Untitled-1Untitled-2Untitled-3

Struktur Organisasi

Struktur Organisasi Fakultas

 

 Untuk mendukung kegiatan akademik, Fakultas Syari’ah memiliki organisasi berikut:

1. Senat Fakultas

2. Pimpinan Fakultas

 a. Dekan

 b. Pembantu Dekan

3. Bagian Keuangan dan Perencanaan

 a. Pejabat Pembuat Komitmen (PPK)

b. Bendahara

c. Akuntan

d. Staf Perencanaan

4. Pimpinan Jurusan;

 a. Ketua Jurusan

 b. Sekretaris Jurusan

 c. Staf Jurusan

5. Unit-Unit Penunjang Akademik:

 a. Laboratorium Turatst dan Takhfidz (LT2)

 b. Laboratorium Hukum

 c. Laboratorium Falak dan Komputer

 d. Laboratorium Pengembangan Kajian Syariah

 e. Pusat Penjaminan Mutu (PPM)

 f. International Class Program (ICP)

 g. Laboratorium Multimedia dan Studi Islam

 h. Laboratorium Keluarga Sakinah

 i. Laboratorium Komputer dan Pengembangan IT

 6. Lembaga Semi Otonom yaitu Unit Konsultasi & Advokasi Hukum:

 a. Divisi Maliki Mediasi Center (M2C)

 b. Divisi Asosiasi Pengacara Syariah Indonesia (APSI)

 c. Divisi Badan Konseling Keluarga Sakinah (BK2S)

 7. Organisasi Alumni dan Profesi;

 a. Ikatan Alumni

 b. HISSI

 c. ADSI

 8. Bagian Tenaga Kependidikan dan Tata Usaha:

 a. Subbag Umum dan Kepegawaian

 b. Sub-bag Akademik dan Kemahasiswaan

Tugas dan Wewenang Dekanat

A.      Dekan

Tugas:

a.       Membuat rencana pengembangan Fakultas;

b.       Menjamin pelaksanaan pendidikan, pengajaran, dan pelayanan serta pembinaan kepada mahasiswa;

c.       Mengarahkan keilmuan dosen melalui kegiatan penelitian dan pengabdian masyarakat;

d.       Membina karier dosen dan staf administrasi;

e.       Menandatangani dan mengesahkan dokumen-dokumen dan laporan sesuai dengan prosedur yang berlaku.

Kewenangan:

a.       Memberi petunjuk dan bimbingan tentang pelaksanaan pendidikan, pengajaran, dan pelayanan mahasiswa kepada Pembantu Dekan bidang akademik;

b.       Memberi petunjuk dan bimbingan tentang karier dosen;

c.       Memberi penilaian terhadap prestasi akademik, kecakapan dosen dan staf administrasi;

d.       Mengevaluasi pelaksanaan pengabdian masyarakat;

e.       Merencanakan dan mengusulkan pengadaan SDM, baik dosen maupun tenaga administrasi.

 

B.      Wakil Dekan Bidang Akademik dan Kelembagaan

Tugas:

a.       Mengorganisasi pelaksanaan pendidikan dan pengajaran di Fakultas;

b.       Merencanakan pengembangan akademik Fakultas dan pelayananan akademik kepada mahasiswa;

c.       Menjamin pelaksanaan pelayanan akademik kepada mahasiswa sesuai standar mutu akademik;

d.       Merumuskan pengembangan kurikulum akademik yang relevan dengan pengembangan lingkungan;

e.       Mengkoordinasikan dosen dalam kegiatan penelitian dan pengabdian masyarakat untuk mendukung peningkatan keilmuan;

f.        Mengkoordinasi pelaksanaan Praktik Kerja Lapangan Integratif (PKLI) dan magang mahasiswa;

g.       Merumuskan dan melaksanakan penjaminan mutu akademik Fakultas;

h.       Merumuskan manual mutu akademik;

i.         Mengkoordinasikan pelaksanaan penjaminan mutu akademik Fakultas;

j.         Mengontrol dan mengevaluasi pelaksanaan penjaminan mutu akademik Fakultas;

k.       Mengkoordinasi dan memotivasi dosen mengikuti seminar, pelatihan, workshop, dan forum-forum ilmiah lainnya dalam rangka pengembangan akademik.

Kewenangan:

a.       Mengevaluasi kinerja akademik dosen

b.       Mengkoordinasikan pembuatan jadwal kuliah oleh jurusan

c.       Merumuskan dan melakukan kebijakan pengembangan akademik bersama dekan

d.       Mengevaluasi pelaksanaan penjaminan mutu akademik fakultas;

e.       Mengevaluasi pelaksanaan proses belajar mengajar;

f.        Mengevaluasi pelaksanaan Praktik Kerja Lapangan Integratif (PKLI) dan magang mahasiswa.

g.       Mengevaluasi kinerja unit-unit penunjang akademik.

 

C.      Wakil Dekan Bidang Administrasi Umum, Keuangan, dan Perencanaan

Tugas:

a.       Menyusun anggaran keuangan fakultas sesuai program yang telah disepakati dengan bagian perencanaan fakultas;

b.       Merencanakan kegiatan administrasi di fakultas;

c.       Meningkatkan kesejahteraan dosen dan staf fakultas;

d.       Merencanakan dan merumuskan Inventaris Kekayaan Negara (IKN) fakultas;

e.       Menampung dan mempertimbangkan usulan pengadaan Inventaris Kekayaan Negara (IKN) dari dosen dan staf administrasi;

f.        Merumuskan dan menggali sumber-sumber pendanaan keuangan fakultas;

g.       Membuat laporan keuangan kepada pimpinan fakultas;

h.       Merencanakan dan membuat organisasi administrasi kepegawaian dan ketatalaksanaan;

i.         Merencanakan, merumuskan, dan mengkoordinasi penyusunan laporan akuntabilitas kinerja Fakultas;

j.         Merencanakan kebutuhan peralatan untuk mendukung terlaksananya proses pendidikan dan pengajaran di Fakultas;

k.       Mengkoordinasi dan mengarahkan staf administrasi Fakultas.

Kewenangan:

a.       Mengontrol dan mengevaluasi pelaksanaan kegiatan kerumahtanggaan Fakultas;

b.       Merumuskan sumber-sumber pendanaan penelitian bersama dekan dan pembantu dekan bidang akademik;

c.       Mengontrol dan mengevaluasi program dan penggunaan anggaran Fakultas;

d.       Membantu proses administrasi untuk pengembangan karier dosen dan staf administrasi;

e.       Mengontrol penggunaan Inventaris Kekayaan Negara (IKN) di Fakultas;

f.        Mengontrol dan mengevaluasi kinerja staf administrasi.

 

D.      Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama

Tugas:

a.       Melaksanakan pembinaan dan pendampingan kegiatan mahasiswa dan alumni;

b.       Merumuskan dan melaksanakan kebijakan pengembangan kemahasiswaan;

c.       Mengupayakan sumber-sumber beasiswa dan mendistribusikan kepada mahasiswa;

d.       Merumuskan model-model pembinaan minat dan bakat mahasiswa;

e.       Merumuskan kebijakan pembinaan dan pemberdayaan alumni;

f.        Merumuskan kerjasama dengan pihak stakeholders.

Kewenangan:

a.       Mengevaluasi perkembangan studi mahasiswa;

b.       Mengontrol dan mengevaluasi pelaksanaan kode etik mahasiwa.

Asosiasi Dosen Syariah Indonesia

Asosiasi Dosen Syariah Indonesia

Latar Belakang

Pembangunan nasional dalam bidang pendidikan merupakan upaya mencerdaskan kehidupan bangsa dan meningkatkan kualitas manusia Indonesia yang beriman, bertakwa, dan berakhlak mulia serta menguasai ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni dalam mewujudkan masyarakat yang maju, adil, makmur, dan beradab berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945. Dalam rangka menjamin perluasan dan pemerataan akses, peningkatan mutu dan relevansi, serta tata pemerintahan yang baik mampu menghadapi tantangan sesuai dengan tuntutan perubahan kehidupan lokal, nasional dan global perlu dilakukan pemberdayaan dan peningkatan kualitas dosen secara terencana, terarah dan berkesinambungan. Dosen pengampu ilmu-ilmu kesyari’ahan mempunyai fungsi, peran, dan kedudukan yang sangat strategis dalam pembangunan nasional dalam bidang pendidikan dan hukum Islam, sehingga perludikembangkan sebagai profesi yang bermartabat,maka untuk mewujudkan hal sebagaimana tersebut diatas, maka dibentuklah organisasi profesi dosen syariah yang diberi nama Asosiasi Dosen Syariah Indonesia (ADSI).

 Tujuan

Asosiasi Dosen Syari’ah Indnesia bertujuan :

 (1) Meningkatkan dan mempererat jalinan kerjasama para anggota secara khusus dan organisasi secara umum dalam bidang pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat baik di dalam maupun di luar negeri.

 (2) Meningkatkan profesionalisme, tanggungjawab, dan kompetensi Dosen Pengampu Ilmu-ilmu Syari’ah dalam menjalankan tugasnya dengan memanfaatkan ilmu pengetahuan dan teknologi untuk mencerdaskan bangsa.

 (3) Membantu dan melindungi anggota dalam mempergunakan keahliannya secara baik sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

 (4) Membantu pemerintah dalam meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia melalui pendidikan.

Organisasi Alumni

Organisasi Alumni

Ikatan alumni syariah dibentuk untuk menjalin silaturahmi antara para alumni Syariah, baik ketika kampus ini berstatus sebagai STAIN Malang, UIIS Malang, UIN Malang, maupun UIN Maulana Malik Ibrahim Malang dengan sesama alumni maupun dengan Fakultas Syariah dalam rangka perbaikan Fakultas Syariah ke depan. Di samping itu, Ikatan alumni ini bertujuan untuk memonitoring para alumni dengan harapan agar mereka bisa saling membantu dan menginformasikan, bahkan menyalurkan mereka pada pekerjaan yang diharapkan.

 

 

 

 

 

Pimpinan Jurusan

Tugas dan Wewenang Pimpinan Jurusan

A.      Ketua Jurusan

Tugas

  1. Menyusun rencana strategis pengembangan jurusan/ program studi
  2. Menyusun rencana kerja dan anggaran tahunan jurusan
  3. Merencanakan, melaksanakan, dan mengontrol sistem perkuliahan jurusan.
  4. Merencanakan, melaksanakan, dan mengontrol pelaksanaan kurikulum jurusan
  5. Merencanakan, melaksanakan program pengembangan, dan peningkatan kualitas sumber daya manusia di lingkungan jurusan
  6. Melaksanakan prosedur penjaminan tercapainya standar mutu lulusan jurusan
  7. Mengembangkan dan melaksanakan kurikulum jurusan yang mengacu kepada standar mutu lulusan fakultas
  8. Menyediakan dokumen dan pedoman pelaksanaan kurikulum jurusan
  9. Membuat dan melaksanakan program kerja pengembangan kualitas pembelajaran yang mengacu kepada standar mutu lulusan jurusan
  10. Mengkordinasi pelaksanaan seleksi judul skripsi dan ujian komprehensif
  11. Merencanakan dan melaksanakan kegiatan-kegiatan akademik yang dapat menciptakan atmosfir akademik yang kondusif di lingkungan jurusan
  12. lMerencanakan, mengembangkan, dan mengontrol ketersediaan dan ketercukupan sumber belajar dan laboratorium jurusan
  13. Membuat program kegiatan penyiapan karier dan pemasaran lulusan fakultas
  14. Membuat laporan kemajuan secara periodik kepada Dekan

Kewenangan:

  1. Merekomendasikan dosen yang akan mengajar di jurusan
  2. Merekomendasikan dosen penguji proposal dan skripsi
  3. Mengusulkan kebutuhan dosen pada jurusan
  4. Melakukan evaluasi diri jurusan dan mengajukan peningkatan akreditasi jurusan
  5. Menetapkan dan menjamin pelaksanaan penyelenggaraan pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat, sesuai peraturan, kaidah, dan tolak ukur yang ditetapkan di lingkungan fakultas.

 

B.      Sekretaris Jurusan

Tugas:

  1. Membantu tugas-tugas ketua jurusan;
  2. Mengarsipkan jadwal perkuliahan setiap awal perkuliahan;
  3. Membuat jurnal perkuliahan awal semester;
  4. Melayani administrasi perkuliahan dosen;

Kewenangan:

  1. Mengontrol jurnal perkuliahan dan merekap kehadiran dosen setiap periode pada semester berlangsung;
  2. Mengontrol relevansi materi perkuliahan dengan silabi atau SAP yang telah dirumuskan;
  3. Mewakili ketua jurusan jika berhalangan, dalam forum akademik internal maupun eksternal Fakultas.

Administrasi Kemahasiswaan

Administrasi Kemahasiswaan

Tugas:

a.      Melayani pengajuan beasiswa mahasiswa

b.      Membuat surat keterangan kelakuan baik (SKKB) mahasiswa

c.      Membuat pengumuman beasiswa dan form pendaftaran

d.      Menverifikasi berkas beasiswa sesuai dengan persyaratan

e.      Mengarsip prestasi non akademik mahasiswa

f.        Menyusun data base mahasiswa

g.      Membantu mahasiswa aktif untuk dapat magang di Pengadilan Agama di luar program PKLI.

h.      Pendampingan pengembangan skill, potesi dan bakat mahasiswa

i.        Menyusun dan mengupdate data base alumni

j.        Menginformasikan kepada alumni tentang bursa kerja alumni

k.      Merekomendasikan alumni untuk dapat magang di instansi stakeholders

 

Akuntan Fakultas

Akuntan Fakultas

Tugas :

a) Membantu bendahara membayarkan dan menatausahakan uang untuk keperluan belanja.

b) Membantu bendahara melakukan pengarsipan surat keputusan dan surat tugas serta dokumen keuangan lainnya .

c) Membantu bendahara menyelenggarakan pembukaan terhadap seluruh penerimaan dan pengeluaran dalam rangka pelaksanaa anggaran.

d) Membantu bendahara meyetorkan pajak dari penggunaan dana yang ada dibawah pengendalian bendahara.

e) Membantu bendahara menausahakan dan melaporkan seluruh pencairran anggaran dan pengeluaran kepada BP dan PPK.

f) Membantu membayarkan honor kepada yang berhak menerimanya.

Administrasi Akademik

Administrasi Akademik

Tugas :

 a) Menginput data pemasaran mata kuliah ke Siakad

 b) Membuat jadwal perkuliahan

 c) Menginput jadwal perkuliahan ke Siakad

 d) Membuat identitas jurnal perkuliahan

 e) Membuat kontrak perkuliahan

 f) Membuat presensi perkuliahan

 g) Membuat jadwal ujian tahap I dan II

 h) Menyerahkan KHS kepada mahasiswa

 i) Melayani pengajuan daftar ujian proposal

 j) Menjadwal ujian proposal

 k) Membuat form berita acara ujian proposal

 l) Melayani pengajuan ujian konprehensif

 m) Melayani pengajuan ujian skripsi

 n) Membuat transkrip sementara

 o) Layanan Yudisium

FAKULTAS SYARIAH

UNIVERSITAS ISLAM NEGERI MAULANA MALIK IBRAHIM MALANG
Alamat Kantor:
Gedung Megawati Soekarno Putri, Jl. Gajayana 50, Malang, Kode Pos 65144.
Telepon / Faksimile: 0341-559399
Email: This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.">This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.
Website: http://syariah.uin-malang.ac.id

Data Pengunjung 

10816111
Today
Yesterday
This Week
Last Week
This Month
Last Month
All days
8324
9271
17595
10734938
88093
241864
10816111

Your IP: 127.0.0.1
2018-12-10 20:51
#fc3424 #5835a1 #1975f2 #2fc86b #feduc9 #eef11045 #140114115202