Lab.Komputer & Pengembangan

Lab.Komputer & Pengembangan

LABORATORIUM KOMPUTER

FAKULTAS SYARIAH UINIVERSITAS ISLAM NEGERI (UIN)

MAULANA MALIK IBRAHIM MALANG

 

A. Dasar Pemikiran

Kemajuan informasi dan teknologi turut mempengaruhi perkembangan infrastruktur dalam dunia pendidikan. Teknologi dalam bidang pendidikan mengalami modernisasi, komputerisasi, hingga digitasi. Semua itu dimaksudkan untuk memudahkan akses terhadap sumber-sumber pustaka, baik primer maupun sekunder, tanpa meninggalkan prinsip akurasi.

Berkembang pesatnya teknologi memacu pengetahuan agama untuk mengikuti perkembangan dalam menggunakan teknologi sebagai media pendidikan. Optimalisasi Transformasi pendidikan melalui teknologi sangat penting sehingga seseorang dapat mempelajari pengetahuan agama dengan efektif yang dapat memberikan kontribusi efisiensi biaya, tenaga dan waktu.

Banyaknya lembaga-lembaga pendidikan Islam yang mempelajari al-Quran, Hadis dan Turats (kitab kuning) tentunya membutuhkan media yang mendukung pembelajaran sehingga pembelajaran dapat berjalan dengan optimal.

Menyadari pentingnya sebuah pengembangan sumberdaya manusia terhadap keterampilan dalam menggunakan sarana pendidikan yang berbasis teknologi ini, Fakultas Syariah UIN Maliki Malang mendirikan Laboratorium Komputer yang memiliki peran sebagai unit penunjang akademik Fakultas Syariah dan sebagai sarana kajian, penelitian dan belajar mandiri bagi dosen dan mahasiswa.

Sebagai unit penunjang akademik, Laboratorium Komputer menjalankan perannya sebagai sarana dan prasarana dalam menunjang praktikum beberapa matakuliah yang bisa dilakukan melalui media komputasi, seperti penelitian Hadits, studi al-Qur’an, studi turats (kitab kuning), praktikum falak dan lain sebagainya.

Selain itu, Laboratorium Komputer juga merupakan tempat atau sarana yang melayani dan memfasilitasi para mahasiswa dan dosen untuk menggali literatur-literatur melalui jaringan internet dan Digital Library yang telah dikembangkan di Laboratorium Komputer. Dengan adanya Digital Library ini, Laboratorium Komputer ini diharapkan bisa menjadi sarana kajian, penelitian dan belajar mandiri bagi dosen dan mahasiswa melalui koleksi-koleksi digital yang ada, seperti buku elektronik, jurnal elektronik, software pendidikan, video edukasi, audio, dan lain sebagainya.

B. Visi dan Misi

Visi

Menjadi pusat pembelajaran mandiri bagi dosen dan mahasiswa Fakultas Syariah UIN Maliki Malang.

Misi

  1. Menyediakan media praktikum matakuliah menggunakan fasilitas IT.
  2. Menyediakan media pembelajaran mandiri bagi mahasiswa dan dosen.

 

C. Program Kerja

Program kerja Laboratorium Komputer Malang meliputi:

  1. Menyediakan sarana belajar mandiri berupa educative software, e-books yang memuat berbagai bidang karya intelektual Islam, seperti, tafsir, hadis, fiqh, ushul fiqh, akidah, tasawuf, sirah nabawiah dan lain sebagainya, serta koleksi digital lainnya yang terhimpun dalam Digital Library.
  2. Mengadakan pelatihan studi al-Qur’an, Hadits dan Kitab Kuning (turats) bagi mahasiswa, dosen dan masyarakat.
  3. Membangun dan mengelola situs resmi fakultas syariah sebagai pusat informasi, media sosialisasi, forum komunikasi civitas akademik fakultas syariah.
  4. Membangun dan mengelola digital library sebagai pusat belajar mandiri bagi civitas akademik fakultas syariah.

 

D. Sumber Media Laboratorium Komputer

Laboratorium Komputer melakukan digitalisasi dari media-media sebagai berikut:

  • Buku/Kitab, jurnal, artikel dan lain-lain
  • Microfilm
  • Kaset
  • VCD, DVD, MiniDV
  • Gambar dan Foto
  • Education Software

Dari media-media di atas menghasilkan koleksi digital yang berupa:

1. Electronic References

2. Education Software

3. Koleksi Video

4. Koleksi Audio.

 

Laboratorium Komputer dan Pengembangan IT

Tugas:

1) Menyediakan sarana belajar mandiri berupa educative software, e-book yang memuat berbagai bidang karya intelektual Islam, seperti tafsir, hadist, fiqih, akidah, tasawuf, sirah nabawiah dan lain sebagainya, serta koleksi digital lainnya yang terhimpun dalam Digital Library.

2) Megadakan pelatihan studi al-Qur’an, Hadits dan Kitab Kuning (turats) berbasis perangkat teknologi informasi bagi mahasiswa,dosen dan masyarakat umum

3) Mengadakan pelatihan komputer dasar dan aplikasi perkantoran.

4) Membagun dan mengelola situs resmi Fakultas Syariah sebagai pusat informasi, media sosialisasi, forum komunikasi civitas akademik fakultas syariah.

5) Membangun dan mengelola digital library sebagai pusat belajar mandiri bagi civitas akademik fakultas syariah.

6) Menjaga dan memelihara perangkat computer di fakultas syariah.

 

Wewenang :

1) Menerbitkan sertifikat untuk pelatihan pelatihan dalam bidang teknologi informasi.

2) Mengusulkan penyediaan perangkat-perangkat elektronik di Fakultas Syariah.

FAKULTAS SYARIAH

UNIVERSITAS ISLAM NEGERI MAULANA MALIK IBRAHIM MALANG
Alamat Kantor:
Gedung Megawati Soekarno Putri, Jl. Gajayana 50, Malang, Kode Pos 65144.
Telepon / Faksimile: 0341-559399
Email: This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.">This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.
Website: http://syariah.uin-malang.ac.id

Data Pengunjung 

7755470
Today
Yesterday
This Week
Last Week
This Month
Last Month
All days
9618
15348
50097
7627802
222007
298695
7755470

Your IP: 127.0.0.1
2017-11-22 14:36
#fc3424 #5835a1 #1975f2 #2fc86b #feduc9 #eef11045 #140114115202