Untitled-1Untitled-2Untitled-3

Organisasi Profesi dan Alumni

ORGANISASI PROFESI DAN ALUMNI

a. Malaysia-Indonesia Law School Network (Malindo LSN)

Malindo LSN adalah organisasi profesi yang anggotanya terdiri dari perguruan tinggi-perguruan tinggi yang ada di Malaysia dan Indonesia, baik negeri maupun swasta. Organisasi ini dibentuk pada acara konferensi internasional Malindo yang bertempat di Bandung. Pertemuan ini menghasilkan rekomendasi terbentuknya pengurus yang mewakili Malaysia adalah Prof. Dr. Haidar sedangkan ketua Indonesia adalah Dr. H. Roibin, M.H.I. Organisasi profesi ini bergerak dalam hal pengembangan kelembagaan dan akademik. Atas dasar itu, program kegiatan yang dirancang adalah kegiatan-kegiatan yang berbau akademik, misalnya seminar, konferensi, workshop, dan kerjasama-kerjasama kelembagaan lain, seperti student mobility, visiting lecturer, dan collaborative research. Pada bulan Oktober, 2016, seminar pertama Malindo LSN akan dilaksanakan di UIN Maulana Malik Ibrahim Malang.

 

B. Himpunan Ilmuwan dan Sarjana Syariah Indonesia (HISSI)

 

Sesungguhnya syari'at Islam yang bersumber dari wahyu Allah (al-Qur'an) dan sunnah Rasulullah saw (al-Hadist) itu diturunkan untuk mengatur kemaslahatan manusia dan sekaligus mencegah dari kemungkinan kemafsadatan yang menimpanya. Nilai-nilai kebenaran dan keadilan yang ada di dalamnya, yang selalu sesuai dengan tuntutan zaman dan keadaan, sangatlah tepat untuk terus- menerus digali, dikembangkan, dan diamalkan pemeluk-pemeluknya. Mengingat Negara Kesatuan Republik Indonesia berpenduduk mayoritas Muslim dan terbesar pula di seluruh dunia saat ini, maka sungguh merupakan suatu hal yang wajar bila syari'at Islam difungsikan sebagai salah satu pengayom dan pengawal bagi umat Islam khususnya dan umat manusia pada umumnya, terutama dalam menghadapi dinamika pembangunan Indonesia di satu pihak dan dinamika perkembangan dunia modern di pihak lain.

Mengamati fenomena sosial kemasyarakatan dan sosial keagamaan yang terus berkembang selama ini, kiranya tepat apabila para ilmuan dan sarjana syari'ah mengambil peran serta kelembagaan guna turut aktif memecahkan berbagai problem sosial keagamaan, keumatan, kenegaraan dan lain-lain yang dihadapi oleh masyarakat dan bangsa Indonesia. Guna mewujudkan gagasan, konsep dan cita mulia di atas, maka dideklarasikanlah suatu organisasi keislaman dan kesarjanaan sebagai salah satu wadah pemersatu bagi para ilmuwan dan sarjana syari'ah di seluruh Indonesia.

Visi:

Mewujudkan tata kehidupan masyarakat Indonesia yang memahami, menghayati, dan mengamalkan syariat Islam.

Misi:

  1.  Melakukan pengkajian, penelitian, dan pengembangan ilmu- ilmu syari'ah dalam konteks ke-indonesiaan;
  2. Meningkatkan kualitas sumber daya manusia/ insani (SDM/ SDI) yang kompeten di bidang syari'ah;
  3. Memberikan landasan nilai-nilai kesyariahan dalam pembentukan dan pengembangan perundang-undangan di Indonesia;
  4. Membina dan mengembangkan kehidupan masyarakat yang menjunjung tinggi syari>ah;
  5. Menjalin kerja sama yang saling menguntungkan dengan lembaga pemerintah maupun non pemerintah, dalam dan luar negeri;
  6. Memperkuat kelembagaan syari>ah (dan kesyariahan) di Indonesia.

 

c.  Asosiasi Dosen Syariah Indonesia

Pembangunan nasional dalam bidang pendidikan merupakan upaya mencerdaskan kehidupan bangsa dan meningkatkan kualitas manusia Indonesia yang beriman, bertakwa, dan berakhlak mulia serta menguasai ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni dalam mewujudkan masyarakat yang maju, adil, makmur, dan beradab berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945.

Dalam rangka menjamin perluasan dan pemerataan akses, peningkatan mutu dan relevansi, serta tata pemerintahan yang baik mampu menghadapi tantangan sesuai dengan tuntutan perubahan kehidupan lokal, nasional dan global perlu dilakukan pemberdayaan dan peningkatan kualitas dosen secara terencana, terarah dan berkesinambungan. Dosen pengampu ilmu-ilmu kesyari'ahan mempunyai fungsi, peran, dan kedudukan yang sangat strategis dalam pembangunan nasional dalam bidang pendidikan dan hukum Islam, sehingga perlu dikembangkan sebagai profesi yang bermartabat, maka untuk mewujudkan hal sebagaimana tersebut di atas, maka dibentuklah organisasi profesi dosen syariah yang diberi nama Asosiasi Dosen Syariah Indonesia (ADSI).

Tujuan Asosiasi Dosen Syari'ah Indnesia adalah:

(1)      Meningkatkan dan mempererat jalinan kerjasama para anggota secara khusus dan organisasi secara umum dalam bidang pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat baik di dalam maupun di luar negeri.

(2)      Meningkatkan profesionalisme, tanggung jawab, dan kompetensi Dosen Pengampu Ilmu-ilmu Syari'ah dalam menjalankan tugasnya dengan memanfaatkan ilmu pengetahuan dan teknologi untuk mencerdaskan bangsa.

(3)      Membantu dan melindungi anggota dalam mempergunakan keahliannya secara baik sesuai dengan peraturan perundang- undangan yang berlaku.

(4)      Membantu pemerintah dalam meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia melalui pendidikan.

 

d.       Organisasi Alumni (Ikatan Alumni Fakultas Syariah/ IKAFASYA)

Ikatan alumni Fakultas syariah dibentuk untuk menjalin silaturahmi antara para alumni Syariah, baik ketika kampus ini berstatus sebagai STAIN Malang, UIIS Malang, UIN Malang, maupun UIN Maulana Malik Ibrahim Malang dengan sesama alumni maupun dengan Fakultas Syariah dalam rangka perbaikan Fakultas Syariah ke depan. Di samping itu, Ikatan alumni ini bertujuan untuk memonitor para alumni dengan harapan agar mereka bisa saling membantu dan menginformasikan, bahkan menyalurkan mereka pada pekerjaan yang diharapkan.

 

 

 

FAKULTAS SYARIAH

UNIVERSITAS ISLAM NEGERI MAULANA MALIK IBRAHIM MALANG
Alamat Kantor:
Gedung Megawati Soekarno Putri, Jl. Gajayana 50, Malang, Kode Pos 65144.
Telepon / Faksimile: 0341-559399
Email: This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.">This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.
Website: http://syariah.uin-malang.ac.id

Data Pengunjung 

10836857
Today
Yesterday
This Week
Last Week
This Month
Last Month
All days
2
9512
38341
10734938
108839
241864
10836857

Your IP: 127.0.0.1
2018-12-13 00:00
#fc3424 #5835a1 #1975f2 #2fc86b #feduc9 #eef11045 #140114115202