Struktur Organisasi

Struktur Organisasi Fakultas

 

 Untuk mendukung kegiatan akademik, Fakultas Syari’ah memiliki organisasi berikut:

1. Senat Fakultas

2. Pimpinan Fakultas

 a. Dekan

 b. Pembantu Dekan

3. Bagian Keuangan dan Perencanaan

 a. Pejabat Pembuat Komitmen (PPK)

b. Bendahara

c. Akuntan

d. Staf Perencanaan

4. Pimpinan Jurusan;

 a. Ketua Jurusan

 b. Sekretaris Jurusan

 c. Staf Jurusan

5. Unit-Unit Penunjang Akademik:

 a. Laboratorium Turatst dan Takhfidz (LT2)

 b. Laboratorium Hukum

 c. Laboratorium Falak dan Komputer

 d. Laboratorium Pengembangan Kajian Syariah

 e. Pusat Penjaminan Mutu (PPM)

 f. International Class Program (ICP)

 g. Laboratorium Multimedia dan Studi Islam

 h. Laboratorium Keluarga Sakinah

 i. Laboratorium Komputer dan Pengembangan IT

 6. Lembaga Semi Otonom yaitu Unit Konsultasi & Advokasi Hukum:

 a. Divisi Maliki Mediasi Center (M2C)

 b. Divisi Asosiasi Pengacara Syariah Indonesia (APSI)

 c. Divisi Badan Konseling Keluarga Sakinah (BK2S)

 7. Organisasi Alumni dan Profesi;

 a. Ikatan Alumni

 b. HISSI

 c. ADSI

 8. Bagian Tenaga Kependidikan dan Tata Usaha:

 a. Subbag Umum dan Kepegawaian

 b. Sub-bag Akademik dan Kemahasiswaan

Perencanaan Fakultas

Perencanaan Fakultas

 Tugas:

a.      Koordinasi dan penyiapan perencanaan

b.      Koordinasi dan penyiapan penyusunan rencana, program dan anggaran

c.       Koordinasi dan penyiapan penyusunan laporan pelaksanaan rencana, program dan anggaran.

d.      Menyusun dan menyiapkan data rencana bisnis anggaran Fakultas Syariah

e.      Menyusun RKA-K/L Fakultas

f.       Menyusun POK Fakultas

g.      Menyusun laporan realisasi anggaran berkala triwulan

h.      Menyusun rencana kinerja tahunan (RKT) Fakultas Syariah

i.        Menyusun laporan akuntabilitas kinerja

Administrasi Umum

Administrasi Umum

Tugas:

a.      Mencatat semua barang yang ada di ruangan

b.      Menyiapkan dan menginstal program SIMAK

c.       Menyiapkan berkas perolehan barang

d.      Entri data SIMAK BMN

e.      Memasang DIR

f.       Menyimpan dan mendata barang dalam ruangan

g.      Mencatat permintaan barang

h.      Mencetak laporan barang persediaan dan melaporkan ke kantor pusat

i.        Melayani pengajuan legalisir ijazah

j.        Membayar pajak, telepon, dan internet pada setiap bulan

k.       Menyiapkan ruang rapat

l.        Mencatat surat masuk dan keluar

m.     Mendistribusikan surat keluar

n.      Merekap presensi dosen dan pegawai

o.      Membantu Kabag Umum dalam proses pemberkasan kenaikan pangkat

p.      Menata ruang untuk ujian proposal dan skripsi

q.      Mendistribusikan hasil ujian

r.       Menyiapkan konsumsi rapat

Kepala Sub Bagian Umum

 Kepala Sub Bagian Umum

Tugas:

a.       Mencatat barang milik Negara dan mengentry data SIMAK BMN.

b.       Mencatat barang ATK dan mengentry hasil rekap dalam SIMAK UAPM

c.        Mencatat barang habis pakai selain ATK.

d.       Mencatat jenis dan jumlah barang masuk.

e.       Mencatat jenis dan jumlah barang yang digunakan.

f.        Melakukan perawatan terhadap barang yang rusak.

g.       Melayani pengajuan kenaikan pangkat.

h.       Membuat DP3 dosen dan tenaga kependidikan.

i.         Membuat izin cuti dosen dan tenaga kependidikan.

j.         Semua barang milik Negara, baik barang habis pakai maupun tidak tercatat dalam file yang tersimpan di dalam odner (arsip).

 

Tugas dan Fungsi Senat Fakultas

Tugas dan Fungsi Senat Fakultas

  1. Senat Fakultas merupakan badan normatif dan perwakilan tertinggi di tingkat Fakultas yang memiliki wewenang untuk menjabarkan kebijakan dan peraturan universitas untuk Fakultas yang bersangkutan.
  2. Senat Fakultas terdiri dari pimpinan fakultas, ketua jurusan/ program studi dan wakil dosen.
  3. Jumlah wakil dosen sekurang kurangnya 1 (satu) orang setiap jurusan.
  4. Unsur wakil dosen pada keanggotaan Senat Fakultas tidak boleh diduduki oleh mereka yang menduduki jabatan.
  5. Masa jabatan anggota senat dari unsur wakil dosen dan unsur lain adalah 4 (empat) tahun.
  6. Pemilihan wakil dosen dilakukan dengan pemilihan langsung oleh seluruh dosen biasa pada Fakultas yang bersangkutan.
  7. Pengambilan keputusan dalam rapat Senat Fakultas dilakukan melalui musyawarah-mufakat atau melalui pemungutan suara.
  8. Senat fakultas bersidang sekurang-kurangnya 2 (dua) kali dalam setahun.
  9. Senat Fakultas diketuai oleh Dekan, didampingi oleh seorang Sekretaris yang dipilih di antara para anggota Senat Fakultas.
  10. Dalam melaksanakan tugasnya, Senat Fakultas dapat membentuk komisi-komisi yang beranggotakan anggota Senat Fakultas dan bila dianggap perlu ditambah anggota lain.
  11. Senat Fakultas mempunyai tugas:
    1. Merumuskan dan memberikan pertimbangan teknis terhadap pelaksanaan kebijakan akademik dan pengembangan Fakultas, termasuk akreditasi internal Fakultas dalam hal pembukaan dan/atau penutupan Jurusan/Program Studi yang telah ditetapkan Senat Fakultas;
    2. Merumuskan dan memberikan pertimbangan teknis terhadap pelaksanaan kebijakan penilaian prestasi akademik dan kecakapan serta kepribadian sivitas akademika;
    3. Merumuskan dan memberikan pertimbangan teknis pelaksanaan rumusan norma dan tolok ukur penyelenggaraan Fakultas;
    4. Memberikan pertimbangan dan persetujuan atas Rencana Anggaran Pendapatan dan Belanja Fakultas yang diajukan oleh Dekan;
    5. Menilai pertanggungjawaban Dekan atas pelaksanaan kebijakan yang ditetapkan;
    6. Memberikan pertimbangan kepada Dekan mengenai calon yang diusulkan untuk diangkat menjadi Dekan, Pembantu Dekan, Ketua Jurusan/ Program Studi;

Bagian Keuangan dan Perencanaan

Bagian Keuangan dan Perencanaan

a. Pejabat Pembuat Komitmen (PPK)

 Tugas :

a) Menetapkan rencana pelaksanaan pengadaan barang/jasa, yang meliputi spesifikasi. Teknis barang/jasa, harga perkiraan sendiri, dan rancangan kontrak.

b) Menerbitkan surat penujukan penyedia barang/ jasa.

c) Menandatangani kontrak.

d) Melaksanakan kontrak dengan penyedia barang/jasa.

e) Mengendalikan pelaksanaan kontrak.

f) Melaporkan pelaksanaan/penyelesaian barang/jasa kepada KPA.

g) Menyerahkan hasil pekerjaan pengadaan barang/jasa kepada KPA dengan berita acara penyerahan.

h) Melaporkan kemajuan pekerjaan termasuk penyerapan anggaran dan hambatan. Pelaksanaan pekerjaan kepada KPA setiap triwulan.

i) Menyimpan dan menjaga keutuhan seluruh dokumen pelaksanaan pengadaan barang/jasa

 b. Bendahara

 Tugas :

a) Merecanakan pengeluaran harian dan mingguan.

b) Mengajukan penarikan anggaran mingguan, perbulan, tri wulan, dan tahunan.

c) Melakukan transaksi harian atas belanja operasional kantor, belanja gaji dan. Tunjangan pegawai kontra, asisten laboratorium, dan intensif unit-unit.

d) Merancang transaksi kebutuhan belanja penyedia barang dan jasa lainnya terkait. dengan kegiatan akademik dan kemahasiswaan atas belanja honor.

 

e) Merancang belanja modal, ATK, bahan dalam ajuan pencairan dengan metode LS.

f) Mencatat semua transaksi ke dalam BKU, buku kas tunai, buku pembantu dan buku pajak.

g) Menyusun semua transaksi untuk diajukan SPj ke bagian keuangan, dan melakukan pencairan ke Bank.

h) Mendistribusikan anggaran yang sudah cair sesuai pos masing-masing.

i) membayarkan pajak atas honor dan belanja.

j) mendokumentasikan semua laporan keuangan.

k) mencatat laporan keuangan ke dalam laporan realisasi anggaran.

Struktur Organisasi

Struktur Organisasi Fakultas

 

 

 

Untuk mendukung kegiatan akademik, Fakultas Syariah memiliki struktur organisasi berikut:

1.       Senat Fakultas

2.       Pimpinan Fakultas

a.       Dekan

b.       Wakil Dekan

3.       Pimpinan Jurusan;

a.       Ketua Jurusan

b.       Sekretaris Jurusan

c.       Staf Jurusan

4.       Laboratorium Penunjang Akademik:

a.       Laboratorium Pengembangan Kajian Syariah

b.       Laboratorium Komputer dan Pengembangan IT

c.       Laboratorium Konsultasi dan Bantuan Hukum

(1)      Divisi Maliki Mediasi Center (M2C)

(2)      Divisi Asosiasi Pengacara Syariah Indonesia (APSI)

(3)      Divisi Biro Konsultasi Keluarga Sakinah (BK2S)

(4)     Divisi Lembaga Konsultasi Bantuan Hukum (LKBH)

(5)      Divisi Praktik dan Pelatihan Kemahiran Hukum

d.       Laboratorium Multimedia dan Studi Islam

e.       Laboratorium Pengembangan Kelas Internasional

f.        Laboratorium Turats dan Tahfidz

g.       Laboratorium Falak

h.       Laboratorium Penjaminan Mutu

5.       Organisasi Profesi dan Alumni;

a.     Malaysia Indonesia Law School Network (MALINDO LSN)

b.    Himpunan Ilmuwan dan Sarjana Syariah Indonesia (HISSI)

c.     Asosiasi Dosen Syariah Indonesia (ADSI)

d.    Ikatan Alumni Fakultas Syariah (IKAFASYA)

6.       Bagian Tenaga Kependidikan dan Tata Usaha:

a.    Sub Bagian Perencanaan dan Akutansi

b.    Sub Bagian Akademik dan Kemahasiswaan

 

FAKULTAS SYARIAH

UNIVERSITAS ISLAM NEGERI MAULANA MALIK IBRAHIM MALANG
Alamat Kantor:
Gedung Megawati Soekarno Putri, Jl. Gajayana 50, Malang, Kode Pos 65144.
Telepon / Faksimile: 0341-559399
Email: This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.
Website: http://syariah.uin-malang.ac.id

Data Pengunjung 

16711087
Today
Yesterday
This Week
Last Week
This Month
Last Month
All days
7599
10277
35060
16616488
43188
322876
16711087

Your IP: 127.0.0.1
2020-08-05 22:48
#fc3424 #5835a1 #1975f2 #2fc86b #feduc9 #eef11045 #140114115202