Sistem Administrasi

Sistem Penilaian & Yudisium

Sistem Penilaian dan Yudisium

1. Sistem penilaian ditetapkan untuk dijadikan pedoman bagi dosen dalam memberikan penilaian hasil belajar mahasiswa.
2. Sistem penilaian yang digunakan mengikuti pedoman pendidikan universitas sebagai berikut:

NO

Interval

Huruf

Angka

1

85 – 100

A

4

2

75 – 84

B+

3,5

3

70 – 74

B

3

4

4. 65 – 68

C+

2,5

5

5. 60 – 64

C

2

6

6. 50 – 59

D

1

7

7. < 50

E

0

 Ketika nilai mengandung pecahan atau angka desimal di belakang bilangan bulat, maka digunakan sistem pembulatan tengah dengan ketentuan: 0,1 – 0,5 dibulatkan ke bawah dan 0,6 – 0,9 dibulatkan ke atas.

 3. Nilai matakuliah yang dianggap lulus adalah nilai mata-kuliah yang dilambangkan dengan huruf: A, B+, B, C+, dan C

 4. Nilai matakuliah yang dianggap tidak lulus adalah nilai Matakuliah yang dilambangkan dengan huruf D dan E

 5. Komponen penilaian hasil belajar mahasiswa meliputi:

 a. Kuis

 b. Tugas

 c. Praktikum

 d. UTS

 e. UAS

6. Matakuliah yang tidak menyelenggarakan praktikum, maka nilai praktikum bisa digantikan dengan partisipasi dan keaktifan mahasiswa di kelas.

 7. Masing-masing komponen penilaian di atas dinilai dengan menggunakan rentang nilai 0 – 100 dan tidak diperkenankan menggunakan huruf.

 8. Penilaian dengan huruf hanya digunakan untuk penilaian akhir yang merupakan akumulasi dari beberapa komponen tersebut.

 9. Prosentasi masing-masing komponen penilaian di atas diserahka  kepada dosen sesuai dengan kesepakatan bersama mahasiswa yang dituangkan dalam kontrak belajar.

 10. Predikat Yudisium Program Sarjana (S-1) diatur sebagai berikut:

 a. Indeks Prestasi Kumulatif 3,51 – 4,00 dan selesai studi pada masa terpendek serta tidak ada matakuliah yang diprogram ulang memperoleh predikat “Cumlaude”.

 b. Indeks Prestasi Kumulatif 3,00 – 3,50 memperoleh predikat “Sangat Baik”.

 c. Indeks Prestasi Kumulatif 2,51 – 2,99 memperoleh predikat “Baik”

 d. Indeks Prestasi Kumulatif 2,00 – 2,50 memperoleh predikat “Cukup”.

Perkuliahan

Perkuliahan

1. Mahasiswa yang telah menyelesaikan pemrograman studi dan memperoleh Kartu Program Studi (KPS) berhak untuk mengikuti perkuliahan sesuai matakuliah yang diprogram.

 2. Mahasiswa wajib mengikuti perkuliahan minimal 80% dari keseluruhan pertemuan yang diwajibkan. Ketentuan ini berlaku untuk semua mahasiswa termasuk yang mengulang dan/atau yang memperbaiki nilai.

 3. Perkuliahan dalam satu semester dilaksanakan 16 kali pertemuan termasuk ujian tahap pertama (UTS) dan ujian tahap kedua.

 4. Jika jadwal perkuliahan terjadi benturan antara matakuliah satu dan matakuliah lain yang sudah diprogramkan, mahasiswa pindah ke kelas lain pada matakuliah yang sama dalam satu fakultas melalui prosedur dan persyaratanberikut:

a. Perkuliahan baru berjalan tidak lebih dari tiga kali pertemuan pertama

b. Mahasiswa melapor kepada Dosen matakuliah di kelas asal dan Dosen Pembina matakuliah di kelas yang dituju.

c. Mahasiswa menyerahkan surat keterangan dan bukti kehadiran dari Dosen Pembina matakuliah di kelasasal yang sudah disahkan oleh Ketua Jurusan kepada Dosen Matakuliah di kelas yang dituju.

d. Mahasiswa melaporkan perpindahan kelas ke bagian Akademik Fakultas.

5. Perkuliahan terdiri atas materi perkuliahan secara teoretis yang disampaikan di kelas dan materi praktikum untuk memberikan pengetahuan praktis kepada mahasiswa yang disampaikan di lapangan atau laboratorium.

6. Tugas-tugas perkuliahan secara umum meliputi tugas terstruktur dan tugas mandiri, baik dilakukan secara individu dan/atau kelompok, yang meliputi:

a. Penulisan makalah.

b. Tinjauan buku (book review).

c. Quiz.

d. Observasi/survey.

e. Praktikum (untuk matakuliah tertentu)

 7. Mahasiswa yang mendapatkan tugas lapangan dari Dosen Matakuliah atau Asisten Dosen dapat mengajukan surat permohonan izin di Fakultas dengan prosedur sebagai berikut.

a. Mahasiswa mengajukan surat permohonan izin dengan sepengetahuan Dosen Pembina matakuliah.

b. Surat permohonan diajukan kepada Kabag Tata Usaha di Fakultas untuk dibuatkan Surat Pengantar.

c. Surat Pengantar harus ditandatangani oleh Dosen Pembina matakuliah dan Ketua Jurusan atau Pembantu Dekan Bidang Akademik.

d. Surat Pengantar dibuat rangkap lima yang didistribusikan kepada Dosen Pembina matakuliah, Ketua Jurusan, Pembantu Dekan Bidang Akademik, Dekan, dan yang bersangkutan, masing-masing 1 (satu) lembar.

8. Mahasiswa yang tidak lulus dalam matakuliah tertentu diwajibkan mengulang matakuliah tersebut.

9. Mahasiswa yang mendapat nilai C dalam matakuliah tertentu diperbolehkan memprogram kembali matakuliah yang bersangkutan untuk perbaikan nilai.

10. Jika mahasiswa memprogram ulang matakuliah tertentu dan memperoleh nilai yang tidak lebih baik dari nilai sebelumnya, maka nilai yang dipakai dalam Kartu Hasil Studi adalah nilai yang terbaik.

 

 

 

 

 

Penasehat Akademik

Penasehat Akademik

Fakultas Syariah menunjuk Dosen sebagai penasehat akademik dengan menerbitkan surat keputusan, guna membimbing dan mengarahkan proses belajar mahasiswa selama masa studi di Fakultas Syariah.

1. Tugas dan Kewajiban Penasehat Akademik adalah:

a. Memahami kurikulum dan tata cara pemrograman matakuliah setiap semester sampai penyelesaian tugas akhir dan masa studi.

b. Membantu mahasiswa melakukan pemrograman matakuliah selama satu semester sesuai beban studi dan/atau kemungkinan perubahannya.

c. Menampung masalah akademik yang dihadapi mahasiswa bimbingan dan turut berusaha mencarikan solusi.

d. Mengadakan pertemuan konsultatif dengan mahasiswa bimbingan secara periodik yang waktunya disepakati bersama.

e. Merekam aktivitas perwalian dalam Buku Monitoring Perwalian Ulu al-Albab.

f. Mempertanggungjawabkan pelaksanaan tugas sebagai Penasehat Akademik atau Dosen Wali kepada Pembantu Dekan Bidang Akademik. menginputnya ke SIAKAD.

h. Menerima konsultasi pengajuan judul skripsi mahasiswa, mengarahkannya dan menandatanganinya.

2. Kewajiban mahasiswa terhadap Dosen Penasehat Akademik atau Dosen Wali adalah:

a. Memahami dan menghayati pentingnya kepenasehatan akademik dalam rangka kelancaran studi.

b. Melakukan komunikasi dan konsultasi secara aktif dengan Dosen Penasehat Akademik tentang kegiatan studi dan permasalahannya.

c. Mentaati hasil konsultasi kepenasehatan akademik dan bersedi menerima sanksi akademik apabila melanggar.

g. Menandatangani Kartu Rencana Studi mahasiswa dan menginputnya ke SIAKAD.

h. Menerima konsultasi pengajuan judul skripsi mahasiswa, mengarahkannya dan menandatanganinya.

 

 

2. Kewajiban mahasiswa terhadap Dosen Penasehat Akademik atau Dosen Wali adalah:

 

a. Memahami dan menghayati pentingnya kepenasehatan akademik dalam rangka kelancaran studi.

 

b. Melakukan komunikasi dan konsultasi secara aktif dengan Dosen Penasehat Akademik tentang kegiatan studi dan permasalahannya.

 

c. Mentaati hasil konsultasi kepenasehatan akademik dan bersedia menerima sanksi akademik apabila melanggar.

 

 

Pemrograman Mata Kuliah

Prosedur Pemrograman Mata Kuliah

1. Mahasiswa melakukan pembayaran SPP di Bank yang Waktunya disesuaikan dengan kalender akademik.

2. Setelah melakukan pembayaran mahasiswa mendapatkan KODE AKSES untuk dapat masuk pada Kartu Program Studi (KPS) on-line yang dapat diakses melalui situs kampus http://siakad.uin-malang.ac.id (SIAKAD ONLINE)

3. Pengisian KPS bertujuan memberikan kesempatan kepada mahasiswa dalam merencanakan studinya agar disesuaikan dengan kemampuannya sehingga perkuliahan dapat berjalan dengan baik.

4. KPS diisi langsung secara on-line.

5. Melalui internet, mahasiswa dapat memantau perkembangan akademik pada SIAKAD online, seperti nilai akhir, daftar pemasaran matakuliah, jadwal perkuliahan, Kartu Hasil Studi (KHS) dan Kartu Program Studi (KPS).

6. Jika KHS pada SIAKAD online telah menunjukkan seluruh nilai akhir matakuliah yang diprogram semester sebelumnya, maka mahasiswa dapat segera melakukan pemrograman matakuliah, karena jumlah satuan kredit semsester (SKS) yang akan diambil oleh mahasiswa harusdisesuaikan nilai KHS yang diperoleh pada semester sebelumnya. Jika sampai pada batas yang ditentukan nilai belum masuk ke KHS mahasiswa dipersilahkan segera menghubungi dosen pembina matakuliah tersebut.

7. KHS juga dapat diperoleh di Bagian Akademik pada Fakultas masing-masing dengan menunjukkan KTM dan kwitansi pembayaran SPP.

8. Mahasiswa harus memperhatikan matakuliah bersyarat, tidak diperkenankan mengambil matakuliah tersebut sebelum mengambil matakuliah prasyarat-nya.

9. Setelah mengisi KPS secara on-line, mahasiswa mencetak dan melakukan konsultasi akademik ke Dosen Penasehat Akademik (sesuai jadwal). Perubahan pemrograman matakuliah (KPS) dapat dilakukan oleh mahasiswa selama KPS tersebut belum disetujui oleh Dosen Penasehat Akademik (DPA).

10. Diharapkan proses kepenasehatan akademik dapat dilakukan secara interaktif antara mahasiswa dan DPA di kampus, tetapi kalau tidak memungkinkan, sesuai dengan Kesepakatan antara mahasiswa dan DPA.

11. Melalui SIAKAD online, DPA dapat melakukan pemantauan perkembangan akademik secara menyeluruh pada setiap Mahasiswa yang menjadi perwaliannya.

12. Jika telah terjadi kesepakatan antara DPA dan mahasiswa tentang matakuliah yang diprogram, DPA melakukan persetujuan KPS mahasiswa melalui SIAKAD online. Selanjutnya baik Mahasiswa maupun DPA tidak dapat melakukan perubahan KPS lagi, tetapi jika sangat diperlukan adanya perubahan KPS tersebut, DPA dipersilahkan kontak langsung dengan administrator Pusat Komputer.

13. Selanjutnya KPS yang disetujui DPA sebanyak 2 lembar dan dimintakan tandatangan ke DPA dan dibawa ke Bagian Akademik Fakultas untuk distempel dan diserahkan kepetugas Fakultas 1 lembar.

14. Setelah KPS disetujui DPA mahasiswa dapat mengakses jadwal dan presensi perkuliahan yang diikutinya (sesuai KPS) di SIAKAD online.

15. Alat bukti bahwa pemrograman mahasiswa telah selesai adalah yang bersangkutan tercantum dalam daftar hadir matakuliah dan atau KPS.

16. Mahasiswa siap mengikuti perkuliahan.

FAKULTAS SYARIAH

UNIVERSITAS ISLAM NEGERI MAULANA MALIK IBRAHIM MALANG
Alamat Kantor:
Gedung Megawati Soekarno Putri, Jl. Gajayana 50, Malang, Kode Pos 65144.
Telepon / Faksimile: 0341-559399
Email: This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.">This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.
Website: http://syariah.uin-malang.ac.id

Data Pengunjung 

8244297
Today
Yesterday
This Week
Last Week
This Month
Last Month
All days
4074
9465
35898
8151428
135854
251532
8244297

Your IP: 127.0.0.1
2018-01-17 14:30
#fc3424 #5835a1 #1975f2 #2fc86b #feduc9 #eef11045 #140114115202