7.png7.png134.png5.png
Unit Penunjang

Fasilitas & Unit Penunjang Akademik

Lab. Multimedia & Studi Islam

Laboratorium Multimedia dan Studi Islam

Laboratorium Multimedia dan Studi Islam memiliki koleksi mencakup kitab-kitab turats, buku-buku pustaka, jurnal, dan sumber-sumber literatur pembelajaran lainnya yang mendukung proses pembelajaran dan pengajaran di Fakultas Syariah. Laboratorium Multimedia dan Studi Islam ini juga menginventarisir dan mengabadikan hasil karya civitas akademika Fakultas Syariah UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, seperti hasil penelitian dosen/ mahasiswa, buku ajar hasil karya dosen, skripsi, dan karya ilmiah lain.

Tugas:

a) Membuat aturan peminjaman buku dan tata tertib perpustakaan

b) Melaksanakan pelayanan Laboratorium Multimedia dan Studi Islam sesuai dengan aturan yang telah ditetapkan.

c) Bertanggungjawab terhadap buku-buku dan koleksi pustaka lainnya.

d) Mendata buku-buku yang dibutuhkan sesuai dengan keilmuan syariah

e) Membuat aturan tentang perizinan naskah copy file skripsi mahasiswa untuk diterbitkan pada jurnal fakultas

Wewenang:

a) Menerbitkan kartu anggota Laboratorium Multimedia dan Studi Islam

b) Merekomendasikan judul buku-buku baru untuk melengkapi buku-buku yang telah ada

c) Memberikan pengarahan serta pencarian solusi yang tepat dalam setiap kegiatan maupun pengambilan keputusan terkait dengan Laboratorium Multimedia dan Studi Islam Fakultas Syariah

d) Mengevaluasi strategi dan program pengembangan perLaboratorium Multimedia dan Studi Islam Fakultas Syariah

Lab.Keluarga Sakinah

Laboratorium Keluarga Sakinah

Kajian dan Advokasi Hukum merupakan unit penunjang akademik Fakultas Syariah Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang sebagai lembaga untuk memberikan pelatihan, skil kepada mahasiswa dalam praktek memberikan layanan konsultasi, pendampingan klien, dan menyelesaikan konflik melalui mediasi, serta dapat mendampingi para klien dalam perkara litigasi maupun non-litigasi melalui Asosiasi Pengacara Syariah Indonesia (APSI). Melakukan pengkajian, penelitian dan pengembangan ilmu-ilmu syariah dalam konteks ke-Indonesia melalui wadah organisasi Himpunan Ilmuwan dan Sarjana Syariah Indonesia (HISSI). Adapun unit-unit yang terdapat dalam LBHK adalah sebagai berikut:

1). Maliki Mediation Center (M2C)

Dikeluarkannya Surat Keputusan Ketua Mahkamah Agung RI Nomor 092A/KMA/SK/VII/2009, memungkinan Pusat Mediasi Nasional (PMN) memberikan sertifikat kepada para calon praktisi hukum yang akan menjadi mediator terdaftar di lembaga peradilan. Oleh karena itu, konsentrasi mediasi yang ditetapkan berdasarkan Surat Keputusan Rektor Nomor Un.3/PP.00.9/2656/2010 tertanggal 29 Oktober 2010 tentang pembukaan dan penetapan konsentrasi Program Studi Hukum Keluarga Islam (Al Ahwal Al Syakhshiyyah), Bertujuan untuk menghasilkan Sarjana Hukum Islam (S.HI) yang selain memiliki kompetensi utama sebagai hakim Pengadilan Agama, juga memiliki kompetensi berkarya di bidang mediasi baik mediasi judicial maun non-judisial. Sejak berlakunya Peraturan Mahkamah Agung Nomor 1 Tahun 2008 tentang Prosedur Mediasi di pengadilan, tertangggal 31 Juli 2008, dalam tataran teoritis dan praktis senantiasa memerlukan pengkajian yang mendalam, terutama untuk tujuan penerapan yang lebih komrehensif. Dalam kerangka ini, mediasi dipahami sebagai upaya perdamaian yang intensitas pelaksanaannya dilakukan lebih komprehensif dan sungguh-sungguh oleh mediator. Tidak dapat dinafikan bahwa ada upaya-upaya perdamaian yang dilakukan oleh hakim mediator berhasil mendamaikan para pihak, namun juga tidak jarang bahwa proses-proses mediasi tersebut terkesan formalistik.Pengalaman memberikan pendampingan terutama dalam sejumlah kasus dan Persoalan konflik keluarga, pendampingan dan penguatan keluarga sakinah, juga pengalaman menjadi fasilitator konflik antar agama, merupakan potensi yang dimiliki dan harus dikembangkan secara lebih luas oleh Maliki Mediation Centre (M2C) Malang. Dukungan fasilitas serta sarana dan prasarana yang memadai, lingkungan akademik yang mendukung, serta meinimnya tenaga mediator, sementara masalah konflik dan ketegangan terus muncul, maka M2C Malang perlu mengukuhkan diri sebagai pusat mediasi yang dapat memberikan layanan bagi masyarakat, demi terwujudnya kedamaian dan keharmonisan bagi semua dengan motto peace and harmony for all.

Visi :

Terwujudnya pusat mediasi yang unggul dalam mengembangkan kehidupan yang harmonis dan damai

Misi:

a) Mempromosikan mediasi sebagai alternative penyelesaian konflik dalam masyarakat

b) Mengembangkan kehidupan yang menjunjung tinggi prinsip perdamaian dan keharmonisan.

Tujuan:

a) Memberikan layanan mediasi bagi masyarakat yang mengalami konflik, baik melaui mediasi Yudisial maupun non-Yudisial.

b) Mendesiminasikan pola-pola penyelesaian konflik dan sengketa dalam persoalan keluarga, bisnis, konflik agama, konflik gender, maupun konflik lainnya.

c) Merupakan tempat latihan dan magang khususnya bagi mahasiswa Jurusan Al Ahwal Al Syakhshiyyah yang mengambil konsentrasi mediasi, maupun mahasiswa Fakultas Syariah pada umumnya yang memiliki minat kepada mediasi.

Program Kerja:

1. Layanan Konsultasi Konflik Keluarga

2. Pendampingan Klien non-litigasi

3. Pelatihan Mediasi Judisial dan non-Judisial

4. Pengabdian Masyarakat dalam menangani konflik.

Mediator:

Dr. Hj. Tutik Hamidah, M. Ag., Dr. Hj. Mufidah Ch., M. Ag., Dr. Hj. Umi Sumbulah, M. Ag., Dr. H. Roibin, M. HI., Dr. M. Fauzan Zenrif, M. Ag., Dr. Suwandi, M.H., Musleh Herry, S.H., M.Hum., Erfaniah Zuhriah, M.H., Dr. Zaenul Mahmudi, M.A., Ahmad Izzuddin, M.HI., Dr. M. Nur Yasin, M.Ag., Dr. Badruddin, M.HI., Dr. Abbas Arfan, Lc.M.H., Dr. Sudirman, M.A., Jamilah, M.A., Erik Sabti Rahmawati, M.A., Dra. Jundiani, S.H., M.Hum., Drs. H. Alimuddin dan Dr. Abdul Kodir, S.HI.

2)Biro Konsultasi Kelurga Sakinah (BK2S)

Biro Konsultasi Keluarga Sakinah ini dibentuk atas keprihatinan akan semakin meningkatnya angka perceraian di kota Malang maupun di Jawa Timur, begitu juga berdasarkan fakta-fakta atau temuan di lapangan seperti Kekerasan dalam Rumah Tangga (KDRT) yang semakin tak terkendali bahkan kasus pencabulan atau pemerkosaan dan trafficking pada remaja serta anak di bawah umur. Penyebabnya tidak lain adalah dari bangunan keluarga yang kurang kuat, rapuhnya pondasi agama, minimnya pemahaman pasangan suami istri terhadap fungsi dan peran masingmasing dalam keluarga, dan menejemen konflik yang buruk. Pada saat ini Biro Konsultasi Keluarga Sakinah telah melakukan pendidikan dan pelatihan berupa pelatihan konsultan keluarga, Sosiologi keluarga, pendidikan anak, manajemen konflik, teknik konseling dan lain sebagainya. Rencana kegiatan selanjutnya adalah melakukan survey dan penelitian program gerakan keluarga sakinah di Malang, melaksanakan workshop penguatan konsultan dan membuka rubrik konseling keluarga sakinah di media elektronik se-Malang.

Visi :

Mewujudkan tata kehidupan masyarakat Indonesia yang sakinah dan mengamalkannya

Misi :

a) Melakukan pengkajian, penelitian dan pengembangan dalam konteks keluarga sakinah.

b) Membantu masyarakat dalam memecahkan masalah keluarga.

c) Meningkatkan kualitas SDM yang berakhlakul karimah.

d) Membantu pemerintah dalam penekanan Menjalin kerjasama yang saling menguntungkan dengan lembaga pemerintah atau non pemerintah.

Tujuan:

Memberikan pelayanan kepada masyarakat dalam mewujudkan keluarga sakinah melalui pendidikan dan pelatihan, bimbingan konseling serta pendampingan keluarga berbasis Islam.

Program Kerja:

Pendidikan dan pelatihan : Psikologi keluarga, Pendidikan anak dan remaja, Pendidikan pra nikah, Keremajaan Masjid maupun Organisasi kemasyarakatan Penelitian : Keagamaan (Aliran dan Hukum), Keluarga sakinah, Sosial keagamaan dan kemasyarakatan, Gender dan Islam. Bimbingan dan konseling : Pembinaan anggota keluargam, Masalah anak dan remaja, Kekerasan Dalam Rumah Tangga dan Tracfiking anak, Hukum keluarga Islam. Pendampingan : Korban KDRT (perempuan dan anak), Remaja dan anak bermasalah, Korban perceraian. Sasaran : Masyarakat dan Lembaga/ Instansi terkait.

Kerjasama

Dalam melaksanakan dan mengoptimalkan program-program tersebut Biro Konsultasi Keluarga Sakinah akan bekerjasama dengan lembaga dan instansi yang terkait serta berkompeten di bidangnya, yaitu:

Alumni Fakultas Syariah UIN Maliki Malang, Lembaga terkait, antara lain: Kantor Kemenag se-Jatim, Pengadilan Agama se-Jatim, Lembaga Pemberdayaan perempuan, Organisasi Kemasyarakatan, Women Crisis Center, Pusat Pelayanan Terpadu (PPT), Pusat Pelayanan Perempuan dan Anak (P3A), Lembaga Bantuan Hukum (LBH), Pondok Pesantren, Sekolah, Madrasah dan Perguruan Tinggi.

3. Asosiasi Pengacara Syariah Indonesia (APSI)

UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945 telah menegaskan, bahwa Negara Republik Indonesia adalah Negara Hukum, dan oleh karenanya, setiap warga Negara mempunyai kedudukan yang sama di hadapan Hukum dan Pemerintahan, juga mempunyai hak untuk memperoleh keadilan, perlakuan dan perlindungan hukum yang sama, serta berhak pula menuntut keadilan dan kebenaran berdasarkan ketentuan hukum yang berlaku tanpa pembedakan berdasarkan suku, agama, ketuhanan, kedudukan, dan golongan. Bahwa Advokat sebagai profesi terhormat (officium nobile) adalah salah satu untur penegak hukum yang mengabdi kepada bangsa dan Negara untuk memberikan bantuan dan pelayanan hukum demi terwjudnya kepastuan hukum, keadilan, dan kebenaran serta demi menjunjung tinggi hak-hak asasi manusia untuk kepentingan masyarakat pencari keadilan, ter masuk upaya memberdayakan masyarakat dalam menyadari hak-hak fundamental mereka di hadapan hukum berdasarkan Pancasila dan UUD 1945. Bahwa atas ridla dan Rahmat Allah swt serta didorong oleh semangat dan tekad pengabdian Untuk menjalankan profesinya sebagai pengacara seperti tersebut di atas, untuk mempersatukan pengacara, khususnya sarjana syari’ah (Hukum Islam) di Malang Raya dalam satu wadah organisasi pengacara yang mandiri dan mampu berperan aktif untuk tegaknya supremasi hukum dan sekaligus berfungsi sebagai sarana untuk berserikat dan berorganisasi, maka pada tangal 16 Januari 2009 M/19 Muharram 1430 H dibentuklah wadah yang berbanama “ASOSIASI PENGACARA SYARI’AH INDONESIA” yang disingkat APSI Cabang Malang Raya, dan dideklarasikan pada 6 April 2009 yang dihadiri oleh Ketua Mahkamah Konstitusi.

Maksud:

1. Mempersatukan para Advokat Syari’ah dalam suatu wadah organisasi kemasyarakatan.

2. Menumbuhkan dan memelihara ukhwah (solidaritas) dan persatuan di antara para anggota.

3. Berpartisipasi secara aktif dalam menyuluhkan hukum dan pembinaan budaya hukum masyarakat serta memberikan pelayanan hukum dalam rangka pemerataan kesempatan memperoleh keadilan dan perlindungan.

Tujuan:

1. Menegakkan hukum, keadilan, dan perlindungan hukum terhadap harkat dan martabat manusia serta tegaknya supremasi hukum di Indonesia demi terwujudnya Negara hukum sesuai dengan Undang-Undang Dasar 1945, dan

2. Turut berusaha mewujudkan masyarakat yang adil makmur, aman, tentram, dan tertib sesuai dengan tujuan pembangunan nasional.

Program Kerja

1. Penyuluhan Hukum di Pedesaan/Kelurahan

2. Pelatihan dan Seminar Bantuan Hukum Perbankan

3. Kajian Rutin ”Sabtuan” anggota APSI

4. Bantuan Hukum Gratis bagi masyarakat muslim yang tidak mampu

5. Sosialisasi Sadar Hukum Masyarakat

6. Bantuan dan Konsultasi Keluarga Sakinah

7. Pendidikan Khusus Profesi Advokat (PKPA)

8. Pelatihan soal tes Calon Hakim dan Advokat

9. Praktek beracara bagi peserta magang (calon advokat)

4. Himpunan Ilmuwan dan Sarjana Syariah Indonesia (HISSI)

Sesungguhnya syari’at Islam yang bersumber dari wahyu Allah (al-Qur’an) dan sunnah Rasulullah saw (al Hadist), itu diturunan untuk mengatur kemaslahatan manusia dan sekaligus mencegah dari kemungkinan kemafsadatan yang menimpanya. Nilainilai kebenaran dan keadilan yang ada di dalamnya, yang selalu sesuai dengan tuntutan zaman dan keadaan, sangatlah tepat untuk terus menerus digali, dikembangkan dan diamalkan pemeluk-pemeluknya. Mengingat Negara Kesatuan Republik Indonesia berpenduduk mayoritas Muslim dan terbesar pula di seluruh dunia saat ini, maka sungguh merupakan suatu hal yang wajar bila syari’at Islam difungsikan sebagai salah satu pengayom dan pengawal bagi umat Islam khususnya dan umat manusia pada umumnya, terutama dalam menghadapi dinamika pembangunan Indonesia di satu pihak dan dinamika perkembangan dunia modern di pihak lain.Mengamati fenomena sosial kemasyarakatan dan sosial keagamaan yang terus berkembang selama ini, kiranya tepat apabila para ilmuan dan sarjana syari’ah mengambil peran serta kelembagaan guna turut aktif memecahkan berbagai problem sosial keagamaan, keumatan, kenegaraan dan lain-lain yang dihadapi oleh masyarakat dan bangsa Indonesia. Guna mewujudkan gagasan, konsep dan cita mulia di atas, maka dideklarasikanlah suatu organisasi ke-Islam-an dan kesarjanaan sebagai salah satu wadah pemersatu bagi para ilmuawan dan sarjana syari’ah di seluruh Indonesia.

Visi:

Mewujudkan tata kehidupan masyarakat Indonesia yang memahami, menghayati, dan mengamalkan syariat Islam.

Misi:

1. Melakukan pengkajian, penelitian, dan pengembangan ilmu-ilmu syari’ah dalam konteks ke- Indonesia’an

2. Meningkatkan kualitas sumber daya manusia/insani (SDM/SDI) yang kompeten di bindang syari’ah;

3. Memberikan landasan nilai-nilai kesyariahan dalam pembentukan dan pengembangan perundang-undangan di Indonesia;

4. Membina dan mengembangkan kehidupan masyarakat yang menjunjung tinggi syari’ah;

5. Menjalin kerja sama yang saling menguntungkan dengan lembaga pemerintah maupun non pemerintah, dalam dan luar negeri;

6. Memperkuat kelembagaan syari’ah (dan kesyariahan) di Indonesia.

No

Bidang-Bidang

Rancangan Program Kerja

1

Pemberdayaan Umat

 

1. Meningkatkan kualitas kehidupan masyarakat yang menunjang tinggi syariah;

2. Melakukan pelatihan untuk penguatan kompetensi kesyariahan para anggota;

3. Mensosialisasikan Perundang-Undangan Syariah Indonesia di

Masyarakat

2

Penelitian dan

Pengembangan Hukum Islam

1. Melakukan seminar,dialog, lokakarya untuk membahas berbagai persoalan aktual dan strategis hukum Islam;

2. Melakukan penelitian untuk pengembangan hukum Islam di Indonesia;

3. Melakukan penelitian dan pengembangan organisasi.

3

Ekonomi Syariah

 

1. Melakukan kajian terhadap

berbagai aspek pembangunan

nasional di bidang ekonomi Islam;

2. Melakukan seminar, dialog, lokakarya untuk membahas berbagai persoalan aktual dan strategis di bidang Ekonomi Islam;

3. Pengembangan usaha menadiri

ataupun kemitraan dengan sistem

pertanggungjawaban yang jelas

4

Hukum dan Perundang -Undangan

 

1. Melakukan pengkajian terhadap pembentukan dan pengembangan perundangundangan di Indonesia,

khususnya yang bernuansa syariah;

2. Menjalin kerjasama

dengan BPHN dan DPR

dalam rangka mengakses

RUU yang bernuansa

Syariah;

3. Menyampaikan aspirasi

ke lembaga Legislatif,

Eksekutif, dan Yudikatif

dalam rangka penguatan

perundang-undangan yang

bernuansa Syariah.

5

Advokasi dan Kenotariatan

 

1. Memberikan advokasi

dalam proses penerapan

Syariat Islam di Indonesia;

2. Mengembangkan sistem

kenotariatan Syariah;

3. Mengadakan pelatihan/

pendidikan kenotariatan

Syariah;

4. Mengadakan pelatihan

kemahiran hukum

ekonomi syariah.

6

Pembinaan Organisasi dan

Lembaga

 

1. Mengusahakan tersedianya

sekretaris /kantor HISSI

yang permanen dan

representatif; 2.

Melakukan registrasi keanggotaan

dan menyusun

data base anggota;

3. Mengembangkan

kelembagaan di Malang;

4. Melakukan konsilidasi

organisasi melalui rapatrapat

koordinasi;

5. Sosialisasi kebijakankebijakan

organisasi

7

Kerjasama Kelembagaan

 

1. Meningkatkan hubungan

dan kerjasama dengan

berbagai kalangan, antara

lain dengan pemerintah

daerah, lembaga legislatif

daerah, orsospol, ormas,

dan lembaga-lembaga

pengembangan kemasyarakatan

serta

melaksanakan

kegiatankegiatan

yang dapat mendorong

terwujudanya kehidupan

masyarakat yang

menjunjung tinggi syariah;

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Kelas Internasional

Laboratorium Kelas Internasional

Unit International Class Program adalah salah satu unit penunjang yang bertanggung jawab pada proses pelaksanaan International Class Program baik secara teknis dan administrati melalui koordinasi dengan jurusan seperti proses rekrutmen peserta, proses belajar mengajar serta evaluasi dari proses belajar tersebut. Dalam rangka memperkuat kompetensi bahasa Arab dan Bahasa Inggris terkait dengan penugasan–penugasan perkuliahan pada international class program, unit ini memberikan fasilitas layanan konsultasi bahasa Arab maupun bahasa Inggris dan karya tulis ilmiah berbahasa Arab dan Inggris bagi mahasiswa international class program dan mahasiswa kelas regular di fakultas Syariah. Unit ini juga memberikan layanan konsultasi akademik yang terkait dengan dengan proses belajar mengajar mahasiswa selama perkuliahan International Class Program berlangsung. Selain bertanggung jawab pada proses belajar mengajar pada international class program, unit ini juga bertanggung jawab pada materi pembelajaran mata kuliah reading text bagi jurusan al-Ahwal al-Syakhsiyyah dan jurusan Hukum Bisnis Syariah serta hal –hal teknis terkait dengan mata kuliah tersebut.

Tugas:

a) Memberikan layanan peningkatan kemampuan bahasa Arab dan bahasa Inggris bagi mahasiswa International class program terkait dengan penugasan-penugasan perkuliahan pada International Class Program

b) Memberikan layanan konsultasi karya tulis ilmiah berbahasa Arab dan Inggris bagi mahasiswa fakultas Syariah

c) Memberikan layanan konsultasi akademik yang terkait dengan proses belajar mahasiswa selama perkuliahan International Class berlangsung

d) Melakukan pengkajian atas capaian kompetensi akademik mahasiswa International Class Program

Wewenang:

a) Melakukan hubungan dengan pihak luar untuk kepentingan magang dan peningkatan kompetensi internasional mahasiswa International Class Program

b) Mengkoordinir pembelajaran Mata Kuliah Reading Text di Jurusan al-Ahwal al-Syakhsiyyah dan jurusan Hukum Bisnis Syariah di Fakultas Syariah

c) Memberikan sertifikat bagi mahasiswa yang telah lulus mata kuliah Reading Text.

Pusat Penjaminan Mutu

Pusat penjaminan Mutu (PPM) Fakultas Syaraiah

Pusat Penjaminan Mutu (PPM) Fakultas Syariah Universitas IslamNegeri Maulana Malik Ibrahim merupakan salah satu unit yang dibentuk untuk mendukung tercapainya tujuan fakultas sesuai visi dan misi yang telah ditetapkan. Untuk memulai rencana ini, PPM di permulaan tahun 2011 telah melakukan merumuskan program kerja   terkait penyusunan prosedur mutu agar dapat diberlakukan pada setiap unit kerja secara sistematis sesuai struktur manajemen di fakultas syariah. Karena  prosedur  mutu  ini  berfungsi untuk meningkatkan kualitas kegiatan, maka penyusunannya harus dilakukan secara tepat agar dapat memudahkan masing-masing unit dalam menjalankan kegiataannya. Disamping mengawasi implementasi prosedur mutu, unit PPM Fakultas Syariah juga melakukan kegiatan   rekapitulasi jurnal perkuliahan untuk memantau kinerja dosen. Sebagai bahan evaluasi, unit PPM juga berkepentingan melakukan survey untuk mengetahui Indek Kepuasan Mahasiswa (IKM) terhadap kinerja dosen dalam memberikan pelayanan akademik.

 

Laboratorium Hukum

PROFIL LABORATORIUM HUKUM

FAKULTAS SYARIAH UIN MALIKI MALANG

 

1. Gambaran Sekilas

Laboratorium Hukum adalah salah satu laboratorium di fakultas syariah yang mempunyai tugas menyelenggarakan kegiatan akademik di bidang praktis sebagai tambahan teori yang telah diperoleh mahasiswa di kelas, dan memberikan pelayanan hukum kepada masyarakat, khususnya masyarakat golongan menengah ke bawah, sebagai wujud tugas pengabdian social kepada masyarakat. Lembaga ini juga bertujuan memberikan pelatihan dan pengalaman kepada para mahasiswa dalam menyelenggarakan paktik kemahiran hukum, teknik beracara baik melalui pegadilan (litigasi) maupun di luar pengadilan (non-litigasi), serta praktik bantuan dan konsultasi hukum dengan melibatkan para praktisi, seperti hakim Pengadilan Agama dan Pengadilan Negeri serta para advokat/praktisi.

2. Pengertian Dasar

Pratikum hukum adalah strategi pembelajaran kemahiran hukum yang menggunakan sarana laboratorium hukum. Praktik kemahiran hukum tersebut bertujuan agar mahasiswa dapat mempraktekkan pengetahuan hukum acara yang telah diperolehnya dengan mendayagunakan kemampuan kognitif, kemampuan afektif dan kemampuan psikomotorik. Laboratorium Hukum adalah tempat bagi mahasiswa untuk berlatih kemahiran hukum. Penggunaan dan pengembangan sarana laboratorium hukum berdasarkan pada hasil identifikasi kompetensi lulusan yang diharapkan.

3. Visi dan Misi Laboratorium Hukum

Sebagai lembaga akademik yang bergerak di bidang praktis, Laboratorium Hukum mempunyai visi ”Mewujudkan Laboratorium Hukum sebagai sarana untuk mempersiapkan Sarjana Syariah yang handal dan profesional. Selain itu Laboratorium Hukum juga mengemban Misi:

a. Mengembangkan sumber daya manusia di bidang hukum dengan menyelenggarakan pelatihan hukum secara profesional;

b. Memberikan pelayanan hukum kepada masyarakat dengan menjunjung tinggi supremasi hukum. Untuk mewujudkan Visi dan Misi tersebut di atas, Laboratorium Hukum melakukan berbagai strategi, sebagai berikut:

a. Menyelenggarakan kegiatan akademik di bidang praktis dan pelayanan hukum kepada masyarakat sebagai tugas pengabdian;

b. Menyelenggarakan penelitian dan kajian hukum serta memberikan informasi dan penyuluhan hukum kepada masyarakat;

c. Menyelenggarakan pelatihan hukum sebagai wujud dari upaya pengembangan sumber daya manusia di bidang hukum;

d. Menjalin kerjasama dengan lembaga ilmiah, Komunitas Profesi, institusi pemerintahan dan non pemerintah, serta berbagai institusi masyarakat lainnya, baik lokal maupun nasional.

4. Ruang Lingkup

Ruang lingkup materi Praktik Kemahiran Hukum adalah Hukum Acara yang berlaku di Pengadilan (litigasi) maupun di luar Pengadilan (non litigasi) Di Indonesia. Oleh karenanya seluruh kegiatan dalam praktikum selalu berfokus pada beberapa hal, antara lain:

1. Hukum beracara di pengadilan: Pengajuan gugatan/ permohonan, pemeriksaan dalam sidang, pembuktian, putusan hakim, upaya hukum dan pelaksanaan putusan.

2. Pengaturan penyelesaian sengketa alternatif yang dilakukan di luar Pengadilan dalam bentuk negosiasi, mediasi, konsiliasi maupun arbitrase.

5. Program Kerja

Beberapa kegiatan diagendakan sebagai program kerja lembaga ini yang dimaksudkan untuk menunjang tercapainya visi dan misi yang telah ditentukan. Program kerja yang dimaksud adalah:

1. Menyelenggarakan Praktik Kemahiran Hukum (baik litigasi maupun non-litigasi) bagi mahasiswa yang telah memenuhi syarat-syarat yang telah ditentukan dengan pendampingan para dosen dan praktisi yang telah ditunjuk.

2. Mengadakan pengkajian hukum terkait dengan isu-isu krusial yang sedang berkembang di masyarakat.

3. Meningkatkan kualitas pembelajaran berbasis laboratorium melalui Lecture Notes in the Web.

4. Memberikan penyuluhan hukum kepada masyarakat secara luas.

5. Melakukan penelitian hukum integratif terhadap hasil putusan pengadilan.

6. Melakukan pengklipingan masalah-masalah hukum dari berbagai sumber/media cetak.

7. Melakukan pendataan koleksi buku dan perundangundangan.

8. Penerbitan artikel-artikel hukum melalui Unit Penerbitan Fakultas.

9. Penerbitan Panduan Praktikum bagi seluruh dosen pengampu matakuliah terkait.

10. Mengadakan kerjasama dengan lembaga-lembaga luar (stakeholder).

11. Surfing informasi terbaru, utamanya hasil-hasil putusan pengadilan baik skala nasional maupun internasion

12. Memberikan bantuan dan pelayanan hukum bag imasyarakat.

13. Perawatan inventaris.

14. Memperkaya informasi tentang hukum dengan berlangganan majalah hukum dari berbagai lembaga di luar.

Laboratorium Falak

LABORATORIUM FALAK FAKULTAS SYARIAH

UNIVERSITAS ISLAM NEGERI MAULANA MALIK IBRAHIM MALANG

 

A. Dasar Pemikiran

Berdasarkan fakta di lapangan, menurut hasil penelitian Depag menjelaskan bahwa jadwal waktu shalat yang beredar di masyarakat yang berbeda satu sama lain, demikian juga arah kiblat masjid-masjid dan mushalla yang ada di tengah-tengah masyarakat satu sama lain masih ada perbedaan, bahkan penyimpangannya ada yang mencapai 20 derajat atau lebih besar lagi. Demikin pula tentang persoalan yang terkait dengan perbedaan penentuan awal bulan Ramadlan, Syawal, dan Dzulhijjah merupakan problem akurasi data dan perhitungan, yang perlu diadakan pendekatan secara ilmiah dan syari’at secara simultan. Dan perlu juga adanya sentuhan yang bernuansa teknologi dalam problem di atas karena sudah menjadi kebutuhan kemajuan zaman.

Di sinilah urgensi dari keberadaan Laboratorium Falak dan Komputer sebagai salah satu unit yang berada di lingkungan Fakultas Syariah

Guna menguatkan usaha-usaha mendapatkan akurasi data hasil-hasil kegiatan Hisab-Rukyat maka Fakultas Syariah UIN Maulana Malik Ibrahim Malang meresponnya secara baik dengan mendirikan Laboratorium Falak sebagai sarana kajian, penelitian dan belajar mandiri serta praktikum falakiyah terutama bagi dosen dan mahasiswa Fakultas Syariah UIN Maulana Malik Ibrahim Malang.

Dengan demikian keberadaan Laboratorium Falak ini dirasakan sangat penting dan diharapkan dapat memberikan sumbangsihnya yang nyata bagi pelaksanaan tugas-tugas dosen, mahasiswa serta kaum muslimin umumnya dalam mencari solusi terbaik dari problem-problem yang bernuansa falakiyah. Laboratorium Falak ini juga diharapkan mampu mendorong usaha-usaha mencari data-data yang lebih akurat tentang perjalanan benda-benda langit, terutama peredaran matahari, bulan dan bumi, karena data-data tersebut akan menjadi rujukan untuk menentukan waktu-waktu ibadah secara tepat dan akurat.

Demi untuk pengembangan dan pengelolaan Laboratorium secara optimal maka perlu adanya rencana strategis yang disusun selama beberapa tahun ke depan. Untuk lima tahun ke depan fokus pengelolaan dan pengembangan laboratorium bertumpu pada penguatan dan penyediaan infrastruktur dan suprastrukstur yang ada dalam laboratorium serta pengayaan program kegiatannya.

B.  Visi dan Misi

  • Visi

Menjadi pusat kajian dan pengembangan ilmu falak serta menjadi pendorong terwujudnya praktikum /kegiatan Hisab-Rukyat yang professional dan berkualitas

  • Misi
  1. Meningkatkan wawasan dan pengetahuan tentanng falakiyah yang bersifat fungsional dengan pelaksanaan ibadah.
  2. Melayani dan mendoronng minat kajian dan pelatihan falakiyah
  3. Menfasilitasi kegiatan praktikum falakiyah untuk mendaptkan hasil yang lebih berkualitas.

 

C.  Program Kegiatan

1. Program Konsultasi dan Kajian Falakiyah

Program Konsultasi dan Kajian Falakiyah diselenggarakan untuk meningkatkan wawasan dan pengetahuan teoritis dan praktis mahasiswa, dosen atau masyarakat umum. Studi Falakiyah ini bisa berupa penelusuran sumber-sumber ilmu Falak dan pemberian layanan konsultasi persoalan yang bersifat falakiyah.

2. Pendidikan dan Pelatihan Hisab Rukyat (Sekolah Falak berbasis IT)

Pendidikan dan Pelatihan Hisab rukyat diselenggarakan untuk mencetak dan menghasilkan para ahli falak yang mempunyai wawasan, keterampilan dan kemampuan dalam bidang falak yang berkualitas dan professional sesuai dengan tuntutan zaman yang bisa mensinergikan antara agama dan iptek.

a. Praktikum Falak

Yang dimaksud dengan praktikum Falak adalah suatu kegiatan yang merupakan aplikasi dari teori-teori yang menjadi materi pokok ilmu Falak

  1. Tujuan Praktikum Falak
    1. Meningkatkan keterampilan dan pengalaman praktis di lapanngan dalam menentukan arah kiblat suatu tempat, mushalla atau masjid.
    2. Meningkatkan keterampilan dan pengalaman praktis di lapanngan dalam membuat jadwal waktu shalat untuk suatu tempat atau daerah
    3. Meningkatkan keterampilan dan pengalaman praktis di lapanngan dalam membuat kalender Hijriyah dan Masehi
    4. Meningkatkan keterampilan dan pengalaman praktis di lapanngan dalam melakukan Rukyatul Hilal atau observasi hilal
  2. Jenis-jenis praktikum

Praktik menentukan arah kiblat

Praktik menentukan arah kiblat merupakan kegiatan yang dilakukan untuk menjawab persoalan bagaimana wujud aplikasi praktis di lapangan dalam menentukan arah kiblat suatu tempat, musalla atau masjid.

  1. Praktik membuat jadwal waktu shalat

Praktik membuat jadwal waktu shalat merupakan kegiatan yang dilakukan untuk menjawab persoalan bagaimana wujud aplikasi praktis di lapangan dalam membuat jadwal waktu shalat untuk suatu daerah atau wilayah yang dilengkapi dengan koreksi bujur (waktu) untuk daerah lain.

  1. Praktik membuat kalender Hijriyah dan Masehi

Praktik membuat kalender Hijriyah dan Masehi merupakan kegiatan yang dilakukan untuk menjawab persoalan bagaimana wujud aplikasi praktis di lapangan dalam membuat kalender hijriyah dan masehi yang dilengkapi dengan hari-hari libur Nasional maupun keagamaan.

  1. Praktik Rukyatul Hilal

Praktik Rukyatul Hilal merupakan kegiatan yang dilakukan untuk mensinergikan antara hasil Hisab (perhitungan) penentuan awal bulan dengan observasi terhadap munculnya penampakan hilal di lapangan dengan menggunakan perlatan yang tersedia di laboratorium.

  1. Pelaksanaan Praktikum

Praktikum Falak dilaksanakan secara terstruktur sesuai dengan materi praktik menentukan arah kiblat, waktu shalat, pembuatan kalender, rukyatul hilal, observasi gerhana. Adapun jadwal praktikum sebagai berikut :

No

Jenis Praktik

Waktu

Tempat

1

Menentukan arah kiblat, waktu shalat dan membuat kalender

1 x 1 bulan

Ruang Laboratorium Falak dan lingkungan Kampus UIN Malang

2

Rukaytul Hilal

1 x 1 smster dan pada awal Muharram,  Ramadlan, Syawal dan Dzulhijjah

Lokasi Rukyatul Hilal Strategis di Jawa Timur antara lain: Hellyped  Satuan Radar TNI AU Ngliyep Malang, Balai Rukyat Makam Condrodhipo Gresik, dll

3

Observasi bulan dan  Gerhana

Moment gerhana

Halaman kampus UIN Malang

  1. Pembuatan dan Penerbitan Jadwal Waktu Shalat dan Hisab Awal Bulan Qamariyah

Tujuan Pembuatan dan Penerbitan Jadwal Waktu Shalat dan Hisab Awal Bulan Qamariyah adalah untuk meningkatkan tingkat akurasi jadwal waktu shalat dan penentuan awal bulan Qamariyah satu tahun sesuai dengan standart yang dipakai oleh Badan Hisab Rukyat (BHR) Departemen Agama RI dan kemajuan dan perkembangan IPTEK.

  1. Penyuluhan dan Pengecekan Arah Kiblat

Pada intinya kegiatan ini adalah memberikan penyuluhan kepada masyarakat tentang arah kiblat yang tepat dan benar untuk mushalla atau masjid yang ada di sekitar mereka

Konsultasi dan pengecekan Arah kiblat dibuka untuk masyarakat yang membutuhkan di wilayah Malang Raya dan sekitarnya

  1. Pembuatan Software Program Falak

Tujuan Pembuatan software Program Falak ini adalah memberikan kemudahan dan alternative lain dalam melakukan perhitungan (Hisab) Arah Kiblat, Waktu Shalat, awal bulan dan gerhana. Pelaksanaan pembuatan program Software Program Falak membutuhkan waktu yang lama karena perlunya kemampuan IT yang memadai serta ketelitian dan keakuratan data yang dimasukkan. Oleh karena itu Laboratorium Falak akan bekerjasama dengan para ahli yang berkompeten di bidang ini.

Tugas:

1) Mengkoordinasikan pelaksanaan kebijakan yang ada di laboratorium

2) Menyelenggarakan praktikum ru’yat al-hilal, waktu shalat dan momentum gerhana

3) Menyelenggarakan pelatihan-pelatihan falak sesuai dengan kebutuhan

4) Menjaga dan memelihara alat-alat praktikum Falak

Wewenang:

1) Menetapkan jadwal pelaksanaan praktikum ru’yat al-hilal dan hisab waktu shalat dan gerhana.

2) Mengusulkan penyediaan alat-alat yang terkait dengan praktikum falak.

 

Lab.Turats & Takhfidz

LABORATORIUM TURAST

FAKULTAS SYARI'AH UNIVERSITAS ISLAM NEGERI (UIN)

MAULANA MALIK IBRAHIM MALANG

A. Latar Belakang

Islam sebagai agama yang ajarannya mencakup seluruh aspek kehidupan manusia (syumul) memiliki khazanah pemikiran dan peradaban  yang sangat luas yang ada sejak zaman Rasulullah hingga sekarang. Kekayaan khazanah pemikiran dan peradaban tersebut tersebar luas di dalam kehidupan masyarakat muslim di negara-negara Islam bahkan di negara-negara Barat yang notabene tidak memeluk agama Islam. Warisan peradaban dan pemikiran Islam (islamic heritage) tersebut memiliki nilai yang sangat tinggi  dan  universal  sehingga perlu adanya penggalian yang lebih mendalam agar dapat diaktualisasikan untuk kehidupan sekarang ini dan masa akan datang.

Fakultas Syari'ah sebagai salah satu unit pendidikan di lingkungan Universitas Islam Negeri  Maulana Malik Ibrahim Malang, mempunyai tujuan yang berlandaskan pada visi dan misi Universitas yaitu: mewujudkan Sarjana (Sarjana Hukum Islam) yang memiliki kekuatan aqidah dan spiritual, keagungan akhlak, keluasan ilmu dan kematangan professional dengan sasaran yang dituju adalah terwujudnya Sarjana Peradilan Agama Islam yang memiliki keahlian dalam peradilan Agama Islam secara khusus dan keilmuan Syari'ah Islam secara global.

Tujuan tersebut sulit terwujud apabila mahasiswa tidak dibekali pemahaman dan kemampuan untuk menggali warisan khazanah pemikiran Islam yang banyak ditulis dalam bahasa Arab. Oleh karena itu Fakultas Syari'ah memandang diperlukannya Laboratorium Turats sebagai  wadah pengembangan dan kajian warisan khazanah (turast) pemikiran Islam khususnya pada bidang hukum Islam.

Rencana Strategis ke depan yang harus dilakukan oleh Laboraturim Turats dirumuskan dalam bentuk Renstra yang akan menjadi acuan pengembangan Lab. Turats 5 tahun ke depan sebagai berikut:

B. Visi Laboratorium Turast

Visi Lab. Turats sebagaimana Fakultas Syari'ah adalah sebagai salah satu Laboratorium Syari'ah yang terkemuka dalam menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran, penelitian, dan pengabdian lepada masyarakat untuk menghasilkan lulusan di bidang ke-syari'ah-an yang memiliki kekokohan aqidah, kedalaman spiritual, keluhuran akhlak, keluasan ilmu dan kematangan profesional di bidang syari'ah.

C. Misi Laboratorium Turats

Sebagaimana misi Fakultas Syari'ah maka Laboratorium Turats bertujuan untuk mengantarkan mahasiswa Fakultas Syari'ah memiliki kemantapan akidah, kedalaman spiritual, keluhuran akhlak, keluasan ilmu, dan kematangan profesional; mengembangkan ilmu syari'ah melalui pengkajian dan penelitian ilmiah.

D. Program Kerja Laboratorium Turats :

  1. Pusat Pelatihan Qira'atul Kutub
  2. Pusat Kajian Penerapan Hukum Islam
  3. 3. Majma' al-Buhuts Lil-Ahkam Syar'iyyah al-Waqi'iyyah al-Maudhu'iyyah
  4. 4. Al-Musabaqah li Tarqiyah al- Maharat al-Tasyri'iyya

Laboratorium Turath dan Takhfidz

Laboratorium Turats, Laboratorium ini bertujuan untuk memberikan pelatihan dan pengalaman kepada mahasiswa mengenai program-program fakultas, yaitu praktikum qiroatul kutub, praktikum Tahfî dh hadits ahkam, praktikum reading text, dan praktikum bahts al-masâ’il.

Tugas:

1) Menentukan ayat dan Hadits ahkam untuk program tahfidz

2) Mengkoordinasi program tahfidz ayat dan Hadits ahkam.

3) Mensosialisasikan program tahfidz kepada mahasiswa.

4) Menerbitkan sertifikat untuk mahasiswa yang sudah menyelesaikan program tahfidz.

5) Menentukan bahan-bahan untuk program Praktikum qira’atul kutub.

6) Mengembangkan kajian hukum Islam yang terintegrasikan dalam hukum nasional.

7) Mengkoordinasi dan melakukan diskusi baik secara tim maupun semua dosen dan atau mahasiswa.

Wewenang :

1) Merekomendasikan nama-nama dosen wali yang akan menerima setoran tahfidz ayat alahkam dan hadits al-ahkam serta kajian Turath.

2) Menandatangani sertifikat kelulusan tahfidz.

Lab.Komputer & Pengembangan

LABORATORIUM KOMPUTER

FAKULTAS SYARIAH UINIVERSITAS ISLAM NEGERI (UIN)

MAULANA MALIK IBRAHIM MALANG

 

A. Dasar Pemikiran

Kemajuan informasi dan teknologi turut mempengaruhi perkembangan infrastruktur dalam dunia pendidikan. Teknologi dalam bidang pendidikan mengalami modernisasi, komputerisasi, hingga digitasi. Semua itu dimaksudkan untuk memudahkan akses terhadap sumber-sumber pustaka, baik primer maupun sekunder, tanpa meninggalkan prinsip akurasi.

Berkembang pesatnya teknologi memacu pengetahuan agama untuk mengikuti perkembangan dalam menggunakan teknologi sebagai media pendidikan. Optimalisasi Transformasi pendidikan melalui teknologi sangat penting sehingga seseorang dapat mempelajari pengetahuan agama dengan efektif yang dapat memberikan kontribusi efisiensi biaya, tenaga dan waktu.

Banyaknya lembaga-lembaga pendidikan Islam yang mempelajari al-Quran, Hadis dan Turats (kitab kuning) tentunya membutuhkan media yang mendukung pembelajaran sehingga pembelajaran dapat berjalan dengan optimal.

Menyadari pentingnya sebuah pengembangan sumberdaya manusia terhadap keterampilan dalam menggunakan sarana pendidikan yang berbasis teknologi ini, Fakultas Syariah UIN Maliki Malang mendirikan Laboratorium Komputer yang memiliki peran sebagai unit penunjang akademik Fakultas Syariah dan sebagai sarana kajian, penelitian dan belajar mandiri bagi dosen dan mahasiswa.

Sebagai unit penunjang akademik, Laboratorium Komputer menjalankan perannya sebagai sarana dan prasarana dalam menunjang praktikum beberapa matakuliah yang bisa dilakukan melalui media komputasi, seperti penelitian Hadits, studi al-Qur’an, studi turats (kitab kuning), praktikum falak dan lain sebagainya.

Selain itu, Laboratorium Komputer juga merupakan tempat atau sarana yang melayani dan memfasilitasi para mahasiswa dan dosen untuk menggali literatur-literatur melalui jaringan internet dan Digital Library yang telah dikembangkan di Laboratorium Komputer. Dengan adanya Digital Library ini, Laboratorium Komputer ini diharapkan bisa menjadi sarana kajian, penelitian dan belajar mandiri bagi dosen dan mahasiswa melalui koleksi-koleksi digital yang ada, seperti buku elektronik, jurnal elektronik, software pendidikan, video edukasi, audio, dan lain sebagainya.

B. Visi dan Misi

Visi

Menjadi pusat pembelajaran mandiri bagi dosen dan mahasiswa Fakultas Syariah UIN Maliki Malang.

Misi

  1. Menyediakan media praktikum matakuliah menggunakan fasilitas IT.
  2. Menyediakan media pembelajaran mandiri bagi mahasiswa dan dosen.

 

C. Program Kerja

Program kerja Laboratorium Komputer Malang meliputi:

  1. Menyediakan sarana belajar mandiri berupa educative software, e-books yang memuat berbagai bidang karya intelektual Islam, seperti, tafsir, hadis, fiqh, ushul fiqh, akidah, tasawuf, sirah nabawiah dan lain sebagainya, serta koleksi digital lainnya yang terhimpun dalam Digital Library.
  2. Mengadakan pelatihan studi al-Qur’an, Hadits dan Kitab Kuning (turats) bagi mahasiswa, dosen dan masyarakat.
  3. Membangun dan mengelola situs resmi fakultas syariah sebagai pusat informasi, media sosialisasi, forum komunikasi civitas akademik fakultas syariah.
  4. Membangun dan mengelola digital library sebagai pusat belajar mandiri bagi civitas akademik fakultas syariah.

 

D. Sumber Media Laboratorium Komputer

Laboratorium Komputer melakukan digitalisasi dari media-media sebagai berikut:

  • Buku/Kitab, jurnal, artikel dan lain-lain
  • Microfilm
  • Kaset
  • VCD, DVD, MiniDV
  • Gambar dan Foto
  • Education Software

Dari media-media di atas menghasilkan koleksi digital yang berupa:

1. Electronic References

2. Education Software

3. Koleksi Video

4. Koleksi Audio.

 

Laboratorium Komputer dan Pengembangan IT

Tugas:

1) Menyediakan sarana belajar mandiri berupa educative software, e-book yang memuat berbagai bidang karya intelektual Islam, seperti tafsir, hadist, fiqih, akidah, tasawuf, sirah nabawiah dan lain sebagainya, serta koleksi digital lainnya yang terhimpun dalam Digital Library.

2) Megadakan pelatihan studi al-Qur’an, Hadits dan Kitab Kuning (turats) berbasis perangkat teknologi informasi bagi mahasiswa,dosen dan masyarakat umum

3) Mengadakan pelatihan komputer dasar dan aplikasi perkantoran.

4) Membagun dan mengelola situs resmi Fakultas Syariah sebagai pusat informasi, media sosialisasi, forum komunikasi civitas akademik fakultas syariah.

5) Membangun dan mengelola digital library sebagai pusat belajar mandiri bagi civitas akademik fakultas syariah.

6) Menjaga dan memelihara perangkat computer di fakultas syariah.

 

Wewenang :

1) Menerbitkan sertifikat untuk pelatihan pelatihan dalam bidang teknologi informasi.

2) Mengusulkan penyediaan perangkat-perangkat elektronik di Fakultas Syariah.

Perpustakaan Fakultas

PERPUSTAKAAN FAKULTAS SYARI'AH

UNIVERSITAS ISLAM NEGERI (UIN)

MAULANA MALIK IBRAHIM MALANG

 

A. Pendahuluan

Perpustakan di perguruan tinggi sebagaimana diatur dalam Peraturan Pemerintah Nomor 5 Tahun 1980 adalah sebagai Unit Pelaksana Teknis (UPT). Status ini juga dipertegas lagi oleh Statuta Universitas sebagaimana dinyatakan dalam bab 18 pasal 101.

Keberadaan UPT perpustakaan merupakan suatu keharusan. Hal ini tidak lain karena fungsi dan peranya yang begitu urgen. Perpustakaan sering dianalogikan dengan sebuah jantung. Dengan analoi ini, kondisi suatu perpustakaan di suatu uiversitas dapat menjadi salah satu barometer kualitas universitas yang memilikinya.

Sadar dengan posisi seperti itu, Perpustakaan Fakultas Syari'at terus berusaha untuk melakulan akselerasi pengembangan diri secara berkesinambungan. Beberapa prioritas program pengembangan tersebut anara lain: pengembangan keseimbangan dan kekuatan koleksi dan pelayanan yang maksimal.

B. Visi, Misi

Visi

Menjadi perpustakaan fakultas terkemuka di Indonesia dalam menunjang pendidikan dan pengajaran, penelitian dan penagbdian kepada masyarakat.

 

Misi

  1. Menjadkan mitra professional bagi mahasiswa
  2. Memberikan pelayanan prima dan inovatif dengan orientasi kepada kepuasan pengguna.
  3. Menjadi pusat akses informasi bagi masyarakat global (dunia) pada bidang ilmu yang menjadi fokus Fakuktas Syari'ah.

 

C. Keanggotaan

Anggota Perpustakaan Fakultas Syari'ah adalah civitas akademika (mahasiswa, dosen dan karyawan. Selain itu adalah anggota luar.

1. Mahasiswa

Setiap mahasiswa dapat menjadi anggota Perpustakaan Fakultas Syari'ah dengan mendaftarkan diri kepada petugas Perpustakaan dengan syarat-syarat yang telah ditentukan. Masa keanggotaan mahasiswa ini adalah 5 tahun untuk S1.

2. Dosen dan Karyawan

Dosen dan karyawan di lingkungan Fakultas Syari'ah dapat menjadi anggota perpustakaan secara otomatis.

3. Anggota Khusus

Anggota khusus adalah mahasiswa luar Fakultas Syari'ah atau dari perguruan tinggi lain. Bagi anggota khusus ini, perpustakaan hanya memberikan pelayanan terbatas pada pemakaian dan fotokopy koleksi di tempat. Masa keanggotaanya adalah 1 semester dan boleh diperpanjang bila diperlukan.

 

D. Koleksi Perpustakaan

Koleksi Perpustakaan Fakultas Syari'ah Unversitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang mencakup seluruh bahan pustaka bidang hukum dan kesyari'ahan. Koleksi bahan pustaka perpustakaan Fakultas Syari'ah dikelompokkan menjadi:

A. Koleksi Referensi

Koleksi referensi adaah kumpulan bahan pustaka yang berfungsi untuk mencari suatu informasi tertentu. Umumnya, jenis koleksi referensi tidak perlu dibaca berurut dan menyeluruh. Temasuk dalam koleksi referensi ini adalah kamus, ensiklopedia, buku petunjuk, jurnal, indeks dan abstrak.

B. Koleksi Umum

Koleksi umum di Perpustakaan Fakultas Syari'ah adalah koleksi bahan pustaa yang dapat dipinjamkan bagi dosen dan karyawan untuk dibawa pulang dalam jangka waktu tertentu yang teah ditentukan. Koleksi umum terdiri dari buku penunjang utama mata kuliah dan buku tambahan lainnya. Buku-buku yang termasuk dalam koleksi umum ini diberi kode U (umum) pada setiap label atau nomor panggilnya.

C. Koleksi Khusus

Koleksi khusus ini adalah koleksi bahan pustaka yang merupakan replica dari koleksi umu. Setiap judul dari koleksi umum yang jumlahnya melebihi 1 eksemplar dialokasikan dan disimpan sebagai Koleksi Khusus. Koleksi Khusus dimaksudkan sebagai reserve (cadagan atau tendon) dan dapat dipergunakan bila ternyata semua eksemplar dalam judul tertentu dalam keadaan dipinjam keluar semua. Koleksi khusus ini diberi kode KK (Koleksi Khusus), atau sebagian berkode T (Tandon), pada setiap label atau nomor panggilnya.

D. Koleksi Skripsi

Koleksi ini terdiri dari final project (tugas akhir) setiap mahasiswa, baik Strata 1 maupun Pascasarjana. Koleksi ini dihimpun dari setiap mahasiswa yang telah menyelesaikan studinya. Koleksi ini hanya bias dibaca di tempat dan difotokopi hanya bagia tertentu yang telah ditetapkan.

E. Koleksi Jurnal, Majalah dan Koran

Koleksi ini merupakan kumpulan bahan pustaka yang diterbitkan secara berkala (serial) menurut rentang waktu tertentu. Jurnal merupakan terbitan berkala yang berisi artikel-artikel ilmiah hasil dari sebuah kajian danpenelitian terbaru dan up-to-date dalam suatu bidang pengetahuan. Perpustakan mempunyai koleksi jurnal ilmiah sesuai dengan bidang kajian jurusan/fakultas. Selain jurnal, perpustakaan Fakultas Syari'ah juga menyediakan majalah dankoran. Saat ini, perpustakaan melanggan empat Koran harian nasional (Kompas, Republika, Jawa Pos dan Malang Pos). Koleksi ini hanya bias dibaca di tempat.

 

E. Layanan Perpustakaan

Untuk melayani para anggotanya, Perpustakaan  Fakultas Syari'ah buka setiap hari kecuali hari libur besar nasonal dan keagamaan. Pada liburan akhir semester, perpustakaan tetap buka. Jam buka perpustakaan dibagi dua; [I] jam 08.00 – 11.00, dan dilanjutkan [II] jam 13.00 – 15.00.

 

F. Tata Tertib dan Prosedur Layanan

  1. Perpustakaan di buka mulai pikul 08.00 – 15.00 Wib setiap hari kerja.
  2. Buku tidak dipinjamkan, hanya melayani untuk di baca di ruang baca.
  3. Pengunjung perpustakaan harus meninggalkan Kartu Tanda Anggota perpustakaan Fakultas Syari'ah.
  4. Pengunjung harus mengisi daftar pengunjung/hadir perpustakaan.
  5. Berpakaian yang rapid an sopan, tidak diperkenankan memakai kaos oblng dan sandal.
  6. Dilarang makan, minum dan merokok dalam ruangan baca.
  7. Segala perlengkapan (tas dan lainnya) diletakkan pada tempat yang telah disediakan
  8. Layanan fotocopy buku, jurnal dan skripsi diserahkan kepada petugas.
  9. Mengembalikan dan merapikan buku yang selesai dibaca ke tempat semula.
  10. Mentaati segala peraturan yang ada.

 

G. Sanksi dan Denda

  1. Meminjamkan Kartu Tanda Anggota (KTA) kepada orang lain untuk akses layanan perpustakaan Fakultas Syari'ah diberi sanksi pencabutan hak akses (tidka boleh masuk) ke Perpustakaan selama 1 bulan dan denda.
  2. Menghilangkan atau merusakkan buku akan dikenai sanksi berupa mengganti buku yang sama (baik judul dan edisinya) atau buku dengan judul lain yang ditetapkan oleh perpustakaan atau memfotokopi buku denganjudul yang ditetapkan oleh perpustakaan dan membaya biaya pengolahan buku sebesar Rp. 5.000,-
  3. Perusakan dan pencurian koleksi dan fasilitas perpustakaan akan dikenai sanksi berupa denda sebesar 3 kali harga koleksi atau fasilitas yang rusak atau yang dicuri, pencbutan hak keanggotaan selama 1 tahun, pembuatan pernyataan maaf tertulis yang ditujukan kepada kepala perpustakaan Fakultas Syari'ah, Dekan Fakultas, dan kasusnya akan diserahkan kepada pihak yang berwenang.

 

Statistik Komunitas 

Statistics
Total Members : 267
Total Groups : 0
Total Discussion : 0
Total Bulletins : 0
Total Activities : 157
Total Wall Posts : 0
Total Events : 0

Data Pengunjung 

3478764
Today
Yesterday
This Week
Last Week
This Month
Last Month
All days
6019
6531
32664
3409631
178203
184148
3478764

Your IP: 54.166.123.2
Server Time: 2014-10-30 18:56:48