Hj. Umi Fadilah, S.HI.

Angkatan 2004

:

Ridwan Nurdin, S.HI., M.HI.

Prayudi Rahmatullah, S.HI., M.H.

Angkatan 2005

:

Ali Kadarisman, S.HI., M.HI.

Akhmad Farroh Hasan, S.HI., M.SI.

Angkatan 2006

:

Abdul Aziz, S.HI., M.HI.

Mahbub Ainur Rofiq, S.HI., M.HI.

Angaktan 2007

:

Ramadhita, S.HI., M.HI.

Khoirul Anwar, S.HI., M.HI.

Angkatan 2008

:

Khoirul Umam, S.HI., M.HI.

 

 

Abd. Rouf, S.HI., M.HI.

Angkatan 2009

:

M. Faiq Mushaffan, S,HI., M.H.

 

 

Asna Jazilatul Chusna, S.HI., M.SI.

Angkatan 2010

:

Naghfir, S.HI., S.H., M.Kn.

G. Program Kegiatan Alumni

Dalam perkembangannya, tidak semua alumni mudah terserap oleh pasar, mengingat semakin ketatnya persaingan antar calon pekerja dan terbatasnya lapangan kerja yang tersedia. Oleh sebab itu, IKA-FASYA bekerjasama dengan fakultas secara kelembagaan untuk mempersiapkan alumninya mampu berkompetisi di pasar tenaga kerja. Adapun upaya kerjasama tersebut diwujudkan dalam beberapa hal yaitu;

1.  Menyediakan pelatihan dan pengembangan dalam mempersiapkan mahasiswa dan alumni memasuki dunia kerja, seperti pendidikan khusus provesi advokat dan pendidikan mediator, dan pelatihan fasilitator keluarga sakinah

2.  Menyediakan Layanan Konsultasi guna membantu mahasiswa/alumni dalam pengembangan karirnya.

3.  Membangun jaringan kerja dengan alumni yang sudah bekerja, yang dapat dimanfaatkan oleh alumni

4.  Fakultas Syariah dan IKA-FASYA secara kelembagaan melakukan sosialisasi kepada dunia usaha dan industri untuk mengenalkan dirinya dan kualitas lulusannya. Sehingga pada saatnya nanti perusahaan membutuhkan SDM baru, lulusan dari Fakultas Syariah dapat mengikuti proses seleksi rekrutmen Karyawan baru.

5.  Fakultas Syariah dan IKA-FASYA melakukan memorandum of understanding dengan bebarapa lembaga penyedia kerja untuk mempersiapan alumni seperti Peradi, Lembaga Peradilan, bank syariah mandiri, Kementerian Agama, dan lain-lain.

6.  Perlu menetapkan iuran anggota IKA-FASYA UIN Maliki Malang untuk kelangsungan roda organisasi. Besar iuran Rp. 50.000 – 100.000 setiap pengurus IKA-FASYA UIN Maliki Malang.

7.  Iuran wajib alumni Fakultas Syariah UIN Maulana Malik Ibrahim Malang sebesar 50.000 yang diserahkan langsung kepada bendahara IKA-FASYA atau ditransfer melalui rekening IKA-FASYA UIN Maulana Malik Ibrahim Malang.

Nilai penting dan strategis tersebut merupakan sarana untuk menjembatani antara dunia pendidikan dan dunia kerja, dalam arti memberikan pelayanan kepada para mahasiswa dan alumni yang akan memasuki lapangan kerja guna memperoleh informasi pekerjaan sesuai bakat, minat, keahlian dan keterampilannya.

 

H. Identitas Alamat (kontak) Organisasi

Alamat IKA-FASYA UIN Maliki Malang, Fakultas Syariah lantai 2 (dua) Ruang Indonesia & Islamic Family Corner, Gedung Megawati Soekarno Putri, Jalan Gajayana 50 Malang Telp/Faks. 0341-559399, 081334149080 (Ketua Alumni), 081333993833 (Sekretaris). Website: http://syariah.uin-malang.ac.id E-mail: This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it..

FAKULTAS SYARIAH

UNIVERSITAS ISLAM NEGERI MAULANA MALIK IBRAHIM MALANG
Alamat Kantor:
Gedung Megawati Soekarno Putri, Jl. Gajayana 50, Malang, Kode Pos 65144.
Telepon / Faksimile: 0341-559399
Email: This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.">This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.
Website: http://syariah.uin-malang.ac.id

Data Pengunjung 

14812228
Today
Yesterday
This Week
Last Week
This Month
Last Month
All days
11601
14678
70335
14671344
241373
359925
14812228

Your IP: 127.0.0.1
2020-01-25 21:23
#fc3424 #5835a1 #1975f2 #2fc86b #feduc9 #eef11045 #140114115202