2B2A12021611G

Praktikum

Magang Profesi

Magang Profesi

 Mahasiswa yang berminat untuk mengembangkan kompetensi keilmuan baik di bidang hukum perdata Islam ataupun hukum bisnis syariah dapat ikut serta di dalam program magang profesi di lembaga-lembaga yang telah ditentukan. ts dan Tahfîdh. Adapun materi praktikum meliputi berbagai aspek atau aktifitas ubudiyah dalam Islam yang terkait dengan ibadah personal maupun yang terkait dengan masyarakat antara lain;

a) Praktikum thoharah, praktikum ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan mahasiswa terhadap komponen atau tahapan awal dari ibadah wajib serta untuk pemantapan konsep thoharah dalam setiap aktifitas ibadah wajib.

b) Praktikum sholat, praktikum ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan serta keterampilan sholat baik wajib maupun sunnah dalam rangka pembekalan personal dan bermasyarakat setelah mereka lulus.

c) Praktikum tajhîz al-janâzah, praktikum ini bertujuan untuk memberikan bekal kepada mahasiswa dalam rangka hidup bermasyarakat (to live together) di mana praktikum ini sangat dibutuhkan mahasiswa sebaga setelah mereka lulus dan kembali hidup bersama masyarakat, karena mahasiswa dianggap sebagai seorang ilmuwan Islam dan bahkan ulama professional. Praktikum ini bertujuan memberikan pengetahuan dan pelatihan kepada mahasiswa mengenai perawatan janazah sejak seseorang meninggal dunia hingga dikuburkan.

Praktikum Falakiyah

Praktikum Falakiyah

Yang di maksud pratikum falakiyah adalah suatu kegiatan yang merupakan aplikasi di lapangan dari teoriteori yang menjadi materi Pokok Ilmu Falak yang didapatkan mahasiswa dalam perkuliahan.

1). Jenis-Jenis Pratikum

 a). Praktik menentukan arah kiblat.

 Praktik menentukan arah kiblat merupakan kegiatan yang dilakukan untuk menjawab persoalan bagai mana wujud aplikasi praktis dilapangan dalam menentukan arah kiblat suatu tempat, mushollah atau masjid.

 b). Praktik membuat jadwal waktu sholat

 Praktik membuat waktu jadwal sholat merupakan kegiatan yang dilakukan untuk menjawab persoalan bagaimana wujud aplikasi praktis dilapangan dalam mebuat jadwal waktu sholat untuk suatu daerah atau wilayah yang dilengkapi dengan koreksi bujur ( waktu) untuk daerah lainnya.

 c). Paktik Membuat kalender Hijriah dan Masehi. Paktik Membuat kalender Hijriah dan Masehi merupakan kegiatan yang dilakukan untuk menjawab persoalan bagaimana wujud aplikasi praktis dilapangan dalam mebuat kalender Hijriah dan Masehi yang dilengkapi dengan hari-hari libur Nasional maupun Keagamaan.

 d). Praktik Rukyat al-Hilal. Gerhana Matahari dan Bulan. Praktik Rukyat al-Hilal, gerhana matahaari dan bulan merupakan kegiatan yang dilakukan untuk aplikasi praktis melihat/ opservasi hilal, gerhana matahari atau bulan dengan peralatan yang tersedia.

2). Tujuan Pratikum Falakiyah

 a) Meningkatkan ketrampilan dan pengalaman praktis dalam menentukan arah kiblat suatu tempat, mushollah atau masjid.

 b) Meningkatkan keterampilan dan pengalaman praktis dalam menentukan Arah kiblat suatu tempat, mushollah atau masjid.

 c) Meningkatkan ketrampilan dan pengalaman praktis dalam membuat Jadwal Waktu sholat untuk suatu daerah yang dilengkapi dengan koreksi bujur(waktu) untuk daerah yang lainnya.

 d) Meningkatkan ketrampilan dan pengalaman praktis dalam membuat kalender Hijjrah masehi yang dilengkapi dengan hari-hari libur Nasional maupun keagamaan.

 e) Meningkatkan keterampilan dan penglaman praktis melihat/ opservasi hilal atau opservasi situasi dan kindisi terjadinya pergantian bulan baru, gerhana matahari atau bulan.

3). Pelaksanaan Pratikum Falakiyah

Pelaksanaan pratikum falakiyah dilakukan secara tersetruktur sesuai dengan materi praktik menentukan arah kiblat, waktu sholat, buat kalender, rukyatul Hilal, observasi gerhana baik bulan maupun matahari.Adapun jadwal pratikum sebagai berikut :

 

No

Jenis Praktik

Waktu

Tempat

01

Menentukan

waktu sholat

arah kiblat.

Waktu sholat

& membuat

kalender

@2 x

pertemuan

Ruang lab.

Falakiyah dan

Komputer dan

halaman kampus

fak. Syari’ah UIN

Malang

02

Rukyatul Hilal

 

1 x1 smt, dan

pada awal

ramadhan,

syawal dan

dzul Hijjah

 

Lokasi strategis

Jawa Timur,

misalnya:

a. di satuan Radar

Ngiyep Kab. Malang

b. di lokasi rukyat

Makam Condodipo,

Gresek, dll.

03

Observasi

gerhana

(matahari dan

bulan)

 

Momen

peristiwa

gerhana

(matahari

atau bulan)

atau bulan

purnama

 

Halaman Kampus

Fak, syari’ah UIN

Malang

 

 

 

 

Lembaga Keuangan Syariah

Praktikum Lembaga Keuangan Syariah

 Praktikum Lembaga Keuangan Syariah ini adalah Kegiatan praktikum yang diselenggarakan untuk menguatkan keilmuan Jurusan/Program Studi Hukum Bisnis Syariáh yang bertujuan untuk mendekatkan mahasiswa dengan lembaga profesi yang sesuai dengan tuntutan kompetensi lulusan Jurusan/Program Studi Hukum Bisnis Syariah, yaitu lembaga keuangan dan bisnis syariah. Secara khusus tujuan pelaksanaan praktikum ini agar mahasiswa memiliki pengalaman observatoris dan praktis mengenai perbankan syariah, asuransi takaful, pegadaian syariah, dan permasalahan ekonomi syariah lain.

Praktek Kerja Lapangan (PKL)

Praktek Kerja Lapangan (PKL)

 Praktek Kerja Lapangan Integratif (PKLI) adalah kegiatan praktikum yang mengintegrasikan tiga kegiatan; praktek peradilan, pengabdian masyarakat, dan penelitian sebagai pengejawantahan Tridharma Perguruan Tinggi yang dilaksanakan oleh mahasiswa. Kegiatan PKLI dilaksanakan selama satu bulan pada semester VI atau semester VII. Ketentuan mengenai PKLI diatur lebih lanjut oleh Unit Penelitian, Penerbitan dan Pengabdian Masyarakat (P3M) Fakultas Syari’ah. Sedangkan persyaratan untuk bisa mengikuti PKLI adalah:

1. Mahasiswa telah menempuh matakuliah sebanyak 120 SKS

2. Telah mengambil matakuliah sebagai berikut:

 a. Metode Penelitian

 b. Hukum Acara Perdata/Hukum Acara Peradilan Agama

 c. Hukum Perdata Islam di Indonesia

Praktikum Administrasi Acara Peradilan

  • Praktikum Administrasi Acara Peradilan.

Praktikum Hukum Acara Peradilan adalah Kegiatan praktikum yang diselenggarakan untuk menguatkan keilmuan Jurusan Al Ahwal Al Syakhshiyyah dan Hukum Bisnis Syari’ah yang bertujuan untuk mendekatkan mahasiswa Jurusan Al Ahwal Al Syakhshiyyah dan Hukum Bisnis Syari’ah dengan lembaga Pengadilan yang menjadi lembaga profesi yang diharapkan oleh mahasiswa. Praktikum ini bertujuan memberikan bekal kepada mahasiswa, terutama pengetahuan praktis mengenai hukum acara peradilan yang meliputi proses pengajuan gugatan dan permohonan hingga kasasi dan system pengadministrasiannya, yaitu bagaimana membuat surat gugatan atau permohonan, banding, dan kasasi serta proses beracara mulai perkara didaftarkan hingga diputuskan di berbagai lembaga peradilan.

Praktikum Majma’ buhûts/Halaqah Turath

 

Praktikum Majma’ buhûts/Halaqah Turath

 

Praktikum majma’ buhûts ini bertujuan memberikan bekal keilmuan praktis kepada mahasiswa untuk menyelesaikan dan menjawab prolematika hukum Islam yang berkembang di Masyarakat dengan menerapkan kaidah ushû l fiqh, qawâ id fiqhiyyah dan perangkat keilmuan lainnya dalam bentuk kajian hukum Islam yang dikordinir oleh Laboratorium Turâ ts dan Tahfî dh, terutama setelah mereka lulus. Di samping itu, praktikum ini bertujuan untuk memantapkan kompetensi mahasiswa sebagai sarjana hukum Islam di mana sebagai seorang ilmuwan hukum Islam perlu memiliki kemampuan dalam menyelesaikan permasalahan hukum Islam yang senantiasa berkembang di masyarakat.

 

 

 

Praktikum Administrasi KUA

Praktikum Administrasi KUA

Praktikum administrasi KUA adalah Kegiatan praktikum yang diselenggarakan untuk menguatkan keilmuan Jurusan Al Ahwal Al Syakhshiyyah yang bertujuan untuk mendekatkan mahasiswa dengan lembaga profesi KUA yang menjadi salah satu kompetensi lulusannya. Praktikum ini juga berusaha memberikan bekal kepada mahasiswa Jurusan Al Ahwal Al Syakhshiyyah, baik secara teoritis maupun praktis mengenai kewenangan yang dimiliki oleh Kantor Urusan Agama mengenai kepenasehatan perkawinan, nikah, rujuk, hisab-rukyat, wakaf dan sistem pengadministrasiannya. Praktikum ini dilaksanakan untuk mahasiswa semester VI.

 

 

FAKULTAS SYARIAH

UNIVERSITAS ISLAM NEGERI MAULANA MALIK IBRAHIM MALANG
Alamat Kantor:
Gedung Megawati Soekarno Putri, Jl. Gajayana 50, Malang, Kode Pos 65144.
Telepon / Faksimile: 0341-559399
Email: This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.">This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.
Website: http://syariah.uin-malang.ac.id

Data Pengunjung 

5417571
Today
Yesterday
This Week
Last Week
This Month
Last Month
All days
6648
9519
49747
5320519
175101
174121
5417571

Your IP: 127.0.0.1
2017-02-25 11:18
#fc3424 #5835a1 #1975f2 #2fc86b #feduc9 #eef11045 #140114115202