2B2A12021611G
Al-Ahwal al-Syakhshiyah

Al Ahwal al Syakhshiyah

Konsentrasi - konsentrasi

Konsentrasi - konsentrasi Program Studi Al-Ahwal Al-Syakhshiyyah


Mengingat   luasnya   bidang   garapan   dan   peluang kerja pada Jurusan/Program Studi Al Ahwal Al Syakhshiyyah (Hukum Keluarga Islam), maka diperlukan spesifikasi ke- ilmuan yang dimiliki mahasiswa. Spesifikasi keilmuan ini bukanmerupakanpembatasanpeluangkerja, tetapiupaya untuk memberikan kompetensi yang lebih profesional ke_ pada bidang keilmuan yang diminati mahasiswa, karena se- mua mahasiswa yang memilih konsentrasi apapun masih te- tap memiliki peluang kerja yang ditawarkan pada Jurusan/ Program Studi ini.

Gunamenindaklanjutiusahadiatasdanberdasarkan Surat Keputusan RektorUniversitasIslam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang No. Un.3/PP.00.9/2656/2010, maka Jurusan/Program Studi Al Ahwal Al Syakhshiyyah (Hukum Keluarga Islam)mulaitahunakademik2011/2012membuka enam konsentrasi sebagai berikut:


1)  Konsentrasi Peradilan Agama

Penyelenggaraan Konsentrasi Peradilan Agama ini ber- tujuan untuk menghasilkan Sarjana Hukum Islam (S.HI) dan memberikan perangkat keilmuan kepada mahasiswa yangberminatuntukmenjadipraktisihukumdilingkungan peradilan agama.


2) Konsentrasi Administrasi Keperdataan Islam

Penyelenggaraan  Konsentrasi  Administrasi  Keperdataan IslaminibertujuanuntukmenghasilkanSarjanaHukum Islam(S.HI)danmemberikanperangkatkeilmuankepada mahasiswayangberminatuntukmenjaditenagaahlidan praktisi di Kantor Urusan Agama (KUA).


3)Konsentrasi Keadvokatan

Penyelenggaraan Konsentrasi Keadvokatan ini bertujuan untuk menghasilkan Sarjana Hukum Islam (S.HI) dan memberikanperangkatkeilmuankepadamahasiswayang berminat untuk menjadi advokat yang bisa berpraktek di semua lembaga peradilan.

4)  Konsentrasi Mediasi

Penyelenggaraan Konsentrasi Mediasi ini bertujuan untuk menghasilkan Sarjana Hukum Islam (S.HI) dan mem- berikan perangkat keilmuan kepada mahasiswa yang ber- minat untukmenjadi mediatordalam menyelesaikanper- karadiperadilandanperkarakonflik yangseringmelanda Indonesia.

5)  Konsentrasi Fatwa

Penyelenggaraan Konsentrasi Fatwa ini bertujuan untuk menghasilkanSarjanaHukumIslam(S.HI)danmemberikan perangkatkeilmuankepadamahasiswayangberminatun- tuk menjadi tenaga ahli pada lembaga-lembaga fatwa di Indonesia.

6)  Konsentrasi Ilmu Falak

Penyelenggaraan Konsentrasi Ilmu falak ini bertujuan untuk menghasilkan Sarjana Hukum Islam (S.HI) dan memberikan   perangkat   keilmuan   kepada   mahasiswa yang berminat untuk menjadi tenaga ahli dalam Lajnah FalakiyyahpadaKementerianAgamaRIdanlembaga-lem- baga penyelenggara hisab-rukyah di Indonesia.

 

Sejarah Program Studi al-Ahwal al-Syakhshiyah

Latar belakang didirikannya Jurusan/Program Studi Al-Ahwal Al-Syakhshiyyah Fakultas Syariah UIN Malang adalah untuk memenuhi keinginan dan harapan masyarakat akan pendidikan tinggi hukum Islam yang mampu memberi bekal pengetahuan hukum Islam, terutama hukum-hukum yang berkenaan dengan keperdataan Islam kepada para calon sarjana hukum Islam, sehingga mereka mampu menerapkan dan mengembangkan keilmuan mereka di tengah masyarakat. Fakultas Syariah UIN Malang bertujuan mencetak Ulama’ yang profesional yang berwawasan luas sehingga mampu memberi solusi terhadap problem hukum yang dihadapi masyarakat.

 

Jurusan/Program Studi Al-Ahwal Al-Syakhshiyyah UIN Malang ini didirikan berdasarkan Keputusan Direktur Jenderal Binbaga Islam No. DJ.II/56 2005 tentang Izin Penyelenggaraan Program Studi Jenjang Strata Satu (S-1) dan Diploma Dua (D-2) pada Universitas Islam Negeri Malang. Jika diruntut dari sejarah berdirinya Jurusan/Program Studi Al-Ahwal Al-Syakhshiyyah merupakan pengembangan dari Jurusan Syariah Program Studi Al-Ahwal Al-Syakhshiyyah Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Malang yang didirikan pada tahun ajaran 1997/1998 berdasarkan Keputusan Direktur Jenderal Binbaga Islam Depag RI No. E/107/Tahun 1998 tanggal 13 Mei 1998.

Adapun gelar yang diberikan untuk lulusan Program Studi Al-Ahwal Al-Syakhshiyyah ditetapkan berdasarkan Keputusan Dirjen Binbaga Islam Departemen Agama RI No. E/10/Th 2002 yang menjelaskan bahwa gelar untuk Program Studi Al-Ahwal Al-Syakhshiyyah adalah Sarjana Hukum Islam yang disingkat dengan S.H.I.

Jurusan/Program Studi Al Ahwal Al Syakhshiyyah terus meningkatkan kualitasnya, baik bidang akademik maupun administratif dan berusaha mendapatkan pengakuan baik nasional maupun internasional. Pada tingkat nasional, Jurusan Al-Ahwal Al-Syakhshiyyah telah terakreditasi A berdasarkan surat keputusan Ketua Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional Republik Indonesia nomor: 013/BAN-PT/Ak-X/S1/VI/2007. Dan pada tingkat internasional, Jurusan/Program Studi Al Ahwal Al Syakhshiyyah telah mendapat sertifikat SMM ISO 9001: 2000 yang kini ber konversi menjadi SMM ISO 9001: 2008 yang dikeluarkan oleh UKAS QUALITY MANAGEMENT United Kingdom Nomor: ID08/1219 pada tanggal 31 Desember 2008.

Visi Program Studi al-Ahwal al-Syakhshiyah

Menjadi Jurusan/Program Studi Al-Ahwal Al-Syakhshiyyah terkemuka dalam penyelenggaraan pendidikan dan pengajaran, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat untuk menghasilkan lulusan di bidang hukum keluarga Islam yang memiliki kedalaman spiritual, keagungan akhlak, keluasan ilmu dan kematangan profesional, dan menjadi pusat pengembangan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni yang bernafaskan Islam serta menjadi kekuatan penggerak masyarakat.

 

Misi Program Studi al-Ahwal al-Syakhshiyah

Misi Jurusan Al-Ahwal Al-Syakhshiyyah adalah:

  1. Mengantarkan mahasiswa memiliki kedalaman spiritual, keagungan akhlak, keluasan ilmu dan kematangan profesional.
  2. Menyelenggarakan program pendidikan yang unggul dalam ranah ilmu hukum keluarga (Al-Ahwal Al-Syakhshiyyah) dan dapat mengembangkan ketrampilan dan profesi di bidang hukum keluarga.
  3. Menyelenggarakan penelitian dan pengkajian keilmuan syariah khususnya bidang hukum keluarga (Al-Ahwal Syakhshiyyah) yang tengah berkembang di masyarakat.
  4. Menyelenggarakan pengabdian kepada masyarakat berdasarkan hasil  pembelajaran dan penelitian khususnya dalam ranah hukum keluarga, sehingga dapat meningkatkan kualitas hidup berbangsa dan bernegara.

Tujuan Pendidikan Program Studi al-Ahwal al-Syakhshiyah

Tujuan pendidikan yang dicapai Jurusan/Program Studi Al Ahwal Al Syakhshiyyah adalah:

  1. Menghasilkan sarjana hukum Islam yang memiliki kedalaman spiritual, keagungan akhlak, kematangan profesianal dan keluasan ilmu.
  2. Mewujudkan Sarjana Hukum Islam yang mampu dan terampil dalam menganalisis persoalan-persoalan Hukum Islam yang berkembang di masyarakat serta memiliki sikap proaktif dan terbuka dalam menghadapi perkembangan masyarakat.
  3. Menghasilkan sarjana yang menguasai da¬sar-dasar ilmiah sehingga mampu menemukan, memahami, menjelaskan, dan merumuskan permasalahan yang ada kaitan¬nya dengan hukum keperdataan Islam.
  4. Menghasilkan praktisi dalam bidang hukum keperdataan Islam yang memiliki keunggulan kompetitif dalam persaingan global.

Profil Lulusan Program Studi al-Ahwal al-Syakhshiyah

Profil Lulusan

 
1) Kompentensi

Kompetensi lulusan adalah kompetensi akademik yang dimiliki setiap mahasiswa yang terdiri atas kom- petensi dasar, kompetensi utama, dan kompetensi tambahan:

a)  Kompetensi Dasar

Kompetensi dasar adalah kompetensi yang wajib dimiliki oleh setiap mahasiswa sebagai dasar bagi kompetensi utama dan kompetensi tambahan, antara lain:

(1)  Memiliki pemahaman yang memadai tentang aqidah islamiyah.

(2)  Berkomitmen tinggi untuk mengamalkan ilmu- ilmu syariah dalam lingkup kehidupan.

(3)  Menjadikanakhlakulkarimahsebagaikeutaman dalam perbuatan sehari-hari.

b)  Kompetensi Utama

Kompetensi utama adalah kompetensi yang dimilikioleh setiaplulusan sesudahmenyelesaikan pendidikannya di Jurusan/Program Studi Al Ahwal Al Syakhshiyyah:

(1)  Memiliki    pengetahuan      secara     komprehensip tentanghukumIslam,terutamaterkaitdenganhu- kum keperdataan Islam mencakup bidang hukum perkawinan, kewarisan, zakat dan wakaf.

(2)  Memiliki pemahaman yang komprehensif tentang keluarga sakinah.

(3)Memiliki sikap ilmiah yang tinggi untuk meng- amalkan dan mengembangkan keilmuan syariah.

c)  Kompetensi Tambahan

Kompetensi tambahan adalah kompetansi di luar  kompetensi  dasar  dan  kompetensi  utama  yang ditetapkanolehjurusansebagaikelengkapanlulusan untuk mendukung profesinya.

(1)  Mampumengamalkanketentuanhukumkeluarga islami dalam kehidupan.

(2)  Berjiwa   kepemimpinan   yang   memadai   dalam dunia kerja sesuai dengan kompetensinya.

(3)  Memiliki kemampuan mengembangkan diri melalui ketrampilan kewirausahaan (entrepreneurship).

2) Profesi

         Lulusan Jurusan AlAhwal AlSyakhshiyyah berpeluang untuk memiliki profesi utama sebagai hakim dan berpeluang memiliki profesi tambahan sesuai dengan konsentrasi yang dipilih, yaitu sebagai praktisi hukum di lingkup Peradilan Agama (panitera, juru sita, dan tenaga administrasi); Tenaga Ahli dan Administrasi di KUA; Advokat;Mediator;TenagaAhlipadaLembagaFatwa;atau Tenaga Ahli Hisab-Rukyah). Selain itu, lulusan Jurusan/ Program Studi Al Ahwal Al Syakhshiyyah juga memiliki peluang untuk menjadi staf ahli di Mahkamah Konstitusi (MK) dan Praktisi Perbankan Syariah.

 

Kurikulum Program Studi Al-Ahwal Al-Syakhshiyyah

 

Kurikulum Jurusan/Program Studi Al Ahwal Al Syakh- shiyyah (Hukum Keluarga Islam) merupakan seperangkat matakuliahyang dikembangkanolehJurusan/ProgramStudi untukmemberikanbekal kepada mahasiswa meraih kom- petensi utamanya sebagai hakim Peradilan Agama. Selain untuk meraih kompetensi utama, matakuliah tersebut juga ditujukan untuk memberikan bekal kepada mahasiswa yang ingin meraih kompetensi tambahan sesuai dengan minat me- reka masing-masing seperti: hakim professional, pegawai KUA, mediator, advokat, mufti, dan ahli falak dengan memilih konsentrasi yang diinginkan.

             Secara keseluruhan, Matakuliah yang ditawarkan di Jurusan/Program Studi Al Ahwal Al Syakhshiyyah (Hukum KeluargaIslam)berjumlah78Matakuliahyangsetaradengan 168  SKS,  namun  SKS  yang  wajib  diambil  oleh  mahasiswa untuk memperoleh gelar sarjana berjumlah 160SKS atau 74 Matakuliah dengan perincian sebagai berikut:

             

NO

 

KELOMPOK MATAKULIAH

TOTAL MK

TOTAL SKS

 

1

Komponen Matakuliah Universitas

/Matakuliah Pengembangan

Kepribadian Ulul Albab

 

21

 

40

 

2

Komponen Matakuliah Fakultas

/Matakuliah Keilmuan dan

Ketrampilan

 

20

 

42

 

3

Komponen Matakuliah Jurusan / Matakuliah Keahlian Berkarya

 

23

 

50

 

4

Komponen Matakuliah Konsentrasi

/Matakuliah Perilaku Berkarya

 

8

 

16

 

5

Komponen Matakuliah Pilihan

/Matakuliah Berkehidupan

Bermasyarakat

 

10(6)

 

20(12)

 

JUMLAH

 

78(74)

168 (160)

 

             Matakuliah pilihan terdiri dari dua macam, yaitu: mata kuliah pilihan konsentrasi dan mata kuliah pilihan jurusan.  Mata kuliah pilihan konsentrasi berjumlah 112 SKS dan yang wajib diambil oleh mahasiswa adalah 16 SKS sesuai dengan konsentrasi yang dipilih. Sedangkan matakuliah jurusan ber- jumlah 20 SKS dan yang wajib diambil oleh mahasiswa ber- jumlah 12 SKS.

            Struktur Kurikulum Jurusan/Program Studi Al-Ahwal Al-Syakhshiyyah(HukumKeluargaIslam)disesuaikandengan SK.MendiknasNo.232/U/2000PerihalPedomanPenyusunan Kurikulum Pendidikan Tinggi dan Penilaian Hasil Belajar Ma- hasiswa yang terdiri dari:


1)  MatakuliahPengembanganKepribadian(MPK)UlulAlbab yang merupakan Matakuliah Universitas.

2)  MatakuliahKeilmuandanKeterampilan(MKK)yangme- rupakan Matakuliah Fakultas.

3)  Matakuliah  Keahlian  Berkarya  (MKB)  yang  merupakan Matakuliah Jurus.

4)  Matakuliah  Perilaku  Berkarya  (MPB)  yang  merupakan Matakuliah Konsentrasi.

5)  MatakuliahBerkehidupanBermasyarakat(MBB)yangme- rupakan Matakuliah pilihan.

 

1)Mata Kuliah Pengembangan Kepribadian Ulul Albab

 (MKK)/Mata Kuliah Universitas

 

 

NO

KODE MK

MATAKULIAH

SKS

1

1121101

FilsafatPancasila

3

2

1121102

BahasaIndonesia

2

3

1121103

BahasaInggrisI

3

4

1121104

BahasaInggrisII

3

5

1121105

IlmuAlamiahDasar

2

6

1121107

Pengantar Filsafat Ilmu

2

7

1121108

StudiAl-Qur’an

2

8

1121109

StudiAl-Hadits

2

9

1121110

StudiFiqh

2

10

1121111

Tasawuf

2

11

1121112

SejarahPeradabanIslam

2

12

1121113

TeologiIslam

2

13

1121114

BahasaArab(Maharatal-IstimaI)

1

14

1121115

BahasaArab(Maharatal-KalamI)

2

15

1121116

BahasaArab(Maharatal-Qira’ahI)

2

16

1121117

BahasaArab(Maharatal-KitabahI)

1

17

1121118

BahasaArab(Maharatal-IstimaII)

1

18

1121119

BahasaArab(Maharatal-KalamII)

1

19

1121120

BahasaArab(Maharatal-Qira’ahII)

2

20

1121121

BahasaArab(Maharatal-KitabahII)

2

21

1121122

TarbiyahUlulAlbab

1

JUMLAHSKS

40

 

2)MatakuliahKeilmuanDanKetrampilan(MKK)/Mata

 Kuliah Fakultas

 

 

NO

KODE

MATAKULIAH

SKS

1

1121201

UlumAl Qur’an

2

2

1121202

UlumAl Hadits

2

3

1121203

Ushulal-Fiqh I

3

4

1121204

Ushulal-Fiqh II

3

5

1121205

FiqhIbadah

2

6

1121206

FiqhMuamalah

2

7

1121207

Tarikh Al Tasyri’

2

8

1121208

Syariah dan HAM

2

9

1121209

Pengantar Ilmu Hukum

2

10

1121210

Hukum Pidana

2

11

1121211

Hukum Perdata

2

12

1121212

Filsafat Hukum Islam

2

13

1121213

SosiologiHukum

2

14

1121214

Metodologi Penelitian

2

15

1121215

Metodologi Penelitian Hukum

2

16

1121216

Pengantar Tata Hukum Indonesia

2

17

1121217

Hukum Tata Negara

2

 

18

 

1121218

Perkemb. Pemikiran Modern Hukum

Islam

 

2

19

1121219

Statistik

2

20

1121220

Al-Qawaid Al-Fiqhiyyah

2

JUMLAH

42

 

3)  MatakuliahKeahlianBerkarya(MKB)/MataKuliahJurusan

 HukumKeluargaIslam(AlAhwalAl Syakhshiyyah)


 

NO

KODE

MATAKULIAH

SKS

1

1121301

FiqhMunakahah

3

2

1121302

Tafsir al-Ahkam

2

 

 

3

1121303

Haditsal-Ahkam

2

4

1121304

Psikologi Keluarga

2

5

1121305

Hukum Agraria

2

6

1121306

Hukum Perdata Islam di Indonesia

3

7

1121307

IlmuFalak

3

8

1121308

Fatwa Dan Yurisprudensi

2

9

1121309

Sejarah Peradilan Islam

2

10

1121310

Peradilan Agama Islam di Indonesia

3

 

11

 

1121311

Hukum Acara Perdata & Perad.

Agama

 

3

12

1121312

Al-MasailAl-Fiqhiyyah

2

13

1121313

FiqhMawaris

3

 

14

 

1121314

Fiqhdan Manajemen Wakaf di

Indonesia

 

2

 

15

 

1121315

Fikihdan Manajemen Zakat di

Indonesia

 

2

16

1121316

Praktek Kemahiran Hukum

2

17

1121317

Praktikum Qira’a al-Kutub

2

18

1121318

Praktik Kerja Lapangan Integratif

4

19

1121319

Reading Text I

0/3

20

1121320

Reading Text II

0/3

21

1121321

SeminarProposal Skripsi

0

22

1121322

UjianKomprehensif

0

23

1121323

Skripsi

6

JUMLAH

50






4)Matakuliah  Perilaku  Berkarya  (MPB)/Mata  Kuliah

       Konsentrasi dan International Class Program

      a)  Konsentrasi Peradilan Agama

 

 

NO

KODE

MATAKULIAH

SKS

1

1121410

Hukum Ekonomi Syari’ah

2

 

2

 

1121411

Peradilan Agama di Negara-

negara Muslim

 

2

3

1121412

FiqhMawaris II

2

 

4

 

1121413

Hukum    Keluarga    di    Negara-

negara Muslim

 

2

5

1121414

Penyelesaian Sengketa di PA

2

6

1121415

Administrasi Peradilan Agama

2

 

7

 

1121416

Hukum     Perdata      Islam      di

IndonesiaII

 

2

 

8

 

1121417

Praktikum        Hukum       Acara

Peradilan Agama

 

2

JUMLAH

16

 

 


        b)Konsentrasi Administrasi Keperdataan Islam


       

 

NO

KODE

MATAKULIAH

SKS

 

1

 

1121420

Manajemendan Administrasi

ZISWAF

 

2

 

2

 

1121421

Manajemendan Administrasi

KUA

 

2

3

1121422

ManajemenKeluarga Sakinah

2

 

4

 

1121423

Pengelolaan ZISWAF di berbagai

Negara

 

2

 

5

 

1121424

Pembinaan Kerukunan Umat

Beragama

 

2

 

6

 

1121425

Tradisi    Perkawinan    Adat     di

Indonesia

 

2

7

1121426

Konseling Keluarga Sakinah

2

8

1121427

Praktikum Ke-KUA-an

2

JUMLAH

16


      c)  Konsentrasi Advokat

 

 

NO

KODE

MATAKULIAH

SKS

 

1

 

1121430

Hukum Acara Arbitrase dan

Alternative Dispute Resolution

 

2

2

1121431

Kode Etik Advokat Indonesia

2

 

3

 

1121432

Hukum Acara Peradilan Tata

UsahaNegara

 

2

4

1121433

Hukum Acara Pidana

2

5

1121434

Hukum Acara Peradilan Niaga

2

 

6

 

1121435

Hukum Acara Mahkamah

Konstitusi

 

2

7

1121436

Peradilan HAM

2

8

1121437

Praktikum Advokasi

2

JUMLAH

16



d)Konsentrasi Mediasi

 

 

NO

KODE

MATAKULIAH

SKS

1

1121440

Kekerasan Komunal di Indonesia

2

2

1121441

Alternatif Penyelesaian Sengketa

2

3

1121442

Psikologi Keluarga II

2

4

1121443

ManajemenKonflik

2

5

1121444

MediasiIslam

2

6

1121445

Regulasi dan Tradisi Mediasi

2

7

1121446

MediasiEkonomi Syari’ah

2

8

1121447

Praktikum Mediasi

2

JUMLAH

16

 


e)  Konsentrasi Fatwa

 

 

NO

KODE

MATAKULIAH

SKS

1

1121450

UshulFiqh III

2

2

1121451

Qawa’id al-Fiqhiyyah II

2

3

1121452

Sosiologidan Politik Fatwa

2

4

1121453

Perbandingan Mazhab

2

5

1121454

Lembaga Fatwa di Indonesia

2

6

1121455

Fatwa di Negara-negara Muslim

2

7

1121456

Masa’il al-Fiqhiyyah II

2

8

1121457

Praktikum Fatwa

2

JUMLAH

16

 


f)  Konsentrasi Ilmu Falak


 

NO

KODE

MATAKULIAH

SKS

1

1121460

IlmuAstronomi

2

2

1121461

Matematika Falak

2

3

1121462

IlmuFalak II

2

4

1121463

FiqhHisab Rukyat

2

 

5

 

1121464

Kajian  Falak di Negara-negara

Muslim

 

2

6

1121465

Sistem Penanggalan di Indonesia

2

7

1121466

Teknologi Hisab Rukyah

2

8

1121467

Praktikum Hisab Rukyah

2

JUMLAH

16

 

g)  International Class Program

 

 

NO

KODE

MATAKULIAH

SKS

 

1

 

1121470

Peradilan Agama di Negara-

negara Muslim

 

2

 

2

 

1121471

Hukum Keluarga di Negara-

negara Muslim

 

2

3

1121472

Peradilan HAM Internasional

2

 

4

 

1121473

KajianFalak di Negara-negara

Muslim

 

2

5

1121474

Hukum Perdata Internasional

2

6

1121475

Fatwa di Negara-negara Muslim

2

7

1121476

Hukum Pidana Internasional

2

 

8

 

1121477

Praktikum Peradilan (Moot

Court)

 

2

JUMLAH

16



5)Matakuliah   Berkehidupan   Bermasyarakat   (MBB)/ Matakuliah Pilihan

 

 

NO

KODE

MATAKULIAH

SKS

1

1121500

IlmuManajemen

2

2

1121501

Hukum Administrasi Negara

2

3

1121502

Atropologi Hukum

2

4

1121503

Teori dan Teknik Perancangan UU

2

5

1121504

Entrepreneurship

2

6

1121505

Peradilan Anak

2

7

1121506

Peradilan Pajak

2

8

1121507

Peradilan Militer

2

9

1121508

StudiNaskah Hukum Islam

2

 

10

 

1121509

Fiqh     dan    Manajemen    Haji     di

Indonesia

 

2

JUMLAH

20

Keterangan : Untuk matakuliahBerkehidupan Bermasyarakat

(MBB)atau Komponen Matakuliah Pilihan wajib diambil 12 SKS atau 6 matakuliah.






 

 

 

 

 

FAKULTAS SYARIAH

UNIVERSITAS ISLAM NEGERI MAULANA MALIK IBRAHIM MALANG
Alamat Kantor:
Gedung Megawati Soekarno Putri, Jl. Gajayana 50, Malang, Kode Pos 65144.
Telepon / Faksimile: 0341-559399
Email: This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.">This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.
Website: http://syariah.uin-malang.ac.id

Data Pengunjung 

6124309
Today
Yesterday
This Week
Last Week
This Month
Last Month
All days
6992
6250
47685
6030083
176466
198119
6124309

Your IP: 127.0.0.1
2017-05-27 17:25
#fc3424 #5835a1 #1975f2 #2fc86b #feduc9 #eef11045 #140114115202