Al-Ahwal al-Syakhshiyah

Al Ahwal al Syakhshiyah

Konsentrasi - konsentrasi

Konsentrasi - konsentrasi Program Studi Al-Ahwal Al-Syakhshiyyah


Mengingat   luasnya   bidang   garapan   dan   peluang kerja pada Jurusan/Program Studi Al Ahwal Al Syakhshiyyah (Hukum Keluarga Islam), maka diperlukan spesifikasi ke- ilmuan yang dimiliki mahasiswa. Spesifikasi keilmuan ini bukanmerupakanpembatasanpeluangkerja, tetapiupaya untuk memberikan kompetensi yang lebih profesional ke_ pada bidang keilmuan yang diminati mahasiswa, karena se- mua mahasiswa yang memilih konsentrasi apapun masih te- tap memiliki peluang kerja yang ditawarkan pada Jurusan/ Program Studi ini.

Gunamenindaklanjutiusahadiatasdanberdasarkan Surat Keputusan RektorUniversitasIslam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang No. Un.3/PP.00.9/2656/2010, maka Jurusan/Program Studi Al Ahwal Al Syakhshiyyah (Hukum Keluarga Islam)mulaitahunakademik2011/2012membuka enam konsentrasi sebagai berikut:


1)  Konsentrasi Peradilan Agama

Penyelenggaraan Konsentrasi Peradilan Agama ini ber- tujuan untuk menghasilkan Sarjana Hukum Islam (S.HI) dan memberikan perangkat keilmuan kepada mahasiswa yangberminatuntukmenjadipraktisihukumdilingkungan peradilan agama.


2) Konsentrasi Administrasi Keperdataan Islam

Penyelenggaraan  Konsentrasi  Administrasi  Keperdataan IslaminibertujuanuntukmenghasilkanSarjanaHukum Islam(S.HI)danmemberikanperangkatkeilmuankepada mahasiswayangberminatuntukmenjaditenagaahlidan praktisi di Kantor Urusan Agama (KUA).


3)Konsentrasi Keadvokatan

Penyelenggaraan Konsentrasi Keadvokatan ini bertujuan untuk menghasilkan Sarjana Hukum Islam (S.HI) dan memberikanperangkatkeilmuankepadamahasiswayang berminat untuk menjadi advokat yang bisa berpraktek di semua lembaga peradilan.

4)  Konsentrasi Mediasi

Penyelenggaraan Konsentrasi Mediasi ini bertujuan untuk menghasilkan Sarjana Hukum Islam (S.HI) dan mem- berikan perangkat keilmuan kepada mahasiswa yang ber- minat untukmenjadi mediatordalam menyelesaikanper- karadiperadilandanperkarakonflik yangseringmelanda Indonesia.

5)  Konsentrasi Fatwa

Penyelenggaraan Konsentrasi Fatwa ini bertujuan untuk menghasilkanSarjanaHukumIslam(S.HI)danmemberikan perangkatkeilmuankepadamahasiswayangberminatun- tuk menjadi tenaga ahli pada lembaga-lembaga fatwa di Indonesia.

6)  Konsentrasi Ilmu Falak

Penyelenggaraan Konsentrasi Ilmu falak ini bertujuan untuk menghasilkan Sarjana Hukum Islam (S.HI) dan memberikan   perangkat   keilmuan   kepada   mahasiswa yang berminat untuk menjadi tenaga ahli dalam Lajnah FalakiyyahpadaKementerianAgamaRIdanlembaga-lem- baga penyelenggara hisab-rukyah di Indonesia.

 

Sejarah Program Studi al-Ahwal al-Syakhshiyah

Latar belakang didirikannya Jurusan/Program Studi Al-Ahwal Al-Syakhshiyyah Fakultas Syariah UIN Malang adalah untuk memenuhi keinginan dan harapan masyarakat akan pendidikan tinggi hukum Islam yang mampu memberi bekal pengetahuan hukum Islam, terutama hukum-hukum yang berkenaan dengan keperdataan Islam kepada para calon sarjana hukum Islam, sehingga mereka mampu menerapkan dan mengembangkan keilmuan mereka di tengah masyarakat. Fakultas Syariah UIN Malang bertujuan mencetak Ulama’ yang profesional yang berwawasan luas sehingga mampu memberi solusi terhadap problem hukum yang dihadapi masyarakat.

 

Jurusan/Program Studi Al-Ahwal Al-Syakhshiyyah UIN Malang ini didirikan berdasarkan Keputusan Direktur Jenderal Binbaga Islam No. DJ.II/56 2005 tentang Izin Penyelenggaraan Program Studi Jenjang Strata Satu (S-1) dan Diploma Dua (D-2) pada Universitas Islam Negeri Malang. Jika diruntut dari sejarah berdirinya Jurusan/Program Studi Al-Ahwal Al-Syakhshiyyah merupakan pengembangan dari Jurusan Syariah Program Studi Al-Ahwal Al-Syakhshiyyah Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Malang yang didirikan pada tahun ajaran 1997/1998 berdasarkan Keputusan Direktur Jenderal Binbaga Islam Depag RI No. E/107/Tahun 1998 tanggal 13 Mei 1998.

Adapun gelar yang diberikan untuk lulusan Program Studi Al-Ahwal Al-Syakhshiyyah ditetapkan berdasarkan Keputusan Dirjen Binbaga Islam Departemen Agama RI No. E/10/Th 2002 yang menjelaskan bahwa gelar untuk Program Studi Al-Ahwal Al-Syakhshiyyah adalah Sarjana Hukum Islam yang disingkat dengan S.H.I.

Jurusan/Program Studi Al Ahwal Al Syakhshiyyah terus meningkatkan kualitasnya, baik bidang akademik maupun administratif dan berusaha mendapatkan pengakuan baik nasional maupun internasional. Pada tingkat nasional, Jurusan Al-Ahwal Al-Syakhshiyyah telah terakreditasi A berdasarkan surat keputusan Ketua Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional Republik Indonesia nomor: 013/BAN-PT/Ak-X/S1/VI/2007. Dan pada tingkat internasional, Jurusan/Program Studi Al Ahwal Al Syakhshiyyah telah mendapat sertifikat SMM ISO 9001: 2000 yang kini ber konversi menjadi SMM ISO 9001: 2008 yang dikeluarkan oleh UKAS QUALITY MANAGEMENT United Kingdom Nomor: ID08/1219 pada tanggal 31 Desember 2008.

Visi Program Studi al-Ahwal al-Syakhshiyah

Menjadi Jurusan/Program Studi Al-Ahwal Al-Syakhshiyyah terkemuka dalam penyelenggaraan pendidikan dan pengajaran, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat untuk menghasilkan lulusan di bidang hukum keluarga Islam yang memiliki kedalaman spiritual, keagungan akhlak, keluasan ilmu dan kematangan profesional, dan menjadi pusat pengembangan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni yang bernafaskan Islam serta menjadi kekuatan penggerak masyarakat.

 

FAKULTAS SYARIAH

UNIVERSITAS ISLAM NEGERI MAULANA MALIK IBRAHIM MALANG
Alamat Kantor:
Gedung Megawati Soekarno Putri, Jl. Gajayana 50, Malang, Kode Pos 65144.
Telepon / Faksimile: 0341-559399
Email: This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.">This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.
Website: http://syariah.uin-malang.ac.id

Data Pengunjung 

14811488
Today
Yesterday
This Week
Last Week
This Month
Last Month
All days
10861
14678
69595
14671344
240633
359925
14811488

Your IP: 127.0.0.1
2020-01-25 19:20
#fc3424 #5835a1 #1975f2 #2fc86b #feduc9 #eef11045 #140114115202