Lab.Turath & Takhfidz

Lab.Turats & Takhfidz

LABORATORIUM TURAST

FAKULTAS SYARI'AH UNIVERSITAS ISLAM NEGERI (UIN)

MAULANA MALIK IBRAHIM MALANG

A. Latar Belakang

Islam sebagai agama yang ajarannya mencakup seluruh aspek kehidupan manusia (syumul) memiliki khazanah pemikiran dan peradaban  yang sangat luas yang ada sejak zaman Rasulullah hingga sekarang. Kekayaan khazanah pemikiran dan peradaban tersebut tersebar luas di dalam kehidupan masyarakat muslim di negara-negara Islam bahkan di negara-negara Barat yang notabene tidak memeluk agama Islam. Warisan peradaban dan pemikiran Islam (islamic heritage) tersebut memiliki nilai yang sangat tinggi  dan  universal  sehingga perlu adanya penggalian yang lebih mendalam agar dapat diaktualisasikan untuk kehidupan sekarang ini dan masa akan datang.

Fakultas Syari'ah sebagai salah satu unit pendidikan di lingkungan Universitas Islam Negeri  Maulana Malik Ibrahim Malang, mempunyai tujuan yang berlandaskan pada visi dan misi Universitas yaitu: mewujudkan Sarjana (Sarjana Hukum Islam) yang memiliki kekuatan aqidah dan spiritual, keagungan akhlak, keluasan ilmu dan kematangan professional dengan sasaran yang dituju adalah terwujudnya Sarjana Peradilan Agama Islam yang memiliki keahlian dalam peradilan Agama Islam secara khusus dan keilmuan Syari'ah Islam secara global.

Tujuan tersebut sulit terwujud apabila mahasiswa tidak dibekali pemahaman dan kemampuan untuk menggali warisan khazanah pemikiran Islam yang banyak ditulis dalam bahasa Arab. Oleh karena itu Fakultas Syari'ah memandang diperlukannya Laboratorium Turats sebagai  wadah pengembangan dan kajian warisan khazanah (turast) pemikiran Islam khususnya pada bidang hukum Islam.

Rencana Strategis ke depan yang harus dilakukan oleh Laboraturim Turats dirumuskan dalam bentuk Renstra yang akan menjadi acuan pengembangan Lab. Turats 5 tahun ke depan sebagai berikut:

B. Visi Laboratorium Turast

Visi Lab. Turats sebagaimana Fakultas Syari'ah adalah sebagai salah satu Laboratorium Syari'ah yang terkemuka dalam menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran, penelitian, dan pengabdian lepada masyarakat untuk menghasilkan lulusan di bidang ke-syari'ah-an yang memiliki kekokohan aqidah, kedalaman spiritual, keluhuran akhlak, keluasan ilmu dan kematangan profesional di bidang syari'ah.

C. Misi Laboratorium Turats

Sebagaimana misi Fakultas Syari'ah maka Laboratorium Turats bertujuan untuk mengantarkan mahasiswa Fakultas Syari'ah memiliki kemantapan akidah, kedalaman spiritual, keluhuran akhlak, keluasan ilmu, dan kematangan profesional; mengembangkan ilmu syari'ah melalui pengkajian dan penelitian ilmiah.

D. Program Kerja Laboratorium Turats :

  1. Pusat Pelatihan Qira'atul Kutub
  2. Pusat Kajian Penerapan Hukum Islam
  3. 3. Majma' al-Buhuts Lil-Ahkam Syar'iyyah al-Waqi'iyyah al-Maudhu'iyyah
  4. 4. Al-Musabaqah li Tarqiyah al- Maharat al-Tasyri'iyya

Laboratorium Turath dan Takhfidz

Laboratorium Turats, Laboratorium ini bertujuan untuk memberikan pelatihan dan pengalaman kepada mahasiswa mengenai program-program fakultas, yaitu praktikum qiroatul kutub, praktikum Tahfî dh hadits ahkam, praktikum reading text, dan praktikum bahts al-masâ’il.

Tugas:

1) Menentukan ayat dan Hadits ahkam untuk program tahfidz

2) Mengkoordinasi program tahfidz ayat dan Hadits ahkam.

3) Mensosialisasikan program tahfidz kepada mahasiswa.

4) Menerbitkan sertifikat untuk mahasiswa yang sudah menyelesaikan program tahfidz.

5) Menentukan bahan-bahan untuk program Praktikum qira’atul kutub.

6) Mengembangkan kajian hukum Islam yang terintegrasikan dalam hukum nasional.

7) Mengkoordinasi dan melakukan diskusi baik secara tim maupun semua dosen dan atau mahasiswa.

Wewenang :

1) Merekomendasikan nama-nama dosen wali yang akan menerima setoran tahfidz ayat alahkam dan hadits al-ahkam serta kajian Turath.

2) Menandatangani sertifikat kelulusan tahfidz.

FAKULTAS SYARIAH

UNIVERSITAS ISLAM NEGERI MAULANA MALIK IBRAHIM MALANG
Alamat Kantor:
Gedung Megawati Soekarno Putri, Jl. Gajayana 50, Malang, Kode Pos 65144.
Telepon / Faksimile: 0341-559399
Email: This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.">This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.
Website: http://syariah.uin-malang.ac.id

Data Pengunjung 

7755450
Today
Yesterday
This Week
Last Week
This Month
Last Month
All days
9598
15348
50077
7627802
221987
298695
7755450

Your IP: 127.0.0.1
2017-11-22 14:35
#fc3424 #5835a1 #1975f2 #2fc86b #feduc9 #eef11045 #140114115202