2B2A12021611G

Profil Fakultas

Struktur Keilmuan

Struktur Keilmuan Fakultas Syariah

 Struktur keilmuan Fakultas Syariah, baik Jurusan Al-Ahwal Al-Syakhshiyyah maupun Jurusan Hukum Bisnis Syari’ah,dibangun di atas tiga pilar fislasat ilmu, yaitu: ontologi, epistemologi dan aksiologi. Dalam dunia ilmu pengetahuan, tiga ranah filsafat ilmu ini bekerja sesuai wilayah masing-masing. Secara rinci cara kerja tiga pilar filsafat ilmu adalah: pertama, apa hakekat ilmu yang dipelajari dan ruang lingkup objek ilmu tersebut?; kedua, bagaimana proses ilmu pengetahuan dilalui ? bagaimana cara dan strategi menggunakan sumber pengetahuan hingga menghasilkan pengetahuan?; ketiga, apa kontribusi dan manfaat ilmu pengetahuan bagi masyarakat? Dalam filsafat ilmu, pertanyaan yang terkait dengan kelompok pertama disebut landasan ontologis, yang kedua epistemologis,dan yang ketiga aksiologis.Bila pemahaman ontologi, epistemologi, dan aksiologi digunakan dalam ilmu Syariah maka diperoleh tiga pemahaman.Pertama, secara ontologis, ilmu Syariah adalah wahyu (al-Qur’an dan al-Hadits), alam, dan perilaku keberagamaan manusia. Ilmu Syariah mempunyai sifat transendental. Kedua, secara epistemologis, ilmu Syariah adalah ilmu yang bersumber dari al-Qur’an dan al-Hadits, alam, dan akal manusia yang senantiasa berkolaborasi untuk menghasilkan ilmu kesyariahan. Ilmu syariah adalah kebenaran yang menghubungkan antara kebenaran transendental dan kontekstual keberagamaan.Ketiga,secara aksiologis, ilmu Syariah dimanfaatkan untuk mengatur dan  memelihara hubungan antara manusia dan Allah, manusia dan sesama manusia serta manusia dan alam. Ilmu Syariah mengandung nilai-nilai universal untuk memelihara hubungan vertikal dan horisontal secara harmonis. Masing-masing cabang ilmu syariah mempunyai objek kajian hakikat, nilai, dan kegunaan yang terkait dengan pilar ontologi, epistemologi, dan aksiologi. Secara ontologis, Syariah dalam terminologi UIN Maulana Malik Ibrahim Malang adalah khithâb Allah tentang perilaku manusia yang berhubungan dengan diyâni dan qadlâ’i. Secara epistemologis, ilmu syariah dapat dipilah pada :

a) sumber Syariah yang didasarkan kepada al-Qur’an, Hadits, Ijtihad, Peraturan Perundang-undangan, Putusan Peradilan dan Fatwa

b) Pembidangan keilmuan di Fakultas Syariah pada ilmu-ilmu kesyariahan dan ilmu hukum umum (konvensional)

c) metode pengembangan keilmuan Syariah adalah melalui penelitian hukum normatif dan penelitian hukum empiris.

Secara aksiologis, tujuan dan kegunaan keilmuan Syariah adalah membangun tatanan formal hubungan antara individu yang satu dan individu lain di dalam keluarga serta bagaimana penataan dan penggunaan kekayaan dan harta bersama keluarga, sehingga menciptakan keluarga sakînah, mawaddah wa rahmah;serta menjadi nilai (etika personal dan moralitas sosial), baik secara internal untuk meweujudkan kesadaran etik dalam pengembangan dan implementasi hukum keluarga dan hukum bisnis yang didasari nilai-nilai keislaman,maupun secara eksternal, yang berimplikasi terhadap munculnya ulama’, hakim, dan para pebisnis syariah syariah yang bertanggung jawab terhadap tatanan sosial dan negara yang dilandasi oleh kesadaraan keberagamamaan.

Tujuan Pendidikan

Tujuan Pendidikan yang ditetapkan Fakultas Syariah adalah

  1. Mewujudkan Sarjana Hukum Islam yang mampu dan terampil dalam menganalisis persoalan-persoalan Hukum Islam yang berkembang di masyarakat serta memiliki sikap proaktif dalam melakukan pembaharuan Hukum Islam;
  2. Mewujudkan Sarjana Hukum Islam yang mempunyai kemampuan mengintegrasikan hukum Islam dan hukum positif;
  3. Mewujudkan Sarjana Hukum Islam yang memiliki kemampuan untuk mengembangkan dan menyebarkan  ilmu hukum Islam di tengah masyarakat guna meningkatkan taraf kehidupan bangsa.

Misi Fakultas

Misi Fakultas Syariah adalah

(1) mengantarkan mahasiswa untuk memiliki kedalaman spiritual, keagungan akhlak, keluasan ilmu, dan     kematangan profesional;

(2) meningkatkan sistem pelayanan prima dan memberikan penghargaan kepada penggali ilmu pengetahuan;

(3) mengembangkan ilmu Syariah melalui pengkajian dan penelitian ilmiah;

(4) menjunjung tinggi, mengamalkan, dan memberikan keteladanan dalam kehidupan atas dasar nilai-nilai Islam serta budaya luhur bangsa Indonesia.

 

Visi Fakultas

Visi Fakultas Syariah adalah menjadi fakultas terkemuka dalam penyelenggaraan pendidikan dan pengajaran, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat untuk menghasilkan lulusan di bidang kesyariahan yang memiliki kekokohan aqidah, kedalaman spiritual, keluhuran akhlak, keluasan ilmu dan kematangan profesional, dan menjadi pusat pengembangan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni yang bercirikan Islam serta menjadi penggerak kemajuan masyarakat.

Sejarah Fakultas

Sejarah Fakultas

Latar belakang pendirian Fakultas Syariah adalah untuk memenuhi tuntutan dan kebutuhan masyarakat terhadap pendidikan tinggi Islam yang bertujuan memberikan bekal kepada calon sarjana mengenai hukum Islam, sehingga setelah lulus mereka mampu menerapkan dan mengembangkannya di tengah masyarakat luas. Selain itu, tujuan pendirian Fakultas Syariah adalah mencetak Ulama dan Sarjana Hukum Islam yang memiliki wawasan luas dan moderat dalam memahami syariat Islam.

Fakultas Syariah berdiri atas dasar Keputusan Direktur Jenderal Kelembagaan Agama Islam Nomor: DJ.II/56/2005 tentang Izin Penyelenggaraan Program Studi Jenjang Strata Satu (S-1) dan Diploma Dua (D2) pada Universitas Islam Negeri (UIN) Malang. Jurusan/ Program Studi Al-Ahwal Al-Syakhshiyyah Fakultas Syariah merupakan pengembangan dari Program Studi Al-Ahwal Al-Syakhshiyyah Jurusan Syariah Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Malang yang didirikan pada tahun ajaran 1997/1998 berdasarkan Keputusan Direktur Jenderal Pembinaan Kelembagaan Islam Departemen Agama RI No: E/107/Tahun 1998 tanggal 13 Mei 1998. Sebagai kelanjutan pembukaan Program Studi Al-Ahwal Al-Syakhshiyyah Jurusan Syariah, pada tahun 2002 terbit Surat Keputusan Direktur Jenderal Pembinaan Kelembagaan Islam Departemen Agama RI No: E/10/Tahun 2002 yang menjelaskan bahwa gelar untuk lulusan Program Studi Al-Ahwal Al-Syakhshiyyah adalah Sarjana Hukum Islam yang disingkat S.H.I. Selanjutnya, berdasarkan Surat Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Islam Departemen Agama RI Nomor: Dj.I/422/2007 di Fakultas Syariah UIN Malang dibuka Jurusan Hukum Bisnis Syariah (HBS). Disusul pada tahun 2008 terbit Surat Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Islam Departemen Agama RI Nomor: Dj.I/233/2008 tentang Pembukaan Program Studi D3 Perbankan Syariah pada Fakultas Syariah. Berdasarkan SK Rektor Tahun 2009, Pengelolaan Program Studi D3 Perbankan Syarah dialihkan ke Fakultas Ekonomi UIN Maulana Malik Ibrahim Malang Sejak awal berdiri (1997) ketika masih berstatus Jurusan Syariah STAIN Malang sampai kini dengan status Fakultas Syariah UIN Maulana Malik Ibrahim Malang yang memimpin lembaga ini adalah sebagai berikut:

1. Periode 1997-1998

a. Ketua Jurusan Syariah merangkap Ketua Program Studi Al Ahwal Al Syakhshiyyah: Drs. KH. Zainuddin A.Muchith.
b. Sekretaris Jurusan Syariah merangkap Ketua Program Studi Muamalah: Drs. H. Muhtadi Ridwan, M.Ag.

2. Periode 1998 – 2000

a. Ketua Jurusan Syariah merangkap Ketua Program Studi Muamalah: Drs. H. Muhtadi Ridwan M.Ag.
b. Sekretaris Jurusan Syariah merangkap Ketua Program Studi Al Ahwal Al Syakhshiyyah: Drs. Fadil SJ., M. Ag.

3. Periode 2000-2003

a. Ketua Jurusan Syariah merangkap Ketua Program Studi Muamalah : Dra. Hj. Tutik online casino Hamidah, M.Ag.
b. Sekretaris Jurusan Syariah merangkap Ketua Program Studi Al Ahwal Al Syakhshiyyah : Drs. Fadil SJ., M. Ag.

4. Periode 2003 – 2005

a. Pj. Dekan : Drs. Fadil SJ. M.Ag.
b. Pj. Pembantu Dekan I : Dr. Saifullah, S.H., M.Hum.
c. Pj. Pembantu Dekan II : Musleh Herry, S.H., M.Hum.
d. Pj. Pembantu Dekan III : Isyraqunnajah, M.Ag.

5. Periode 2005 – 2009

a. Dekan : Drs. H. Dahlan Tamrin, M.Ag.
b. Pembantu Dekan I :Dra. Hj. Tutik Hamidah, M.Ag.
c. Pembantu Dekan II : Drs. Fadil SJ, M.Ag.
d. Pembantu Dekan III : Dra. Hj. Mufidah Ch, M.Ag.
e. Ketua Jurusan AS : Zaenul Mahmudi, M.A.
f.  Sekretaris Jurusan AS : Erfaniah Zuhriah, M.H.
g. Ketua Jurusan HBS : Drs. Suwandi, M.H.
h. Sekretaris Jurusan HBS : Drs. M. Nur Yasin, M.Ag.

6. Periode 2009 – 2013

a. Dekan : Dr. Hj. Tutik Hamidah, M.Ag.
b. Pembantu Dekan I : Dr. Hj. Umi Sumbulah, M.Ag.
c. Pembantu Dekan II : Dr. HM. Fauzan Zenrif, M.Ag.
d. Pembantu Dekan III : Dr. H. Roibin, M.H.I.
e. Ketua Jurusan AS : Dr. Zaenul Mahmudi, M.A.
f.  Sekretaris Jurusan AS :
    · Erfaniah Zuhriah, M.H. (2009-2012)
    · Ahmad Izzuddin, M.HI (2012-2013)
g. Ketua Jurusan HBS : Dr. Suwandi, M.H.
h. Sekretaris Jurusan HBS : Dr. M. Nur Yasin, M.Ag.

7. Periode 2013 – 2019

a. Dekan : Dr. H. Roibin, M.HI.
b. Wakil Dekan Bidang Akademik dan Kelembagaan : Dr. Suwandi, M.H
c. Wakil Dekan Bidang Administrasi Umum, Keuangan, dan Perencanaan : Dr. H. Badruddin, M.HI.
d. Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama : Dr. Fakhruddin, M.HI.
e. Ketua Jurusan Al Ahwal Al Syakhshiyyah : Dr. Sudirman, M.A.
f.  Sekretaris Jurusan Al Ahwal Al Syakhshiyyah : Jamilah, M.A.
g. Ketua Jurusan HBS : Dr. M. Nur Yasin, M.Ag. h. Sekretaris Jurusan HBS : Dr. H. Abbas Arfan, Lc., M.Ag.

FAKULTAS SYARIAH

UNIVERSITAS ISLAM NEGERI MAULANA MALIK IBRAHIM MALANG
Alamat Kantor:
Gedung Megawati Soekarno Putri, Jl. Gajayana 50, Malang, Kode Pos 65144.
Telepon / Faksimile: 0341-559399
Email: This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.">This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.
Website: http://syariah.uin-malang.ac.id

Data Pengunjung 

5417557
Today
Yesterday
This Week
Last Week
This Month
Last Month
All days
6634
9519
49733
5320519
175087
174121
5417557

Your IP: 127.0.0.1
2017-02-25 11:17
#fc3424 #5835a1 #1975f2 #2fc86b #feduc9 #eef11045 #140114115202